Peningkatan Kemampuan Berbahasa Jawa Melalui Media Kartu Gambar pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TKIT Manbauth Thoyyibah

  • Sindhi Sindhi Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia
  • Maria Denok Bekti Agustiningrum Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia
  • Dewi Nugrahastuti Wirahno Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia

Abstract





Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Jawa melalui media kartu gambar pada anak usia 4-5 tahun di TKIT Manbauth Thoyyibah Sempurejo Jambangan Mondokan Sragen Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berbahasa Jawa pada anak usia 4-5 tahun TKIT Manbauth Thoyyibah Sempurejo, Jambangan, Mondokan, Sragen.






Metode Penelitian Ini Menggunakan Metode Penelitian tindakan kelas atau PTK, Penelitian tindakan kelas (PTK) ini memiliki dua siklus dan terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian melibatkan tujuh anak laki-laki dan empat belas anak perempuan dari TKIT Manbauth Thoyyibah yang berusia antara empat dan lima tahun. Keberhasilan penelitian tercapai jika 75% anak-anak yang menggunakan kartu bergambar mengatakan bahwa mereka lebih mahir berbicara bahasa Jawa.






Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan kartu bergambar meningkatkan kemampuan berbicara Jawa. Hasil observasi pra tindakan menunjukkan bahwa kemampuan berbahasa Jawa anak mengalami peningkatan. Rata-rata anak memperoleh nilai 0%, dengan peningkatan 20% pada siklus I pertemuan dan 38% pada siklus I pertemuan 2. Untuk perkembangan, peningkatan pada siklus II pertemuan 1 sebesar 52% dan peningkatan pada siklus II pertemuan 2 sebesar 86%. Oleh karena itu, media kartu bergambar di TKIT Manbauth Thoyyibah sangat membantu anak-anak berusia empat hingga lima tahun belajar bahasa Jawa.





Author Biographies

Sindhi Sindhi, Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET

Maria Denok Bekti Agustiningrum, Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia

Dewi Nugrahastuti Wirahno, Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia

References

Afani, A. (2020) Kenali 13 Karakteristik Anak Usia Dini Demi Mendukung Perkembangannya.
Aisyah et all, (2021) Persepsi Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Pada Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 7 Nomor 1
Andriana Mella, Laely Khusnul. (2015) Metode Role Play Sebagai Upaya Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Jawa Anak Usia 5-6 Tahun. prosiding seminar nasional pendidikan “Inovasi Pembelajaran untuk Pendidikan Kemajuan” FKIP Universitas Muhammadiyah Ponorogo.7 November 2015.
Arikunto, S. (2021). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 3. Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. (2019). Media Pembelajaraan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Augusta. (2014). Pengertian Anak Usia Dini. http://infoini.com/pengertian anak usia dini.
Basuki Wibowo dan Farida Mukti, (2015), Media Pengajaran, Depdikbud, Jakarta
Darmawan, D., & Wahyudin, D. (2018). Model pembelajaran di sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Dwi Anjani Hastari, (2022) “Pengertian Bahasa Jawa krama inggil “Universitas Pendidikan Indonesiarepository.upi.eduperpustakan.upi.edu
Fardani, M. A., & Wiranti, D. A. (2019). Peran orang tua dalam pengembangan bahasa jawa krama anak usia dini. Prosiding Seminar Nasional “Penguatan Muatan Lokal Bahasa dan Sastra Daerah Sebagai Fondasi Pendidikan Karakter Generasi Milenial,” 0291, 117–122
John Elliot, (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Maria Denok Bekti Agustiningrum, Tjetjep Rohendi Rohidi. (2020) Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini.
Maria Denok Bekti Agustiningrum. (2019) Kemampuan Berbahasa Anak Usia 5-10 Tahun.
Sadono Sukirno. (2016). Peningkatan Bahasa Jawa melalui Bermain peran Makro Teori Pengantar. Jakarta
Sari, Novita. (2019). Upaya Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Jawa Melalui Media Flash Card Pada Anak Kelompok B di TK Pertiwi 1 Beran Tridadi Sleman. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
Published
2025-02-28
How to Cite
SINDHI, Sindhi; AGUSTININGRUM, Maria Denok Bekti; WIRAHNO, Dewi Nugrahastuti. Peningkatan Kemampuan Berbahasa Jawa Melalui Media Kartu Gambar pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TKIT Manbauth Thoyyibah. Sentra Cendekia, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 25-32, feb. 2025. ISSN 2722-3094. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/view/3397>. Date accessed: 21 mar. 2025. doi: https://doi.org/10.31331/sencenivet.v6i1.3397.
Section
Articles