Pembiasaan Perilaku Hidup Sehat dan Tindakan Darurat sebagai Inisiasi Program Parenting di PAUD Alam Jungle School Semarang

  • Ririn Linawati Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia
  • Irna Anjarsari Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia
  • Atika Zahra Furi Prodi Pendidikan Jarak Jauh Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia

Abstract

Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) adalah sekumpulan perilaku yang dipraktikkan atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, yang menjadikan seseorang, keluarga atau masyarakat mampu mandiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam mewujudkan Kesehatan masyarakat. Pembelajaran pada anak usia dini harus bisa mengatasi masalah kesehatan yang mungkin timbul, sebagai Langkah awal untuk mendukung perkembangan secara bertahap serta membentuk generasi yang berdaya tahan tubuh kuat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang pelaksanaan perilaku hidup bersih dan sehat yang diterapkan pada siswa di PAUD ALAM JUNGLE SCHOOL sebagai upaya mewujudkan derajat kesehatan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, didapatkan bahwa perilaku hidup bersih dan sehat sudah diterapkan di PAUD ALAM JUNGLE SCHOOL. Para siswa secara rutin mencuci tangan dengan menggunakan sabun. Secara umum, siswa juga telah membiasakan diri untuk membuang sampah pada tempatnya. Kegiatan olahraga dilakukan sekali dalam seminggu. Setiap bulan, sekolah melakukan penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan, serta ada pemeriksaan Kesehatan rutin dari Puskesmas Sekaran. Semua siswa menggunakan fasilitas toilet yang disediakan sekolah untuk buang air besar dan kecil. Sekolah juga memiliki program makan siang dengan konsep katering sehat.

References

Abdurrahman. (2016). Akhlak: Menjadi Seorang Muslim Berakhlak Mulia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Anggrayni, Rice. Yayuk Winarsih, Supriyadi. (2023). Penagruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kesantunan Berbahasa Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6 (11), 8592-8596. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id.
Apriliani, E. I. (2019). Kesantunan Bahasa Anak Di Paud Mekar Sari Gondoriyo Kecamatan Jambu.
Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 1(2), 62. https://doi.org/10.35473/ijec.v1i2.358.
Asista, A. (2019). Kajian Pragmatik Terhadap Kesantunan Berbahasa Berbasis Kearifan Lokal Dalam Harian Umum Palembang Pos Sebagai Uapaya Penyusunan Bahan Ajar Menganalisis Isi Struktur Teks Negosiasi Bahasa Indonesia Kelas X di SMK. Wistata: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(2), 142–152.
Chaer, Abdul. (2015). Linguistik Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Danar. (2022). Era Digital, Kesantunan Berbahasa Terkikis. Krjogja.Com. https://www.krjogja.com/pendidikan/read/471225/era-digital-kesantunan-berbahasa-terkikis.
Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=532029.
Hidayat, Wahyu. 2020. Metode Keteladanan Dan Urgensinya Dalam Pendidikan Akhlak Menurut Perspektif. Abdullah Nashih Ulwan. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam 5 (2), 113-135. https://journal.unugiri.ac.id/index.php/al-ulya/article/view/1797/1061.
Kamus Besar Bahasa Indonesia VI. 2023. https://kbbi.kemdikbud.go.id/ .
Leech, Geoffrey. (1996) . Prinsip-Prinsip Pragmatik. Jakarta: Gramedia.
Majid, Abdul. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Maswardi, & Amin, M. (2015). Pendidikan Karakter Anak Bangsa (2nd ed.). Calpulis. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1166890.
Melia. (2019). Prinsip Kesantunan Berbahasa Siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa, 8 (1) 110-123.
Muchtar, Heri Jauhari. (2005). Fikih Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mulyani, L., Dirsa, A., Samta, S.R. (2024). Pelaksanaan Program Parenting di Pendidikan Anak Usia Dini. Sentra Cendekia. DOI: https://doi.org/10.31331/sencenivet.v4i3.2835
Otto, Berverly. (2015). Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Poerwadarminta, W.J.S. (2010). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Pranowo. (2012). Berbahasa Secara Santun. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Slavin, Robert E. (2011). Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Soeparno. (2002). Dasar-dasar Linguistik Umum (1st ed.). Tirta Wacana. http://library.fip.uny.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=2067.
Widodo. 2022. Kesantunan Berbahasa Terhadap Anak Usia Dini Dalam Meningkatkan Komunikasi Di Media Sosial. Jurnal Citra Dimensi 1 (1), 34-43. https://ojs.itb-ad.ac.id.
Zamzani, Musfiroh, T., Maslakhah, S., Listiyorini, A., & Rahayu, Y. E. (2012). Pengembangan Alat Ukur Kesantunan Bahasa Indonesia dalam Interaksi Sosial Formal Bersemuka. 17
Published
2025-02-28
How to Cite
LINAWATI, Ririn; ANJARSARI, Irna; FURI, Atika Zahra. Pembiasaan Perilaku Hidup Sehat dan Tindakan Darurat sebagai Inisiasi Program Parenting di PAUD Alam Jungle School Semarang. Sentra Cendekia, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 46-54, feb. 2025. ISSN 2722-3094. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/view/3749>. Date accessed: 21 mar. 2025. doi: https://doi.org/10.31331/sencenivet.v6i1.3749.
Section
Articles