Pembelajaran Sains Menggunakan Media Loose Part di Taman Kanak-Kanak

  • Ika Tyas Mustika Sari Universitas IVET
  • Dyah Kusbiantari Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia
  • Dewi Nugrahastuti Wirahno Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi penggunaan media Loose Part dalam Pembelajaran Sains di Taman Kanak-Kanak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah systematic literature review. Pencarian jurnal dilakukan dengan mencari artikel yang terkait dengan topik tersebut dalam rentang waktu 10 tahun terakhir, yaitu dari tahun 2013 hingga 2023. Sebanyak 11 artikel yang memenuhi kriteria telah ditemukan melalui pencarian di situs Google Scholar dan Publish or Perish menggunakan kata kunci Sains, loose parts, Taman Kanak-kanak. Hasil tinjauan pustaka menunjukkan bahwa Loose-parts merupakan media yang memiliki potensi dalam mendukung pembelajaran dalam berbagai bidang seperti Sains, Teknologi, Rekayasa, Seni, dan Matematika. Dalam pembelajaran sains menggunakan media loose-parts, anak-anak belajar untuk memecahkan berbagai masalah yang dihadapi. Mereka didorong untuk mengamati, mencoba, dan kemudian memilih bahan yang akan digunakan. Keputusan ini merupakan hasil dari proses inferensi anak-anak, dan melalui penggunaan media loose-parts, kreativitas, kemandirian, kemampuan kerjasama, dan rasa percaya diri anak-anak juga dapat meningkat.

References

Chasanah, Uswatun, & Prastowo, A. 2021. Study the ICT-Based Tutorial Model for Upper-Class of Elementary School in the Perspective of Constru
Lutfiana. R., Laela et.al. 2022. Pembelajaran Steam dengan Media Loose Parts Guna Menstimulasi Perkembangan Anak. Jurnal Pendidikan Riset Konseptual. Vol 6 No3, Juli 2022.
Mustakimah, M. 2022 .Application of Science, Technology, Engineering, and Math (STEAM) Approaches with Loose Parts Media on Early Childhood Education (Study on Kindergarten in Ngaliyan District). :Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol. 4 No. 5 (2022)
Nipriansyah, Nipriansyah, dkk. 2012. Increase Creativity And Imagination Children Through Learning Science, Technologic, Engineering, Art And Mathematic With Loose Parts Media. Al-Athfaal Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini Vol 4, No 1 (2021).
Nurjanah, N. E. 2020.Pembelajaran STEM berbasis Loose Parts untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Audi. Vol 5 No 1
Prameswari, T. W., Anik L. 2020. STEAM Based Learning Strategies by Playing Loose Parts for the Achievement of 4C Skills in Children 4-5 Years. Efektor Volume 7 Issue 1,2020, Pages 24–34
Priyanti. Nita. Jhoni, W. 2021. The Effect of Loose Parts Media on Early Childhood Naturalist Intelligence. Jurnal Pendidikan Usia Dini Volume 15. Number 2. November 2021.
Purwanti, Z. 2023. Media Pembelajaran Berbahan Loose Part Berbasis Steam Dapat Membangun Merdeka Belajar pada Anak Usia Dini. Pedagogi Jurnal Ilmu Pendidikan. Volume: 23No.1. April, 2023; pp. 38-47.
Qonita. A., Annisa & Anita, R. 2020. Media Pembelajaran STEAM untuk Meningkatkan Kreativitas berbahan Loose Parts di Kelompok B TK Kasih Ibu. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif). Vol.3 | No.6 | November 2020
Rahardjo, M. M. 2019. How to use Loose-Parts in STEAM? Early Childhood Educators Focus Group discussion in Indonesia. Jurnal Pendidikan Usia Dini Volume 13 Edisi 2 November 2019.
Sumarseh & Yaswinda. 2023. Pengaruh Kegiatan Sains dan Media Loose Parts terhadap Keterampilan Beripikir Kritis Anak. Aulad : Journal on Early Childhood Volume 6 Issue 2 2023, Page 79-87
Wahyuningsih, Siti et.al. 2020. The Utilization of Loose Parts Media In STEAM Learning For Early Chidhood . Early Childhood Education and Development Journal. Volume 2 Nomor 2 Bulan Oktober Tahun 2020, h. 1-5
Yuliati, S. 2020. Loose Parts: Material Lepasan Otentik Stimulasi PAUD. Semarang: Sarang Seratus Aksara.
Published
2023-06-29
How to Cite
SARI, Ika Tyas Mustika; KUSBIANTARI, Dyah; WIRAHNO, Dewi Nugrahastuti. Pembelajaran Sains Menggunakan Media Loose Part di Taman Kanak-Kanak. Sentra Cendekia, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 92-99, june 2023. ISSN 2722-3094. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/view/2600>. Date accessed: 04 july 2025. doi: https://doi.org/10.31331/sencenivet.v4i2.2600.
Section
Articles