Cerita Nabi: Strategi Perkembangan Bahasa Fonetik Dan Sintaksis Anak Usia Dini

  • Arlis Muryani Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Ivet
  • Yora Harlistyarintica Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Ivet

Abstract

Perkembangan bahasa anak pada tahap awal merupakan hal yang krusial. Permasalahan penelitian ini terdapat pada perkembangan bahasa dua anak yang mengalami kekurangan pada keterampilan berbicara. Hal ini dilihat pada pengucapan huruf, kata, dan kalimat yang kurang lancar, kurang jelas, dan kurang tepat sehingga perlu distimulus. Adapun stimulus yang digunakan berupa cerita nabi. Pemilihan cerita tersebut bertujuan untuk mengenalkan kosakata bidang agama, menanamkan anak pada ajaran agama, dan mempelajari nasihat-nasihat yang mampu diterapkan pada anak. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perkembangan bahasa anak terutama perkembangan bahasa fonetik dan sintaksis.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif desktiptif. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Subjek penelitian melibatkan dua responden, yaitu R1 dan R2. Adapun hasil penelitian terdapat dua temuan. Pertama perkembangan bahasa fonetik dilihat dari kemampuan memproduksi huruf vokal, konsonan, dan pengucapan kata. Kedua perkembangan bahasa sintaksis dilihat dari kemampuan mengucapkan 2-3 kata dengan lancar, menceritakan kembali, dan membuat kalimat pendek. Perkembangan bahasa fonetik dan sintaksis antara kedua responden mengalami perbedaan. Perkembangan bahasa fonetik dan sintaksis R2 lebih unggul dari R1.

Author Biographies

Arlis Muryani, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Ivet

Dosen Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Ivet

Yora Harlistyarintica, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Ivet

Dosen Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Ivet 

References

Adnas, Diny Anggriani Dan Mudrikah Nur Fauzi. 2022. “Perancangan Dan Pengembangan Buku Cerita Ilustrasi Tentang Kisah Nabi Muhammad SAW: Keistimewaan Kucing dengan Teknik Digital Imaging”. Journal of Information System and Technology, 3 (1), 127-146. https://ojs.digitalartisan.co.id/index.php/joint/article/view/6557/3146.
Busyra, Sarah Dan Nur Azizah. 2021. “Urgensi Kisah Nabi Terhadap PAUD”. Al-Aufa:JurnalPendidikandanKajianKeislaman 3 (1), 29-41. https://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/AL-AUFA/article/view/393/315.
Elyana, L., & Das, R.K. Management of Islamic Education on Construction of Early Childhood Curriculum. Journal of Nonformal Education Vol 8, No 2 (2022). DOI: https://doi.org/10.15294/jne.v8i2.40024
Fadhila, Hasna. 2023. “Kumpulan Kisah Nabi Muhammad Lengkap Untuk Diajarkan Ke Anak &
Mukjizatnya”.https://www.haibunda.com/parenting/20230216143650-62 297436/kumpulan-kisah-nabi-muhammad-lengkap-untuk-diajarkan-ke-anak-mukjizatnya.
Gleason, Jean Barko. 2001. The Developmen of Language. Boston: Allyn & Bacon.
I. Puspitasari and M. K. Hidayatulloh. 2020. “Penanaman Nilai Moral- Spiritual Pada Anak Usia Dini Melalui Cerita Fabel Dalam Surat Al-Fiil,” WACANA, vol. 12, no. 1, pp. 36–49, Feb.
Miles, M.B. dan Huberman, A.M. 1992. Analisis Data Kualitatif (Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi). Jakarta: UI Press.
N. Setiawati, D. Putra, And Z. Zukhairina, 2023. “Penerapan Metode Bercerita Dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun,” Al-Miskawaih J. Sci. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 1–16, Jul.
Otto, B. 2015. Perkembangan Bahasa Anak Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia Group.
Purwo, B. K. 1997. Pelba 10. Jakarta: Lembaga Bahasa Unika Atma Jaya.
R. Amalia. 2024. “4 Manfaat Mengajarkan Kisah Nabi kepada Anak, Salah Satunya Tingkatkan Iman”.https://www.mediapromed.com/gaya-hidup/100312130190/4-manfaat mengajarkan-kisah-nabi-kepada-anak-salah-satunya-tingkatkan-iman.
Samta, S.R., Karmila, M. 2016. Analisis Nilai Moral Kisah Teladan dalam Majalah Tawakal di RA MANDA Ngaliyan Semarang Gasal Tahun Ajaran 2016/2017. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 5, No 2 (2016) DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v5i2.1649
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wahidah, Afifah Fatihakun Ni’mah Dan Eva Latipah. 2021. “Pentingnya Mengetahui Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dan Stimulasinya”. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal 4 (1), 43-62.
Published
2024-06-30
How to Cite
MURYANI, Arlis; HARLISTYARINTICA, Yora. Cerita Nabi: Strategi Perkembangan Bahasa Fonetik Dan Sintaksis Anak Usia Dini. Sentra Cendekia, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 69-75, june 2024. ISSN 2722-3094. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/view/3297>. Date accessed: 18 feb. 2025. doi: https://doi.org/10.31331/sencenivet.v5i2.3297.
Section
Articles