Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Bermain Peran Dengan Media Boneka Tangan Di Tk Dharma Wanita Randurejo 4
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode bermain peran dengan menggunakan media boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita Randurejo 4. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 3-4 tahun di TK Dharma Wanita Randurejo 4 yang berjumlah sebanyak 12 anak. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan ternyata kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita Randurejo 4 dapat di tingkatkan memalui metode bermain peran menggunakan boneka tangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap prasiklus diperoleh hasil sebesar 35%, hasil tersebut kemudian naik menjadi 58% pada siklus dan pada siklus II diperoleh hasil sebesar 94%, hasil ini menunjukkan bahwa kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun meningkat melalui metode bermain peran menggunakan media boneka tangan.
References
Anggalia, A., & Karmila, M. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Dengan Menggunakan Media Boneka Tangan Muca (Moving Mouth Puppet ) Pada Kelompok a Tk Kemala Bhayangkari 01 Semarang. Paudia.
Ari Yanto. (2015). Metode Bermain Peran (Role Playing) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Cakrawala Pendas.
Denok, M., Istiklaili, F., & Nuryati, C. (2021). Penggunaan Permainan Tradisional Bakiak untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun di KB Tunas Marenggeng Desa Sindangwangi Kabupaten Brebes. Sentra Cendekia.
Ekayani, S. P., Aprilliani, M., & Nawangsih, R. A. (2022). Boneka Tangan Sebagai Media Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Psikomuda (JIPM) Connectedness.
Fauziddin, M. (2018). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus melalui Teknik Mozaik pada Anak Kelompok B di TK Perdana Bangkinang Kota lain . Kegiatan yang tersebut dirancang dan dilaksanakan pada proses pembelajaran pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini ( LPAUD ). Journal of SECE (Studies in Early Chilhood Education).
Hemah, E., Sayekti, T., & Atikah, C. (2018). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini.
Hidayat, A. (2018). Metode Pendidikan Islam untuk Generasi Millennial. Fenomena.
Izzati, L., & Yulsyofriend. (2020). Pengaruh metode bercerita dengan boneka tangan terhadap perkembangan kognitif anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai.
Khalijah, W. N., Jannah, M., Rehan, H. Z., Yohana, Y., & Yohani, Y. (2023). Peranan Metode Pembelajaran terhadap Minat dan Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadis. Al-Wasathiyah. Journal of Islamic Studie.
Khosibah, S. A., & Dimyati, D. (2021). Bahasa Reseptif Anak Usia 3-6 Tahun di Indonesia. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Mursid, M. Ag, and N. Nur. (2015). "Belajar dan pembelajaran PAUD." Bandung: PT Remaja Rosdakarya