artikel Pengembangan Instrumen Pengukur Kemampuan Berbahasa Ekpresif dan Reseptif Pada Anak Usia Dini di KB Mutiara Sari
Ekpresif dan Reseptif Pada Anak Usia Dini
Abstract
Abstrak
Kemampuan berbahasa merupakan salah satu dari bidang pengembangan kemampuan dasar yang penting dalam pendidikan taman kanak-kanak bahasa merupakan alat komunikasi yang paling utama bagi seorang anak untuk mengungkapkan berbagai keinginan maupun kebutuhannya. Peran orang tua dan pendidik sangat penting dalam perkembangan bahasa anak terutama dalam berbicara atau komunikasi. Penelitian ini merupakan model penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengukur kemampuan berbahasa ekspresif dan reseptif pada anak usia dini, penelitian dilaksanakan di KB Mutiara Sari Kecamatan Pati, dengan jumlah subjek 44 yaitu terdiri dari kelompok A sebanyak 19 orang anak dan kelompok B sebanyak 25 orang anak. Instrumen pernyataan yang dikembangkan terdiri dari 15 item, Hasil analisis uji validitas sudah lebih dari (>) 0,4329 dan berdasarkan hasil uji reliabilitas melalui SPSS KR 26 diperoleh koefisien reliabilitas (Cronbach's ?) terdapat 0,954 maka dapat disimpulkan pengukuran instrumen dengan pemahaman kemampuan siswa dalam berbahasa ekpresif dan reseptif layak digunakan di lapangan.
References
Djemari Mardapi (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Mitra Cendekia. Jogjakarta
Hartanto, F., Selina, H., & Fitra, S. (2011). Pengaruh Perkembangan Bahasa Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 1-3 Tahun. Sari Pediatri, 12(6), 386–390.
Khosibah, S. A., & Dimyati, D. (2021). Bahasa Reseptif Anak Usia 3-6 Tahun di Indonesia. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1860–1869. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1015
Lestari, R. E., & Handayani, R. (2023). Peran Orang Tua Dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal At-Tabayyun, 6(2), 113–126. https://doi.org/10.62214/jat.v6i2.158
Rambe, A. M., Sumadi, T., & Meilani, R. S. M. (2021). Peranan Storytelling dalam Pengembangan Kemampuan Berbicara pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2134–2145. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1121
R Core Team (2022). R: A Language and environment for statistical computing. (Version 4.1) [Computer software]. Retrieved from https://cran.r-project.org. (R packages retrieved from CRAN snapshot 2023-04-07).
Revelle, W. (2023). psych: Procedures for Psychological, Psychometric, and Personality Research. [R package]. Retrieved from https://cran.r-project.org/package=psych
S.Eko Putro Widoyoko. (2020). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar. Yogyakarta
Sahrul, et al, (2022) Development of Instruments to Measure Self-Confidence and Creative Thinking in Mathematics Learning for Vocational High School Students Journal of Research and Educational Research Evaluation JRERE 11 (1) 2022 81-92 http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jere
Sahrul, et al, (2022) Evaluasi Hasil Belajar SiswaMata Pelajaran MatematikaPada SMPN 1 Sape Kabupaten Bima. http://pps.unnes.ac.id/pps2/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes.
Syaifudin Azwar 2017. Uji Validitas dan Reliabilitas. Pustaka Pelajar. Yogyakarta
Sulistyawati, R., & Amelia, Z. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Media Big Book. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 2(2), 67. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v2i2.582
The jamovi project (2023). jamovi. (Version 2.4) [Computer Software]. Retrieved from https://www.jamovi.org.
Tengah, M. A. N. L., & Barat, N. T. (2023). Evaluasi Implementasi Kedisiplinan Dan Tatatertib Siswa MI Nurul Khalifah Bima Sape. JANACITTA : Journal of Primary and Children’s Education Volume 6 Nomor 1 2023 e-ISSN: 2615-6598 http://jurnal.unw.ac.id/index.php/janacitta