Flashcard Sebagai Media Terapi Wicara Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Di Kelas B Ra Inklusi Zidni Ilma Sukoharjo
Abstract
Latar belakang masalah adalah adanya anak berkebutuhan khusus dengan delay wicara di Kelas B RA Inklusi zidni ilma yang harus terus distimulus perkembangan wicaranya sehingga progres wicaranya akan mengalami peningkatan sebagaimana tujuan Pendidikan Anak Usia Dini salah satunya meningkatnya perkembangan bahasanya, maka media flashcard dipilih peneliti sebagai media terapi wicara yang dapat meningkatkan progres bahasa anak berkebutuhan khusus di kelas B RA inklusi Zidni ilma Sukoharjo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana media flashcard menjadi media terapi wicara bagi anak berkebutuhan khusus di kelas B RA inklusi Zidni ilma Sukoharjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif maka langkah – langkah yang dilakukan adalah observasi, wawancara, kemudian mengecek dokumentasi yang berkaitan, mereduksi dan merefleksi. Subyek penelitian ini adalah anak kelas B RA inklusi Zidni ilma sejumlah 5 anak dengan kebutuhan khusus. Dari hasil penelitian diperoleh, dengan media flashcard anak berkebutuhan khusus di kelas B RA Inklusi Zidni ilma mengalami progress wicara
References
Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Chaer, Abdul. 2014. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta
Depdikbud. 1998. Permainan Tradisional Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Dhieni, N, dkk. 2005. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka
Elyana, L., Samta,S.R. 2023. Manajemen Edukasi Media Digital Anak Usia Dini Bagi Orangtua. Journal of Research and Development Early Childhood.
Madyawati, L. 2017. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenada Media Group.
Gunarti, Winda, dkk. 2008. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka
Jalongo, M. R. 2007. Early Childhood Language Arts. USA: Pearson Education, Inc
Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Montolalu. 2009. Bermain Dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka
Moleong Lexy. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.
Mulyasa. 2011. Praktek Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Rosda Karya
Mustakim, N. M. 2005. Peranan Cerita Dalam Pembentukan Perkembangan Anak TK. Jakarta: Rineka Cipta
Musfiroh, T. 2005. Bermain Sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta: Depdiknas
Paizaluddin, dan Ermalinda. 2013. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Resarch). Bandung: Alfabeta.
Widada. R.H. dan Icuk, P. 2010. Kamus Saku Bahasa Indonesia. Yogyakarta: PT Bentang Pustaka
Rahayu, M. 2009. Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Jakarta: PT Gramedia Widiasrana Indonesia.
Setiawan, R. 2014. Mudahnya Penelitian Tindakan Kelas. Cirebon Eduvision
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta