Urgenitas Peran Orangtua Dalam Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini di Era Digital

  • Soraya Rosna Samta Pendidikan Jarak Jauh Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET Semarang
  • Lili Mulyani Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Kependidikan, Universitas Negeri Padang
  • Frida Citra Cuacicha Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Terbuka

Abstract

Peran orangtua dalam perkembangan anak usia dini merupakan faktor penting dalam proses perkembangan serta pertumbuhan anak. Dengan demikian, peneliti akan mengulas secara detail mengenai sejauh mana tanggung jawab orang tua mendampingi anak dalam belajar selama masa pembelajaran tatap muka tebatas serta urgenitas peran orangtua dalam perkembangan anak melalui psikologi perkembangan. Pendekatan ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan proses analisis yang dilakukan menggunakan berbagai sumber literatur-literatur baik jurnal, buku dan bahan referensi yang terpercaya untuk mendukung analisis penulis yang berkaitan dengan urgensi peran orangtua dalam menangani psikologi perkembangan anak. Hasil menunjukkan bahwa tanggung jawab orangtua dan strategi merupakan kunci utama dalam menangani psikologi anak. Dengan demikian urgenitas keterlibatan orang dalam mendampingi anak selama masa pembelajaran sangat signifikan. Adapaun faktor yang mempengaruhinya adalah faktor internal dan faktor eksternal.

References

Adhani, D. N. 2019. Peran Orang Tua Terhadap Anak Usia Dini (Usia 2 Tahun) Yang Mengalami Picky Eater. Aulad : journal on early childhood, 2(1), 38–43. Https://doi.org/10.31004/aulad.v2i1.18.
Aswat, H., et al. 2021. Implikasi Distance Learning Di Masa Pandemi Covid 19 Terhadap Kecerdasan Emosional Anak Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu 5(2): 761–71
Basar, A. M., et al. 2021. Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di Smpit Nurul Fajri – Cikarang Barat – Bekasi ) A . Pendahuluan Kemampuan , Sikap ,Dan Bentuk-Bentuk Tingkah Laku Yang Bernilai Positif . Hal Itu Untuk Pencipta. Jurnal Pendidikan. 2(1):208–18.
Dewi, W. A. F. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 2(1): 55–61.
Erzad, A. M. 2018. Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sejak Dini Di Lingkungan Keluarga. Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal.
Habibah, Riasatul et al. 2020. Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar 2(02): 1.
Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. 2019. Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Di Tk Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214. Https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152
Makhmudah, S. 2018. Penguatan Peran Keluarga dalam Pendidikan Anak. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak 2 (2): 269-286–286. https://doi.org/10.21274/martabat.2018.2.2.269-286.
Pattanang, E. M. L., and Witarsa T. 2021. Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Pada Smk Kristen Tagari. Jurnal Manajemen Pendidikan 10(2): 112–20.
Sujiono. 2009. Konsep Pendidikak Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.
Ulfah, M., & Na’imah. 2020. Peran keluarga Dalam Konsep Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Aulad : Journal On Early Childhood, 3(1), 20–28. Https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.46
Wardani, Anita, and Yulia. A. 2021. Analisis Kendala Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, No. 1 (August 22, 2020): 772. Accessed March 11, Https://Obsesi.Or.Id/Index.Php/Obsesi/Article/View/705.
Yuliawan, T. P. 2016. Coaching psychology: sebuah pengantar. 19(2), 45–54. Https://doi.org/10.22146/bpsi.11556
Published
2023-02-25
How to Cite
SAMTA, Soraya Rosna; MULYANI, Lili; CUACICHA, Frida Citra. Urgenitas Peran Orangtua Dalam Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini di Era Digital. Sentra Cendekia, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 38-43, feb. 2023. ISSN 2722-3094. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/view/2534>. Date accessed: 30 may 2023. doi: https://doi.org/10.31331/sencenivet.v4i1.2534.
Section
Articles