Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Menggunakan Metode Efektif, Kreatif, Aman, Rasional (MEKAR) dengan Media Batu Alam untuk Anak Usia 3-4 Tahun

  • Irna Anjarsari Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia
  • Sri Rahayu Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia
  • Fifti Istiklaili Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia
  • Yora Harlistyarintica Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia

Abstract

Kemampuan 15 anak berusia 3-4 tahun di KB Ananda Nguter Sukoharjo dalam mengenal warna masih rendah dan metode pembelajaran yang digunakan guru monoton sehingga anak mudah bosan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal warna menggunakan metode dan media yang lebih variatif yaitu metode efektif, kreatif, aman, rasional (MEKAR) dengan media batu alam. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumenasi. Hasil penelitian menunjukkan data pada siklus I cukup baik, namun belum memenuhi standar indikator penilaian yaitu sebesar 59% dari kriteria indikator keberhasilan 75%. Data hasil siklus II menunjukkan hasil yang sangat baik telah melebihi standar indikator penilaian yaitu sebesar 86,6% dari kriteria indikator keberhasilan 75%. Metode efektif, kreatif, aman, rasional (MEKAR) dengan media batu alam yang digunakan sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak usia 3-4 tahun.

References

Koza, W., & Smith, J. 2007. Managing an effective early childhood classroom. California: Shell Educational Publishing.
Neaum, S. 2010. Child development for early childhood studies. UK: Learning Matters.
Ngatinah. 2011. Penerapan Metode Eksperimen Bermain Pencampuran Warna Untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan IV Kejayaan Pasuruan. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Prawira, Sulasmi Darma. 2002. Warna Teori dan Kreativitas Penggunaannya. Bandung: ITB
Rahmawati, Eka. 2014. Peningkatan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Metode Eksperimen Pada Anak Usia 3-4 tahun di PAUD DDI Tani Aman. Skripsi tidak diterbitkan. Samarinda: IAIN Samarinda.
Rendy, D.B., & Nazarullail. 2020. Mengembangkan kemampuan mengenal warna melalui indikator alami asam basa pada anak PAUD. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 213-219. http://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria
Sari, R. K. 2015. Artikel Skripsi Universitas Nusantara Pgri Kediri Analisis Penerapan Metode. Mengembangkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Permainan Gelembung Warna Pada Anak Paud “Tunas Harapan Bangsa”Tahun Pelajaran 2014/2015
Yuniawati, Ely. 2018. Peningkatan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Kelompok A di Paud Kasih Bunda Tenggarong. Skripsi tidak diterbitkan. Samarinda: IAIN Samarinda.
Published
2022-10-26
How to Cite
ANJARSARI, Irna et al. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Menggunakan Metode Efektif, Kreatif, Aman, Rasional (MEKAR) dengan Media Batu Alam untuk Anak Usia 3-4 Tahun. Sentra Cendekia, [S.l.], v. 3, n. 3, p. 121-125, oct. 2022. ISSN 2722-3094. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/view/2278>. Date accessed: 19 may 2025. doi: https://doi.org/10.31331/sencenivet.v3i3.2278.
Section
Articles