Penggunaan Literasi Bahasa di PAUD Sekar Nagari
Abstract
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan fondasi penting dalam perkembangan anak. Di PAUD Sekar Nagari, literasi bahasa menjadi salah satu fokus utama dalam pembelajaran. Literasi bahasa tidak hanya berkaitan dengan kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga mencakup kemampuan berkomunikasi, mendengarkan, dan memahami informasi. Artikel ini akan membahas beberapa aspek penggunaan literasi bahasa di PAUD Sekar Nagari, termasuk metode pengajaran, manfaat, tantangan, dan dampaknya terhadap perkembangan anak.
References
Annisa Trihastuti dkk., “Pengaruh Dongeng Dalam Peningkatan Emosi Positif Anak Usia Prasekolah,” Psikoislamika: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam 15, no. 2 (2018): 1, https://doi.org/10.18860/psi.v15i2.6736.
Asti Nur Hadianti, dkk. (2024) Literasi Anak Usia Dini: Optimalisasi Penggunaan Perpustakaan Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 (2): 289-299 (2024).
Bambang Trimansyah. (2020). Panduan Penulisan Buku Cerita Anak. Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Republik Indonesia.
Candra, S. (2018). Pelaksanaan Parenting Bagi Orang Tua Sibuk Dan Pengaruhnya Bagi Perkembangan Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 267. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i2.3475
Darmadi. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Desi, H. (2020). Mengembangkan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Literasi Perpustakaan di PAUD Hasannudin Majedi Banjarmasin. Jurnal of Linguistik and Literature, 1(2), 38.
Hasan, M. dkk. (2022). Implementasi Budaya Literasi Melalui Optimalisasi Perpustakaan di Sekolah Dasar. Jurnal Eduscience, 9(1), 122.
Ihwanul M dan Fakhri K. (2023). Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Literasi Bahasa Siswa SD. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia Volume: 3 | Nomor 1 | Mei 2023 E-ISSN: 2809-238X DOI: 10.47709/jbsi.v3i01.2560
M. Dahlan R. , Syntia Maulani Rizki , dan Muhammad Fahri. (2022) Dongeng Sebagai Sarana Meningkatkan Budaya Literasi Siswa Kelas 3 Kelurahan Sindang Barang. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol. 6, No. 3, 2022.
Nawawi, H. (2003). Manajemen SDM Untuk Bisnis yang Kompetitif. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Asti Nur Hadianti, dkk. (2024) Literasi Anak Usia Dini: Optimalisasi Penggunaan Perpustakaan Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 (2): 289-299 (2024).
Bambang Trimansyah. (2020). Panduan Penulisan Buku Cerita Anak. Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Republik Indonesia.
Candra, S. (2018). Pelaksanaan Parenting Bagi Orang Tua Sibuk Dan Pengaruhnya Bagi Perkembangan Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 267. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i2.3475
Darmadi. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Desi, H. (2020). Mengembangkan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Literasi Perpustakaan di PAUD Hasannudin Majedi Banjarmasin. Jurnal of Linguistik and Literature, 1(2), 38.
Hasan, M. dkk. (2022). Implementasi Budaya Literasi Melalui Optimalisasi Perpustakaan di Sekolah Dasar. Jurnal Eduscience, 9(1), 122.
Ihwanul M dan Fakhri K. (2023). Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Literasi Bahasa Siswa SD. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia Volume: 3 | Nomor 1 | Mei 2023 E-ISSN: 2809-238X DOI: 10.47709/jbsi.v3i01.2560
M. Dahlan R. , Syntia Maulani Rizki , dan Muhammad Fahri. (2022) Dongeng Sebagai Sarana Meningkatkan Budaya Literasi Siswa Kelas 3 Kelurahan Sindang Barang. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol. 6, No. 3, 2022.
Nawawi, H. (2003). Manajemen SDM Untuk Bisnis yang Kompetitif. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Published
2025-02-28
How to Cite
NISAK, Hanifatun; RAHAYU, Sri Setiyo.
Penggunaan Literasi Bahasa di PAUD Sekar Nagari.
Sentra Cendekia, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 33-38, feb. 2025.
ISSN 2722-3094.
Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/view/3719>. Date accessed: 21 mar. 2025.
doi: https://doi.org/10.31331/sencenivet.v6i1.3719.
Section
Articles