Kemampuan Spasial Anak Usia Dini Melalui Media Puzzel Tangram

  • Elizabeth Wahyu Margareth Indira Psikologi, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang
  • Nerru Pranuta Murnaka Pendidikan Matematika, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Surya, Tangerang, Indonesia.
  • Haryanti Haryanti SD Negeri Tlogosari Kulon 05, Semarang, Indonesia
  • Andi Mardiana Paduppai Pendidikan Matematika, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Surya, Tangerang, Indonesia

Abstract

Pembelajaran yang paling efektif bagi anak usia dini adalah melalui bermain (learning through playing). Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripkan bagaimana penggunaan media puzzle Tangram terhadap kemampuan spasial pada anak usia dini. Metode penulisan menggunakan studi Pustaka, hasil observasi peneliti, dan analisis komparatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa Puzzel Tangram merupakan permainan edukasi yang terdiri dari 7 keping bentuk bangun datar. Dalam permainan puzzle tangram, anak menyusun kepingan-kepingan tersebut menjadi sebuah bentuk lain yang dicontohkan. Biasanya menjadi bentuk orang, rumah, burung, kucing atau bentuk-bentuk lain yang membuat setiap manusia yang melakukan permainan merasa senang. Melalui game inilah kemampuan spasial anak dilatih dan di kembangkan.

References

Abidin, R., & Kurniawati. 2020. Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial pada Anak Usia Dini melalui Permainan Puzzle Cross Road Map. Pedagogi:Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 83–98.
Anastasya, D., Dewi, S., & Murnaka, N. 2015. Pengaruh Games Memorize Card Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Operasi Hitung Bilangan. Kreano, Jurnal Matematika, Journal.Unnes.Ac.Id., 6(2), 164–169. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v6i2.5010
Apriliani, T. 2013. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Tangram Dengan Penerapan Model Paikem. Journal of Elementary Education, 2(2), 38–44. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jee/article/view/2743
Asri, D. C., Mentari, A., & Murnaka, N. P. 2016. Analysis Student’s Interest towards Geometry Learning with Origami. Asian Mathematical Conference 2016. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.23045.60646
Brewer, J. 2007. Introduction to Early Childhood Education Preschool through Primary Grades (Sixth Edition). America. Publisher?: Person Education.
Cania, S., Novianti, R., & Chairilsyah, D. 2020. Pengaruh Media Glowing City terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri pada Anak Usia Dini. Aulad?: Journal on Early Childhood, 3(1), 53–70. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.54
Copley, & V., J. 2001. The Young Child and Mathematics. Second Edition. In D. Washington (Ed.), NAEYC. Washington, DC. Publisher?: National Association for the Education of Young Children. http://www.naeyc.org/
Dan, Y. N. S., & Sujiono, B. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta, Indonesia. Penerbit?: PT Indeks.
Elan, E., L, D. A. M., & Feranis, F. 2017. Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri. Jurnal Paud Agapedia, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7 168
Gejard, G., & Melander, H. 2018. Mathematizing In Preschool: Children’s Participation In Geometrical Discourse No Title. European Early Childhood Education Research Journal, 26(4), 495–511. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/1350293X. 2018.1487143
Howard, G. 2013. Multiple Intellegences. Jakarta. Indonesia. Penerbit Daras Books.
Indragiri, A. 2010. Kecerdasan Optimal: Cara Ampuh Memaksimalkan Kecerdasan Anak. Yogyakarta. Indonesia. Penerbit?: Starbook.
Ji, A., Kojima, N., Rush, N., Suhr, A., Vong, W. K., Hawkins, R. D., & Artzi, Y. 2022. Abstract Visual Reasoning with Tangram Shapes. ArXiv Preprint ArXiv, 22(11). https://doi.org/https://doi.org/10.48550/arXiv.2211.16492
Karim, A. 2009. Pendidikan Matematika. Jakarta. Indonesia. Penerbit?: Universitas Terbuka.
Kemendikbud. 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Khaironi, M. 2018. Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 3(1), 1–12. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/download/739/590
Kurnia, R. 2020. Efektifitas Media Dadu Putar Untuk Kesiapan Membaca Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31849/paudlectura.v4i01.4644
Lunenburg, F. C., & Lunenburg, M. R. 2014. Applying Multiple Intelligences in the Classroom: A Fresh Look at Teaching Writing. International Journal of Scholarly Academic Intellectual Diversity, 16(1), 1–14. http://www.nationalforum.com/Electronic Journal Volumes/Lunenburg%2C Fred C Applying Multiple Intelligences IJSAID V16 N1 2014.pdf
Mansur. 2011. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta. Indonesia. Penerbit?: Pustaka Pelajar.
McGee, M. F. 1979. Human Spatial Ability: Psychometric Studies and Environment: Genetic, Hormonal, and Neurological Influences. Psychological Bulletin, 86(5), 889–918. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/386403/
Montessori, M. 2013. Metode Montessori, Panduan Wajib untuk Guru dan Orangtua Didik PAUD. Yogyakarta. Indonesia. Penerbit?: Pustaka Pelajar.
Montessori, M. 2016. Rahasia Masa144 Kanak-Kanak (terjemahan: Ahmad Lintang Lazuardi). Yogyakarta. Indonesia. Penerbit?: Pustaka Pelajar.
Mujiwati, Y. 2017. Peranan Pendidikan Karakter Dalam Pembangunan Karakter Bangsa. Jurnal Ilmiah Edukasi Dan Sosial, 8(2), 155–170. https://osf.io/47dum/download/?format=pdf
Mulyasa, & Aryani. 2017. Developing Religious Culture In School. International Journal of Scientific & Technology Research, 6(7), 263–272. https://www.ijstr.org/final-print/july2017/Developing-Religious-Culture-In-School-.pdf
Mulyasa, E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum. Remaja Rodaskarya.
Mumtazah, D., & Romah, L. 2019. Implementasi Prinsip-prinsip Montessori dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.14421/jga.2018.32-03
Piaget, J., & Inhelder, B. 1971. Mental Imagery in Child. New Jersey. Amerika Serikat. Publisher?: Basic Books.
Rahmani, R., & Suryana, D. 2022. Penerapan Media Puzzle Geometri untuk Kemampuan Geometri Anak. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(1), 156–171. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/aulad.v5i1.308
Rahmatia, R., Pajarianto, H., Kadir, A., Ulpi, W., & Yusuf, M. 2021. Pengembangan Model Bermain Konstruktif dengan Media Balok untuk Meningkatkan Visual Spasial Anak. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 47–60. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1185
Šipuš, Ž. M., & Cizmešija, A. 2012. Spatial Ability Of Students Of Mathematics Education In Croatia Evaluated By The Mental Cutting Test. In Annales Mathematicae et Informaticae, 40(1), 203–216. https://ami.uni-eszterhazy.hu/uploads/papers/finalpdf/AMI_40_from203to216.pdf
Slocum, J. 2003. The Tangram Book. New York. Publisher?: Sterling Publishing Co.
Sonawat, R., & Gogri, P. 2008. Multiple Intelligences For Preschool Children. Europe Middle East. Publisher?: Multi-Tech Publishing co.
Spirovska, E. 2013. Integrating Multiple Intellegences in Teaching English as a Foreign Language. SEEU Experiences & Practices, SEEU Review, 9(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.2478/seeur-2013-0002
Sriningsih, N. 2009. Pembelajaran Matematika Terpadu untuk Anak Usia Dini. Bandung. Indonesia. Penerbit?: Pustaka Sebelas.
Suryaningrum., C. W., Misyana, M., & Jatnikowati, T. E. 2020. Playing Mathematics in Early Childhood Based on Semiotics. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1341. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1341
Suyadi. 2010. Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung. Indonesia. Penerbit?: Pedagogia.
Suyanto, S. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta. Indonesia. Penerbit?: Depdiknas Dirjen Pendidikan Tinggi.
Tarigan, S., Murnaka, N., & Arifin, S. 2021. Development of teaching materials in mathematics “ Sapta Maino Education” on topics of plane geometry. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2331, No. 1, p. 020003).
Taulany, H., Putra, L. V., & Wibisono, I. S. 2020. Media Tangram Geometri “Let’s Be Healthy” Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Geometri Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.365
Tian, X. 2012. The Art and Mathematics of Tangram. Proceedings of Bridges 2012: Mathematics, Music, Art, Architecture, Culture, 553–565.
Vojkuvkova, I. 2012. The Van Hiele Model of Geometric Thinking. WDS’12 Proceedings of Contributed Papers. https://www.mff.cuni.cz/veda/konference/wds/proc/pdf12/WDS12_112_m8_Vojkuvkova.pdf
Wahyudi, A. A. I. H., & Aulina, C. N. 2021. Pengaruh Media Tangram terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 12–28. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.6216
Wardhani, D. K. 2017. Peran Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Matematika Yang Menyenangkan Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 1(2), 153–169. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpa.v1i2.9355
Zhumni, A. I., & Misri, M. A. 2013. Pengaruh Tingkat Berpikir Geometri (Teori Van Hiele) Terhadap Kemampuan Berpikir Siswa Dalam Mengerjakan Soal Pada Materi Garis Dan Sudut. Jurnal Eduma, 2(2), 191–205. https://www.neliti.com/publications/55768/pengaruh-tingkat-berpikir-geometri-teori-van-hiele-terhadap-kemampuan-berpikir-s
Published
2023-02-14
How to Cite
INDIRA, Elizabeth Wahyu Margareth et al. Kemampuan Spasial Anak Usia Dini Melalui Media Puzzel Tangram. Sentra Cendekia, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 1-14, feb. 2023. ISSN 2722-3094. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/view/2502>. Date accessed: 25 feb. 2024. doi: https://doi.org/10.31331/sencenivet.v4i1.2502.
Section
Articles