Pengaruh Kegiatan Membatik Terhadap Motorik Halus Anak Usia 5 – 6 Tahun di TK Liya III Surabaya

  • Anita Roslina Simanjuntak Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
  • Sonachi Ekki Sudirno Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
  • Ika Tyas Mustika Sari Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia
  • Budi Dyah Lestari Pendidikan Jarak Jauh Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET Semarang
  • Dewi Nugrahastuti Wirahno Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia
  • Hanifatun Nisak Prodi Pendidikan Jarak Jauh Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia

Abstract

Berdasarkan penelitian di TK Liya III Surabaya anak kelompok B belum mampu melakukan koordinasi motorik halus mencakup kemampuan dan kelenturan menggunakan jari dan alat untuk mengeksplorasi dan mengekspresikan diri dalam berbagai bentuk. Upaya yang dilakukan untuk pengaruh motorik halus pada anak yaitu dengan memberikan kegiatan seperti membatik yang berupa teknik celup ikat atau teknik jumputan, teknik cap atau teknik cetak, dan teknik colet atau disebut teknik lukis. Metode pengumpulan data dilakukan dalam metode observasi dan metode dokumentasi. Subjek penelitian ini peserta didik usia 5-6 tahun di TK Liya III Surabaya yang berjumlah 17 anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian  eksperimen,  bentuk  desain  penelitian  eksperimen Pre-Eksperimental Design dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik analisis data statistik deskriptif termasuk dalam distribusi persen. Perolehan analisis data hasil perhitungan Thitung = 153 dan Ttabel = 35, jadi Thitung lebih besar dari Ttabel atau 153 > 35, Ha diterima dan Ho ditolak dengan taraf nyata ? = 0,05 maka penelitian ini terdapat pengaruh kegiatan membatik terhadap motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Liya III Surabaya

References

Jakni, S. (2016). Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Masdudi. (2015). Karakteristik Perkembangan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Awlady Vol 1 (2), 1-26. Diakses dari https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady/article/view/739/595.
Mulyasa, HE. (2012). Menejemen Paud. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nuryati, N. Y. (2019). Peningkatan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Kelas SD Awal Usia 6-8 Tahun Melalui Metode Praktikum Membatik. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini As-Sibyan Vol 4 (1), 1-12. Diakses dari http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/1959
Rohendi, A., & Seba, L. (2017). Perkembangan Motorik. Bandung: Alfabeta. Setianingrum, R. (2015). Pengaruh Kegiatan Melukis Terhadap Peningatan Motorik Halus Anak. Jurnal Pendidikan Anak PG-PAUD FKIP Universitas Lampung Vol 1 (5), 1-9. Diakses dari http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/10430/7086
Santrock, J. W. (2012). Life Span Development Perkembangan Masa Hidup Edisi Ketigabelas Jilid I. New York, NY: Erlangga.
Supriono, P. (2016). Ensiklopedia The Heritage Of Batik Identitas Pemersatu Kebanggaan Bangsa. Yogyakarta: Andi.
Widiastuti, C., & Kristanto, M. (2015). Upaya Meningkatkan Kreativitas Seni Rupa Anak TK Melalui Kegiatan Batik Celup Pada Kelompok A di TK Arum Tegalwangi 26-31 Tegal. Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini Paudia Vol 4 (1), 45-58. Diakses dari http://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/1658/1373
Published
2022-10-31
How to Cite
SIMANJUNTAK, Anita Roslina et al. Pengaruh Kegiatan Membatik Terhadap Motorik Halus Anak Usia 5 – 6 Tahun di TK Liya III Surabaya. Sentra Cendekia, [S.l.], v. 3, n. 3, p. 159-164, oct. 2022. ISSN 2722-3094. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/view/3422>. Date accessed: 19 may 2025. doi: https://doi.org/10.31331/sencenivet.v4i3.3422.
Section
Articles