Mengembangkan Kemampuan Literasi Berbicara Melalui Media Boneka Tangan di KB IT AL-Mawaddah

  • Hanifatun Nisak Prodi Pendidikan Jarak Jauh Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia
  • Elly Maidhotul Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia
  • Didik Ardi Santoso Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan berbicara melalui boneka tangan di KB IT Al-Mawadah. Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelompok usia 4-5 tahun yang berjumlah 15 orang terdiri dari 8 anak perempuan dan 7 anak laki-laki di KB IT Al-Mawaddah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan deskriptif analitik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh positif dari penerapan boneka tangan melalui metode bercerita terhadap kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun di KB IT Al-Mawaddah. Anak lebih aktif dan lebih jelas dan lebih percaya diri pada saat berbicara dengan orang lain.  

References

Fadliyah, L, dkk. 2023. Stimulasi Finger Puppet Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Pra Sekolah. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes. Volume 12 Nomor 4, Oktober 2021. 459-462.
Hasanah N, Harmawati D, Hidayat AK. 2019. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Kegiatan Bercerita Berbantu Media Finger Puppet Pada Anak Kelompok B. Musamus J Prim Educ. 32–7.
Huang AP, Huang F, Jhu JS. 2015 Unreal Interactive Puppet Game Development Using Leap Motion. In: Journal of Physics: Conference Series. 2018
Hurlock, E. B. 2007. Perkembangan Anak Jilid 1 (terjemahan) (M. M. Tjandrasa & Muslichah Zarkasih (ed.)). Erlangga
Kröger, T., & Nupponen, A. M. 2019. Puppet as a pedagogical tool: A literature review. International Electronic Journal of Elementary Education, 11(4), 393–401. https://doi.org/10.26822/iejee.2019450797
Kurt, A & Seval, M. 2021. The Effect of Fingger Puppets on Postoperative Pain in Children: A Randomized Controlled Trial. Clinical and Experimental Health Sciences 2021; 11:113-118. ISSN: 2459-1459.
Riyani I. 2019. Utilizing Storytelling Technique Using Finger Puppet in Teaching Vocabulary Mastery to Young Learner. J JOEPALLT (Journal English Pedagog Linguist Lit Teaching) [Internet]. Apr 26;7(1).
Safitri Y. 2017. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perkembangan Bahasa Balita di UPTD Kesehatan Baserah Tahun 2016. J Obs J Pendidik Anak Usia Dini [Internet]. 2017 Dec 30;1(2):148.
Santrock, J. W. 2007. Perkembangan anak Jilid I Edisi Kesebelas. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suradinata, N. I., & Maharani, E. A. 2019. Pengaruh Bercerita Berbantuan MediaBoneka Tangan terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Journal on Early Childhood Education Research (JOECHER ), 2(1).
Tarigan, Robinson. 2012. Ekonomi Regional Teori dan Aplikasi Edisi Revisi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Whorrall, J., & Cabell, S. Q. 2016. Supporting Children’s Oral Language Development in the Preschool Classroom. Early Childhood Education Journal, 44(4), 335–341. https://doi.org/10.1007/s10643-015-0719-0
Published
2023-02-28
How to Cite
NISAK, Hanifatun; MAIDHOTUL, Elly; SANTOSO, Didik Ardi. Mengembangkan Kemampuan Literasi Berbicara Melalui Media Boneka Tangan di KB IT AL-Mawaddah. Sentra Cendekia, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 44-49, feb. 2023. ISSN 2722-3094. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/view/2535>. Date accessed: 03 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.31331/sencenivet.v4i1.2535.
Section
Articles