Penerapan Kurikulum 2013 Pada AUD Melalui Penggunaan Media Loose Part Di KB Jelita Krapyak

  • Siti Rohmatun Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Indonesia
  • Anita Afrianingsih Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Indonesia
  • Dewi Fitamaya Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan kurikulum 2013 melalui kegiatan penggunaan media loose part pada anak usia 3-4 tahun di KB Jelita Krapyak. Penelitian  ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek 6 orang anak yang berusia 3-4 tahun di KB Jelita Krapyak. Teknik analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian penerapan kurikulum 2013 melalui penggunaan media loose part meliputi batu-batuan, tutup botol, ranting, daun. Penerapan kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang saat ini di lakukan selama proses pembelajaran. Kurikulum 2013 terdiri dari seperangkat bahan pembelajaran yang mencakup beberapa aspek perkembangan anak yaitu perkembangan moral dan agama, fisik motorik, kognitif, bahasa, dan sosial emosional anak yang mampu mengembangkan kreatifvitas dari hasil proses bermain anak usia dini. Anak usia dini merupakan anak yang berada pada umur 3-4 tahun yang sedang dalam proses perkembangan dan pertumbuhan dan memilik potensi yang harus di kembangkan. Manfaat penggunaan kurikulum menjadi acuan pendidik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini di simpulkan bahwa mendeskripsikan penerapan kurikulum 2013 melalui kegiatan penggunaan media loose part pada anak usia 3-4 tahun di KB Jelita krapyak

References

Bahri, S. 2017. Pengembangan Kurikulum Dasar Dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura 11(1):15. doi: 10.22373/jiif.v11i1.61.
Devianti, Rika, Suci L S, and Indra B. 2020. Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini. MITRA ASH-SHIBYAN: Jurnal Pendidikan Dan Konseling 3(02):67–78. doi: 10.46963/mash.v3i02.150.
Fatinah Z, Ifat. 2015. Penilaian Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi 1(1):92–111.
Flannigan, Caileigh, and Beverlie Dietze. 2012. Children , Outdoor Play , and Loose Parts. 42(4):53–60.
Gull, Carla, Jessica Bogunovich, Suzanne Levenson Goldstein, and Tricia Rosengarten. 2019. Definitions of Loose Parts in Early Childhood Outdoor Classrooms?: A Scoping Review Carla Gull Jessica Bogunovich Suzanne Levenson Goldstein Tricia Rosengarten. International Journal of Early Childhood Environmental Education Copyright 6(3):37–52.
Ina W, Rika, Ika R S, and Mutiara D S. 2020. Penerapan Media Loose Parts Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Dan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Kelompok A Di Ra Bina Amanah. 2(2):2–5.
Istiqomah, L. 2017. Dinamika Perubahan Kurikulum: Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 PAUD. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini 1(1):39–52. doi: 10.14421/jga.2016.11-04.
Kurniaman, Otang, and Eddy Noviana. 2017. Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, Dan Pengetahuan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6(2):389. doi: 10.33578/jpfkip.v6i2.4520.
Leksono, Ferry, Sulton Sulton, and Susilaningsih Susilaningsih. 2018. Implementasi Kurikulum 2013 Paud Di Tk Tpi Nurul Huda Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran 4(2):126–31. doi: 10.17977/um031v4i22018p126.
Mundia Sari, Kiki, and Heru Setiawan. 2020. Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(2):900. doi: 10.31004/obsesi.v4i2.478.
Prameswari, Titania, and Anik Lestariningrum. 2020. Strategi Pembelajaran Berbasis STEAM Dengan Bermain Loose Parts Untuk Pencapaian Keterampilan 4c Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Efektor 7(1):24–34.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Syafi’i, Imam, and Nur Da’iyah Dianah. 2021. Pemanfaatan Loose Parts Dalam Pembelajaran Steam Pada Anak Usia Dini. AULADA: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak III(1):105–14.
Uzlah, Umi, and Dadan Suryana. 2022. Kompetensi Guru PAUD Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(5):3921–30. doi: 10.31004/obsesi.v6i5.2177.
Wardhani, dkk. 2021. Stimulasi Perilaku Sosial Anak Usia Dini Melalui Media Loose Parts (Bahan Lepasan). Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(2):1894–1904. doi: 10.31004/obsesi.v5i2.694.
Published
2023-10-15
How to Cite
ROHMATUN, Siti; AFRIANINGSIH, Anita; FITAMAYA, Dewi. Penerapan Kurikulum 2013 Pada AUD Melalui Penggunaan Media Loose Part Di KB Jelita Krapyak. Sentra Cendekia, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 65-71, oct. 2023. ISSN 2722-3094. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/view/2584>. Date accessed: 04 july 2025. doi: https://doi.org/10.31331/sencenivet.v4i2.2584.
Section
Articles