Korelasi Pola Asuh Orangtua dengan Tumbuh Kembang Gizi Anak Usia Dini
Abstract
Pola asuh orangtua merupakan faktor krusial yang mempengaruhi tumbuh kembang gizi anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis korelasi antara pola asuh orangtua dengan status gizi dan perkembangan fisik anak-anak pada usia dini. Pola asuh yang baik, yang mencakup pemberian asupan gizi seimbang, perhatian, dan kasih sayang, diyakini dapat mendorong pertumbuhan anak yang optimal. Sebaliknya, pola asuh yang kurang tepat dapat berkontribusi pada masalah gizi seperti malnutrisi atau obesitas yang berdampak negatif pada perkembangan anak. Kurangnya pengetahuan orang tua tentang pentingnya gizi pada anak semakin memperburuk tumbuh kembang pada anaknya, hal ini berdampak pada kualitas Sumber Daya Manusia 20 tahun ke depan yang buruk. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan pengetahuan orang tua tentang gizi dengan pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini di TK Sekar Mekar Semarang. Studi ini menggunakan metode penelitian yang digunakan adalah metode analitik dengan pendekatan cross sectional. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur pola asuh dan status gizi anak. Hasil analisis menunjukkan adanya korelasi signifikan antara pola asuh yang diterapkan oleh orangtua dengan status gizi anak. Anak-anak yang dibesarkan dalam lingkungan dengan pola asuh yang baik cenderung memiliki status gizi yang lebih baik dan pertumbuhan yang lebih optimal dibandingkan dengan anak-anak yang pola asuhnya kurang mendukung. Penelitian ini mengambil sampel 17 anak dan ibunya di TK Sekar Mekar Semarang, yang mana teknik pengambilan sampel secara total sampling yaitu dimana alat ukur yang digunakan ialah kuesioner serta alat timbangan berat badan dan lembar observasi. Yang mana dianalisis menggunakan uji Fisher's Exact Test dengan tingkat signifikansi ? = 0,05. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya peran orangtua dalam mendukung tumbuh kembang gizi anak usia dini. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan bagi orangtua, pendidik, dan pengambil kebijakan dalam merancang intervensi yang lebih efektif untuk meningkatkan pola asuh dan status gizi anak-anak usia dini. Dengan demikian, kualitas kesehatan dan perkembangan anak-anak dapat lebih terjamin, yang pada akhirnya akan mendukung pencapaian potensi penuh mereka di masa depan.
References
Almatsier, S. 2011. Prinsip dasar ilmu gizi. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. Rineka Cipta
Arisman. 2014. Gizi Dalam Daur Kehidupan: Buku Ajar Ilmu Gizi. Jakarta : EGC
Azrul, A. 2009. Metodologi Penelitian Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat. Jakarta : Binarupa Aksara
Devi, N. 2012. Gizi Anak Sekolah. Bogor : Grafika Mardi Yuana
Hariweni, T. 2013. Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Ibu Bekerja dan Tidak Bekerja Tentang Stimulasi Pada Pengasuhan Anak Balita, Tesis Bagian Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara Medan
Hidayat, A. A. 2010. Metode Penelitian Kebidanan dan Teknik Analisa Data, Edisi I Salemba Medika. Jakarta:Kartasapoetra
Kasjono, dkk. 2009. Tekhnik Sampling Untuk Penelitian Kesehatan. Yogyakarta : Grahailmu
Marstyo, G. 2009. Ilmu Gizi : Korelasi Gizi, Kesehatan dan Produktivitas Kerja. Jakarta : Rineka Cipta
Mikarsa, H. L., Agus, T., dan Puji, L. P. 2007. Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Mitayani. 2010. Buku Saku Ilmu Gizi. Jakarta.
Mulyani, L., Dirsa, A., & Samta, S. R. 2023. Pelaksanaan Program Parenting di Pendidikan Anak Usia Dini. Sentra Cendekia. Vol 4 No 3 (2023) https://doi.org/10.31331/sencenivet.v4i3.2835
Peterson, Tanya J. (2020). Mindful Parenting: How It Works, Benefits, and How to Practice. Choosing therapy. https://www.choosingtherapy.com/mindful-parenting/
Porter, N., Tanabe, K. The Mimamoru Approach in Contemporary Japanese Parenting Magazines: Strategies for Disciplining Young Children. Early Childhood Educ J (2022). https://doi.org/10.1007/s10643-022-01370-x
Vuorinen, Tuula. (2018). ‘Remote parenting’: parents’ perspectives on, and experiences of, home and preschool collaboration, European Early Childhood Education Research Journal, 26:2, 201-211. https://doi.org/10.1080/1350293X.2018.1442005