Meningkatkan Kemampuan Numerasi melalui Permainan Edukatif Popi (Sempoa Pintar) Anak Usia 4-5 Tahun di TK Muslimat NU Masyithoh Pesawahan Adiwerna
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan numerasi mengenal lambang bilangan melalui alat permainan edukatif sempoa pintar pada kelompok A Di TK Muslimat NU Masyithoh Pesawahan Adiwerna Kecamatan Adiwerna. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas ( PTK ) dengan menggunakan 2 Siklus. Setiap siklus dilakukan dengan dua kali pertemuan dengan tahapan : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian yaitu kelompok A dengan usia 4-5 tahun di TK Muslimat NU Masyithoh Pesawahan Adiwerna yang berjumlah 15 anak. Data diperoleh dengan dokumentasi dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif presntase (DP). Hasil penelitian menunjukan bahwa alat permainan edukatif sempoa pintar dapat meningkatkan kemampuan numerasi mengenal lambang bilangan di kelompok A TK Muslimat NU Masyithoh Pesawahan. Hasil observasi yang dilakukan pada saat pra tindakan atau pra Siklus mencapai 27% (BB), pada siklus I mencapai 60% dan siklus II mencapai 85% dengan kriteria berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik. Hal tersebut telah mencapai indikator keberhasilan penelitian yang ditetapkan sebesar 80%.
References
Delima. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik KasarAnak Melalui Game outbounf Tower Building Cup Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Qomarul Huda Gunung. Skripsi. FKIP PG PAUD Universitas Ivet.
Edukids. (2022). Model Pembelajaran Numerasi Berbahan Alam Untuk Meningkatkan Ketrampilan Berhitung Awal Di TK Hajar Aswad Makasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini. Vol.2.No.2 Agustus, e-ISSN : 2807-1816 p-ISSN:2807-2308 pkp,https://jurnalp4i.com/index.php/edukids.
Isnawanti, Y. (2018). Peningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Kantong Pintar Di Tk Al-Hikmah Lubuk Basung. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 5(2), 1–13. https://doi.org/10.24036/103716.
Kemendikbudristek (2022). Buku panduan pemilihan, pembuatan, dan pemanfaatan APE secara mandiri. Jakarta. Direktorat pendidikan anak usia dini. Laman : https://paudpedia.kemendikbud.go.id/
Lestari, R, B. (2021). Lambang Bilangan Melalui Permainan Lotto Angka Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Paud Tasniah. Skripsi. Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 192, 25.
Mayke, S. (2017). Membuat Pernyataan Bahwasannya Alat Permainan Meningkatkan Kemampuan Berbahasa, Berpikir, Serta Bergaul Dengan Lingkungan.
Mildred, P. (1932). Bahwa Saat Bermain, Anak Dapat Menunjukan Perkembangan Sosial Melalui Berbagai Interaksi Yang Dilakukan Pada Anak Usia 4 – 5 Tahun Melalui Permainan Balok Angka. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(3), 181. https://doi.org/10.23887/paud.v8i3.25070.
Nilawati Astini,dkk (2020). Identifikasi Pemafaatan Alat Permaian Edukatif (Ape) Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, VOL 6. APE.paud.id/ape-paud-Jateng.
Permendikbudristek no. 5 tahun (2022) bahwa pada standar isi pada STPPA PAUD
Puspa Ayu Melodyana (2019). Peningkatan kemampuan berhitung anak usia 4-5 tahun dengan permainan ular tangga di paud Dahlia tahun ajaran 2018/2019.
Suriana, eli. (2020). Penggunaan Media Pohon Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tkn Dharma Wanita Teunom Aceh Jaya. Skripsi.
Syafitri, O., Rohita, R., & Fitria, N. (2018). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Lambang Bilangan 1 – 10 Melalui Permainan Pohon Hitung pada Anak Usia 4 – 5 Tahun di BKB PAUD Harapan Bangsa. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 4(3), 193. https://doi.org/10.36722/sh.v4i3.277.
Utami, Y. S. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Kegiatan Bermain Kartu Angka Pada Anak Kelompok a Di Tk Setia Rini, Titang Sumberagung Jetis Bantul. Pendidikan Guru PAUD S-1, 7(4), 304–314.
Wardhani. (2021). Diperlukan kreativitas guru untuk membua tproses pembelajaran dengan memanfaatkan bahan alam agar anak dapat lebih memahami sesuai dengan kemampuan mereka.