Sekolah Ramah Anak untuk Pendidikan Anak Usia Dini dengan Kebutuhan Khusus

  • Elizabeth Wahyu Margareth Indira Psikologi. Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Nerru Pranuta Murnaka Universitas Katolik Parahyangan, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Abstract

The United Nations Convention on the Rights of the Child (UNCRC) menyebutkan bahwa semua anak di dunia mempunyai hak untuk bertahan hidup, hak untuk berkembang, hak untuk memperoleh pendidikan dan hak untuk mendapatkan perlindungan. Salah satu poin dari UNCRC tersebut adalah pemenuhan hak anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi implementasi sekolah inklusif ramah anak untuk pendidikan anak usia dini di wilayah kota Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru pendidikan anak usia dini di Kota Semarang, Indonesia. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 70 guru pendidikan anak usia dini. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cara convenience sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data dimulai dari display data, reduksi data sampai dengan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam implementasi manajemen peserta didik, manajemen kurikulum, manajemen tenaga kependidikan dan manajemen sarana dan prasarana masih perlu adanya perbaikan dan pendampingan dari pihak dinas.

References

Al Kahar, AAD (2019). Pendidikan Inklusif Sebagai Gebrakan Solutif “Pendidikan untuk Semua.” Al-Riwayah?: Jurnal Kependidikan , 11 (1), 45–66. https://e-jurnal.iainsorong.ac.id/index.php/Al-Riwayah/article/view/182
Anastasya, D., Dewi, S., & Murnaka, N. (2015). Pengaruh Games Memorize Card Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Operasi Hitung Bilangan. Kreano, Jurnal Matematika, Jurnal.Unnes.Ac.Id. , 6 (2), 164–169. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v6i2.5010
Asri, DC, Mentari, A., & Murnaka, NP (2016). Analisis Minat Siswa terhadap Pembelajaran Geometri dengan Origami. Asian Mathematical Conference 2016 . https://doi.org/10.13140/RG.2.2.23045.60646
Bachri ,?Bachtiar S. (2010). Implementasi Pengembangan Content Curriculum dalam Proses Perencanaan Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(10).??
Dewi, AD, & Pratisti, WD (2022). Miopia pada Anak Kembar Penyayang Low vision. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 6 (5), 3981–3991. https://doi.org/DOI: 10.31004/obsesi.v6i5.2477
Dijck, J. Van, Poell, T., & Waal, M. De. (2018). Nilai-nilai Publik dalam Dunia yang Terhubung. Dalam The Platform Society (Vol. 13, Edisi 2, hlm. 226). NY: Oxford University Press. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/0973703019870883
Florian, L. (2008). Pendidikan Khusus atau Inklusif: Tren Masa Depan. British Journal of Special Education , 2 (1), 202–208. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/j.1467-8578.2008.00402.x
Gita, A., Yuniarti, N., & Murnaka, NP (2015). Penerapan Matematika Gasing pada Konsep Perkalian terhadap Minat, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar Siswa. Prosiding IICMA 2015 , 234–242.
Griffin, M.dan. (2015). Organisasi Perilaku Edisi 9 . Salemba Empat.
Hallahan, DP, & Kauffman, JM (1994). Anak-anak istimewa: pengantar pendidikan khusus (edisi ke-6). Allyn dan Bacon Publ. Company.
Havighurst, RJ, Kuhlen, RG, & Mcguire, C. (1998). Bab IV?: Pengembangan Kepribadian. Dalam Tinjauan Penelitian Pendidikan 17, No. 5 (hlm. 333–353). https://doi.org/https://doi.org/10.3102/00346543017005333.
Heward, WL (2003). Sepuluh Anggapan yang Salah tentang Pengajaran dan Pembelajaran yang Menghambat Efektivitas Pendidikan Khusus. Jurnal Pendidikan Khusus , 36 (4), 186–205. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/002246690303600401
Ibrahim, MA, Arifin, S., Yudistira, IGAA, Nariswari, R., Abdillah, AA, Murnaka, NP, & Prasetyo, PW (2022). Model AI yang Dapat Dijelaskan untuk Deteksi Ujaran Kebencian di Twitter Indonesia. Jurnal CommIT (Teknologi Komunikasi dan Informasi) , 16 (2), 175–182.
Indira, EWM, Pramono, S., Hermanto, A., Arbarini, M., & Murnaka, NP (2022). Implementasi Sekolah Inklusif Ramah Anak untuk Pendidikan Anak Usia Dini di Kota Semarang: Studi Kasus. Linguistik dan Budaya Tinjauan , 6 (6). https://doi.org/10.21744/lingcure.v6nS1.2076.
Kuyini, AB, & Desai, I. (2007). Sikap dan Pengetahuan Kepala Sekolah dan Guru tentang Pendidikan Inklusif sebagai Prediktor Praktik Pengajaran yang Efektif di Ghana. Jurnal Penelitian tentang Kebutuhan Pendidikan Khusus , 7 (2), 104–113. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/j.1471-3802.2007.00086.x
Leino, M. (2011). Sekolah Ramah Anak: Sebuah Ide Versus Realita. Dalam Problems of Education in the 21st Century 29 (hal. 82). http://www.scientiasocialis.lt/pec/files/pdf/vol29/82-88.Leino_Vol.29.pdf.
Longenecker, CO, Neubert, MJ, & Fink, LS (2007). Penyebab dan Konsekuensi Kegagalan Manajerial dalam Organisasi yang Berubah Cepat. Business Horizons , 50 (2), 145–155.
Marthan, LK (2007). Manajemen Pendidikan Inklusi . Dirjen Dikti.
Mockler, RJ (1972). Proses Pengendalian Manajemen . Appleton-Century-Crofts.
Muazza, M., Hadiyanto, H., Heny, D., Mukminin, A., Habibi, A., & Sofwan, M. (2018). Analisis Kebijakan Pendidikan Inklusi: Studi Kasus di Sekolah Dasar Jambi. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran , 2 (1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jk.v2i1.14968
Mudjito, Harizal, & Elfindri. (2013). Pendidikan Inklusif . Media Buruk.
Murnaka, N., Rusdarti, Rustono, & Sudana, I. (2021). Faktor-faktor Penentu Kinerja Guru. Jurnal NVEO-Natural Volatiles & Essential Oils , 8 (5), 12249–12260. https://www.nveo.org/index.php/journal/article/view/3539/3037
Nurgiantoro, B. (2018). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak . Pers UGM.
Paduppai, AM, Hardyanto, W., Hermanto, A., & Yusuf, A. (2019). Pengembangan sistem informasi manajemen dalam peningkatan kualitas layanan pendidikan dan android di era revolusi digital (Society 5.0 dan Revolusi Industri 4.0). Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) , 84–89.
Paduppai, AM, Hardyanto, W., Hermanto, A., & Yusuf, A. (2021). Peran Massive Open Online Courses (MOOC) dalam Pelatihan Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Fisioterapi dan Rehabilitasi Turki , XX (X).
Rahman, IS, Murnaka, NP, & Wiyanti, W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Laps (Logan Avenue Problem Solving)- Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Wacana Akademika , 2 (1), 48–60. https://doi.org/https://doi.org/10.30738/wa.v2i1.2556
Rosada, A. (2020). Efektivitas Terapi Cinta Empatik untuk Meningkatkan Kesejahteraan Subjektif dan Kesiapan Guru di Sekolah Inklusif. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam , 11 (2), 248–263. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v11i2.282.
Salahuddin, & Fakeha, S. (2017). Membangun Kelas Ramah Pembelajaran Inklusif: Kebutuhan Saat Ini. Jurnal Internasional Penelitian Reflektif dalam Ilmu Sosial , 1 (1), 10–17. https://www.reflectivejournals.com/download/4/1-1-4.pdf
Tarmansyah, S. (2007). INKLUSI: Pendidikan Untuk Semua . Dep. Pendidik. dan Kebud. RI.
Terry, GR (2016). Dasar-Dasar Manajemen . PT. Bumi Aksara.
Yuniarni, D., & Amalia, A. (2022). Pengembangan Buku Saku Panduan Layanan Inklusi untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 6 (6), 6710–6722. https://doi.org/DOI: 10.31004/obsesi.v6i6.3473
Zaenah, ER (2012). Anakku Jadi Lebih Empati Implementasi Pendidikan Inklusif Di Al Firdaus . PT. Tiga Serangkai.
Published
2025-02-26
How to Cite
INDIRA, Elizabeth Wahyu Margareth; MURNAKA, Nerru Pranuta. Sekolah Ramah Anak untuk Pendidikan Anak Usia Dini dengan Kebutuhan Khusus. Sentra Cendekia, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 10-17, feb. 2025. ISSN 2722-3094. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/view/3720>. Date accessed: 20 mar. 2025. doi: https://doi.org/10.31331/sencenivet.v6i1.3720.
Section
Articles