Analisis Tingkat Pencapaian Anak Usia 3-4 Tahun Pada 6 Aspek Perkembangan AUD di BKB Cerdas Ceria Wonosobo

  • Dyah Kusbiantari Pendidikan Jarak Jauh Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET Semarang
  • Dwi Hardiyanti Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia
  • Isti Mukaromah Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pencapaian anak usia 3-4 tahun pada 6 aspek perkembangan anak usia dini sesuai Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini pada Permendikbud No. 5 tahun 2022 dan Pemberian stimulus awal terhadap perkembangan anak dalam indikator pecapaian pada aspek perkembangan anak usia dini.  Pendekatan dan jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah perwakilan 3 siswa di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini BKB Cerdas Ceria Wonosobo. Data dikumpulkan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan beberapa rangkaian pemberian stimulus untuk mendukung anak dalam memunculkan respon terhadap indikator pencapaian perkembangan yang harus dicapai mulai dari aspek perkembangan nilai agama dan moral, nilai pancasila, fisik motorik, kognitif, bahasa, dan sosial emosional. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelompok B di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini BKB Cerdas Ceria sudah mampu melakukan beberapa indikator pencapaian yang terdapat dari beberapa aspek perkembangan anak usia dini. Dengan adanya penelitian ini hendaknya diberikan stimulus secara lebih maksimal pada indikator yang belum tercapai. Pola asuh dan pemberian stimulus dari pihak guru disekolah dan keluarga serta lingkungan sekitar anak.


 


 

References

Depkes, RI. (2009). Pedoman Pelatihan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak di Tingkat Pelayanan Kesehatan dasar. Departemen Kesehatan. Jakarta
Kharisma, Meri & Nel, E. (2017). Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Tumbuh Kembang Dengan Perkembangan Anak Usia 3-4 Tahun Di Kelompok. Jurnal Akademika Baiturrahim, 6(1), 26–39.
Kusbiantari, D. Wahyuni, W. Nuryanti, N. (2022). Peningkatan Kemampuan Kognitif Mengklasifikasi Benda Melalui Aktivitas Bermain Dengan Media Alam Di Rumah Pada Masa Pandemi Covid 19 Pada Peserta Didik Kelompok A Tk Marsudi Ilmi Cabak Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati. Sentra Cendekia. Volume 3, Issue 1, 20-31. DOI: https://doi.org/10.31331/sencenivet.v3i1.2004
Patiung, D., Ismawati, I., Herawati, H., & Ramadani, S. (2019). Pencapaian Pada Aspek Perkembangan Anak Usia 3-4 Tahun Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. In NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education (Vol. 2, Issue 1, p. 25). https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i1.9223
Permendikbud (2022). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2022 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Ratno. Kusbiantari, D. (2021). Improving Children Verbal Language Competence Through Story Telling Used Visual Audio Media. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Volume 9 issue 1, 1-15. DOI: 10.21043/thufula.v9i1.8781.
Richard, S. D. (2013). Jurnal STIKES Volume 6, No. 1, Juli 2013. 6(1), 63–73.
Sulaiman, U. Ardianti, N. Selviana. (2019). Tingkat Pencapaian Aspek Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. NANAEKE Indonesian Journal of Early Childhood Education. Volume 2, Nomor 1, 52-65.
Vladimir, V. F. (1967). SKL Permendikbud 5 tahun 2022. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24.
Wahyuni, Sri., dkk. 2014. Analisis Masukan dan Proses Asuhan Pelayanan Nifas oleh Bidan Pelaksana. Jurnal Kebidanan. Vol.3. No.6.
Published
2023-02-25
How to Cite
KUSBIANTARI, Dyah; HARDIYANTI, Dwi; MUKAROMAH, Isti. Analisis Tingkat Pencapaian Anak Usia 3-4 Tahun Pada 6 Aspek Perkembangan AUD di BKB Cerdas Ceria Wonosobo. Sentra Cendekia, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 24-37, feb. 2023. ISSN 2722-3094. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/view/2523>. Date accessed: 30 may 2023. doi: https://doi.org/10.31331/sencenivet.v4i1.2523.
Section
Articles