Peningkatan Literasi Awal melalui Media Tutup Botol Bekas Untuk Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Trayeman, Slawi, Tegal
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan literasi melalui media tutup botol bekas untuk anak usia 3-4 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Trayeman. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Data yang di ambil adalah pekembangan literasi melalui proses observasi , dokumentasi dan pencatatan. Subjek dari penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Trayeman. Penelitian ini di lakukan sebanyak 2 siklus, tiap siklus 2 kali pertemuan. Hasil penelitian adanya peningkatan literasi melalui media tutup botol bekas. Peningkatan tersebut adalah pada pra siklus sebesar 44% pada siklus I mencapai 63% dengan peningkatan dari per siklus 19%. Pada siklus II rata-rata pencapaian anak 82% dengan peningkatan siklus I 17%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media tutup botol bekas dapat meningkatkan literasi anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Trayeman
References
Badan Standar,Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan,Riset,dan Teknologi Republik Indonesia. 2022. Penjelasan lingkup Capaian Pembelajaran Fase Fondasi. Jakarta.
BESKAP, 2022. Capaian Pembelajaran 033/H/KR/2022. Kepmendikbud : Jakarta
Ellysa Aditya Suryawatu, Muhammad Akkas. 2021. Literasi dan STEAM. Kementerian Pendidikan ,Kebudayaan ,Riset dan Teknologi. Jakarta
Elyana, L., Utanto, Y., Widhanarto, G. P., & Maretta, Y. A. (2018). Analysis of parent’s discriminant partnership in the success of implementation of good school governance. In MATEC Web of Conferences (Vol. 205, p. 00012). EDP Sciences.
Elyana, L. (2020). Manajemen Parenting Class Melalui Media E-Learning. Sentra Cendekia, 1(1), 29-35.
Elyana, L. (2021). New Paradigm Curriculum of Early Childhood Education. Journal of Curriculum Indonesia, 4(2), 81-86.
E Mulyatiningsih., 2015. Riset terapan bidang pendidikan dan teknik. Yogyakarta: UNY press
Heru Kurniawan, Nurul Imamah. 2020. Pendidikan Literasi Anak Usia Dini. Hijaz pustaka Mandiri. Yogyakarta
Ilfina Trimudiana, M.Pd. 2023. Penggunaan Loose Part pada Pembelajaran Anak Usia Dini. Paud Pedia
Indah Wahyuni. 2022. Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Berdasarkan Gaya Belajar Pada Anak Usia Dini. Jember
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. 2022. Pembelajaran yang Menguatkan Capaian Anak Usia Dini. Jakarta
Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 2022. Pembelajaran yang menguatkan Capaian Anak Usia Dini. Jakarta
Lathifatul Fajriatun. 2018. Pengembangan Literasi Emergen Pada Anak Usia Dini. Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta
McLachlan, C. J., & Arrow, A. W. 2017. Literacy in the Early Years: Reflections on International Research and Practice. Yogyakarta: Laksana.
Modesta Dutaei Wagus. 2023. Asyiknya Bermain Dengan Media Loosepart Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Artikel media mas. co.id. Jakarta
Rizki Raindriati, S,Sn, Sandra Novrika. 2022. Asesmen dan Pembelajaran . Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Jakarta
Sri Margorini, Ratu Yustika Rini. 2019. Penerapan Pembelajaran Berbasis sains, Teknologi, Teknik dan Matematika ( STEAM ) Pada Anak Usia Dini : Kajian Literatur Terhadap pandangan Abad 21. Jurnal Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Siti Maryam Hardiyanti, elan elan, Taopik Rahman. 2021. Analisis Media Loose Part untuk Peningkatan kemampuan Motorik Hakus Anak Usia dini. Jurnal Paud Agapedia
Undang – undang SISDIKNAS. 2023. Pendidikan Anak Usia Dini Pasal 01. Sinar Grafika