Kemampuan Literasi Anak Usia Dini Mengenal Simbol Huruf Menggunakan Media Tutup Botol DI TKIT MUTIARA
Abstract
Studi ini bertujuan untuk menyelidiki penggunaan media tutup botol dalam meningkatkan kemampuan literasi anak usia dini, khususnya dalam mengenali simbol huruf. Dalam konteks ini, dilakukan pendekatan kualitatif melalui studi kasus dengan subjek penelitian yang terdiri dari anak-anak Kelompok B di TKIT Mutiara. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara dengan menggunakan pedoman observasi dan wawancara. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan media tutup botol memberikan dampak positif pada perkembangan kemampuan literasi anak usia dini. Mereka menunjukkan peningkatan dalam mengenal huruf, meningkatnya keterampilan motorik halus, peningkatan konsentrasi, dan kemampuan berkomunikasi. Selain itu, media ini memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan, interaktif, dan efektif bagi anak, sambil mendukung perkembangan kognitif, motorik, dan sosial mereka. Pentingnya dampak yang ditemukan adalah bahwa anak-anak menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan mengenal simbol huruf. Mereka dapat menyebutkan huruf dengan benar, mengidentifikasi dan menunjukkan huruf-huruf ketika ditunjukkan kepada mereka, mengaitkan gambar dengan huruf awal dengan benar, dan menuliskan huruf dengan benar sesuai dengan yang mereka kenal. Dengan demikian, penggunaan media tutup botol dapat menjadi metode yang efektif dalam membantu anak-anak usia 5-6 tahun untuk mengembangkan pemahaman mereka tentang huruf serta kemampuan membaca dan menulis. Ini menunjukkan relevansi dan potensi media sederhana seperti tutup botol dalam konteks pendidikan anak usia dini
References
Fahitah, I. & S. W. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Kartu Huruf. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31649/paud-lectura.v4i02.7603
Fauziddin, M., Elyana, L. (2018). Meningkatkan Kemampuan Kognitif dengan Metode Bermain Media Benda Konkrit pada Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education. Vol 3 No 1 (2018) DOI: https://doi.org/10.51529/ijiece.v3i1.93
Gusnita, E. S. H. dan S. M. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini Melaui Alphabet Book Di Taman Kanak-kanak. Jurnal of Family, Adult, and Early Childhood Education, 1(1), 87–92.
Ali Ibrahim, M. T., Safitri, I., Agustina, N. M., Elyana, L., Saksono, H., Si, M., ... & Abroto, S. P. ( 2024). Metodologi Penelitian Pendidikan. Cendikia Mulia Mandiri.
Kurniasih, P. L. dan F. R. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Simbolik Awal Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Finger Painting. BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24952/alathfal.v1i1.3512
Mahardika, E. K. T. S. N. K. A. & M. A. P. (2023). Strategi Literasi Budaya Anak Usia Dini melalui Pengembangan Game Edukatif. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/20.37985/murhum.v4i2.287
Nurkhasanah, N., & Utami, F. B. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Awal Melalui Penggunaan Media Bahan Alam Pada Anak Kelompok B Dipaud Pelangi Bunda Jakarta. PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.52266/pelangi.v4i2.1072.
Nisak, H., Nurcahyanu, F.D., Rahayu, S.S., Samta, S.R & Lestari, B.D. (2022). Manfaat Media Pembelaajaran Balok Kayu untuk Meningkatkan Kreatifitas Anak di KB Ulul Albab II. Jurnal Sentra Cendeia. Vol 3 No 2 (2022): Juni. DOI: https://doi.org/10.31331/sencenivet.v3i2.2150
Pebriana, P. . (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26.
Priyono, F. H., Rahmawati, A., & Pudyaningtyas, A. R. (2021). Kemampuan Berpikir Simbolik Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 9(4). https://doi.org/https://doi.org/10.20961/kc.v9i4.53280
Purnamasari, C., Amal, A., & Herlina. (2021). Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Membaca Awal Anak di Taman Kanak-kanak. . . JAPRA: Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 4(1).
Retnaningrum, W. & Lathifah, I. (2020). Penggunaan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini. Jurnal Warna, 4(1).
Rusmayadi, Musil, M. A., Ilyas, S. N., & Chafidah, N. (2023). Pengaruh PjBL Terhadap Kemampuan Literasi Baca Tulis Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun. Jurnal Tunas Siliwangi, 9(1). https://doi.org/https://doi.org/10.22460/ts.v9i1.3376
Syamsuardi, Musi, M. A., Manggau, A., & Novianti. (2022). Metode Storytelling dengan Musik Instrumental untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak dan Berbicara Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1196
Triana, M. S. & T. R. (2020). Pengembangan Media Big Book Alfabet Untuk Memfasilitasi Kemampuan Mengenal Huruf Alfabet Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal PAUD Agapedia, 4(1).
Yansyah, J. H. & L. A. (2022). Pengembangan Big Book Storytelling Dwibahasa untuk Meningkatkan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1779
Yulia, R & Eliza, D. (2021). Pengembangan Literasi Bahasa Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v5i1.8437