Peningkatan Kecerdasan Naturalis melalui Kegiatan Hijau Kebunku pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Annida Ya Fatimah Tayu Pati

  • Luluk Elyana Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia
  • Ririn Linawati Prodi Pendidikan Jarak Jauh Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini mendiskripsikan peningkatan kecerdasan naturalis anak mellui kegiatan hijau kebunku di TK Annida Ya Fatimah Tayu Pati. Adapun pendekatan yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, hal ini disesuaikan dengan tujuan pokok penelitian yang ingin dicapai yaitu untuk mendiskripsikan dan menganalisa peningkatan kecerdasan naturalis anak melalui kegiatan hijau kebunku. Subjek penelitian adalah seluruh peserta didik TK Annida Ya Fatimab Tayu Pati dengan jumlah 21 anak yang terdiri dari 10 anak perempuan dan 11 anka laku-laki. Hasil penelitian bahwa pembelajaran dengan kegiatan hijau kebunku dapat meningkatkan kecerdasan naturalis anak 92%, peeningkatan ini melampaui standar keberhasilan kecerdasan naturalis anak tersebut berdasarkan pada hasil penelitian siklus I dan siklus II dengan indikator capaian peserta didik (1) sikap mampu merawat tanaman (2)  sikap mampu menyukai tanaman (3) sikap mampu beradaptasi dengan lingkungan kebun (4) sikap mampu menikmati hijau kebunku.

References

Elyana, L. 2019. Pengelolaan PAUD Berbasis Good School Governance. Journal of Curriculum Indonesia, 2(1), 16-24.
Elyana, L. 2020. Manajemen Parenting Class Melalui Media E-Learning. Sentra Cendekia, 1(1), 29-35.
Elyana, L., Utanto, Y., Widhanarto, G. P., & Maretta, Y. A. 2018. Analysis of parent’s discriminant partnership in the success of implementation of good school governance. In MATEC Web of Conferences (Vol. 205, p. 00012). EDP Sciences.
Gardner, H. 1993. Frames Of Mind : The Theory of Multiple Intelligence. New York : Basic Books
May Lwin.et al. 2008. Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan. Jakarta :PT INDEKS.
Musfiroh, Tadkiroatun. 2008. Cerdas Melalui Bermain. Jakarta: Grasindo
Rahayu, S. S., Samta, S. R. 2022. Upaya Pengaruh Pembelajaran Sains Sederhana Berbasis Alam Sekitar Dengan Metode Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di PAUD Sekar Nagari Semarang. Jurnal Sentra Cendekia. Vol 3 No 3 (2022) Oktober. DOI: https://doi.org/10.31331/sencenivet.v3i3.2377
Safaria,T. 2005. Naturalis Intelligence: Metode Pengembangan Kecerdasan Naturalis Anak. Yogjakarta: Amara Books.
Semiawan. 2010. Psikologi Anak. Jakarta: Remaja Rosda Karya
Published
2024-06-16
How to Cite
ELYANA, Luluk; LINAWATI, Ririn. Peningkatan Kecerdasan Naturalis melalui Kegiatan Hijau Kebunku pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Annida Ya Fatimah Tayu Pati. Sentra Cendekia, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 42-47, june 2024. ISSN 2722-3094. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/view/3110>. Date accessed: 18 feb. 2025. doi: https://doi.org/10.31331/sencenivet.v5i2.3110.
Section
Articles