Efektivitas Pengenalan Pembelajaran Nilai-Nilai Agama Dan Moral Melalui Alat Permainan Edukatif Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Kb Cahaya Embun Kec. Pangkah Kab. Tegal

  • Umi Pertiwi Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia
  • Tri Leksono Prihandoko Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia
  • Dyah Kusbiantari Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas alat permainan edukatif dalam pengenalan pembelajaran nilai-nilai agama dan moral pada anak usia 5-6 tahun di KB Cahaya Embun. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini kualitatif dengan pendekatan deskriptif dimana peneliti mewawancarai dan mengobservasi langsung narasumber, yang berjumlah 15 anak didik KB Cahaya Embun dan 1 pendidik sebagai walikelas Gajah A1. Penggunaan alat permainan edukatif yang dikatakan efektif dalam pembelajaran dapat dilihat dari beberapa aspek; diantaranya: aktifitas anak selama pembelajaraan berlangsung, respon anak dan tercapainya indikator pembelajaran nilai-nilai agama dan moral pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menunjukan jika anak anak mampu belajar agama dengan lebih efektif dan menyenangkan serta mencapai sejumlah indikator pembelajaran yang telah ditentukan sebelumnya setelah melakukan kegiatan belajar agama menggunakan alat permainan edukatif

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makasar: CV. Syakir Media Press.
Adhayani, A. (2020). Metode Observasi dalam Penelitian Kualitatif. Metode kualitatif, 1-14.
Afifatu, R. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9, April.
Anggito, A. d. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.
Habibah, N. (2021). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAGI ANAK USIA DINI SAAT. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 32-42.
Hartomo, N. D. (2021, september 21). Mengenal Alat Permainan Edukatif: Fungsi, Manfaat, Kriteria, dan Kedudukannya dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. (Kompasiana, Ed.)
Ibrahim, E. (2021, september 22). Fungsi dan Karakteristik Alat Permainan Edukatif (APE) pada Perkembangan Anak Usia Dini. (Kompasiana, Ed.)
Khasanah, L. U. (2022, februari 09). Teknik Analisis Data Penelitian Deskriptif Kualitatif. (A. W. Davita, Ed.) Teknis Analisa Data .
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuatitatif. Badung: CV. Alfabeta.
Published
2025-06-30
How to Cite
PERTIWI, Umi; PRIHANDOKO, Tri Leksono; KUSBIANTARI, Dyah. Efektivitas Pengenalan Pembelajaran Nilai-Nilai Agama Dan Moral Melalui Alat Permainan Edukatif Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Kb Cahaya Embun Kec. Pangkah Kab. Tegal. Sentra Cendekia, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 94-97, june 2025. ISSN 2722-3094. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/view/3928>. Date accessed: 15 july 2025. doi: https://doi.org/10.31331/sencenivet.v6i2.3928.
Section
Articles