Efektivitas Pengenalan Pembelajaran Nilai-Nilai Agama Dan Moral Melalui Alat Permainan Edukatif Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Kb Cahaya Embun Kec. Pangkah Kab. Tegal
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas alat permainan edukatif dalam pengenalan pembelajaran nilai-nilai agama dan moral pada anak usia 5-6 tahun di KB Cahaya Embun. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini kualitatif dengan pendekatan deskriptif dimana peneliti mewawancarai dan mengobservasi langsung narasumber, yang berjumlah 15 anak didik KB Cahaya Embun dan 1 pendidik sebagai walikelas Gajah A1. Penggunaan alat permainan edukatif yang dikatakan efektif dalam pembelajaran dapat dilihat dari beberapa aspek; diantaranya: aktifitas anak selama pembelajaraan berlangsung, respon anak dan tercapainya indikator pembelajaran nilai-nilai agama dan moral pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menunjukan jika anak anak mampu belajar agama dengan lebih efektif dan menyenangkan serta mencapai sejumlah indikator pembelajaran yang telah ditentukan sebelumnya setelah melakukan kegiatan belajar agama menggunakan alat permainan edukatif
References
Adhayani, A. (2020). Metode Observasi dalam Penelitian Kualitatif. Metode kualitatif, 1-14.
Afifatu, R. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9, April.
Anggito, A. d. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.
Habibah, N. (2021). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAGI ANAK USIA DINI SAAT. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 32-42.
Hartomo, N. D. (2021, september 21). Mengenal Alat Permainan Edukatif: Fungsi, Manfaat, Kriteria, dan Kedudukannya dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. (Kompasiana, Ed.)
Ibrahim, E. (2021, september 22). Fungsi dan Karakteristik Alat Permainan Edukatif (APE) pada Perkembangan Anak Usia Dini. (Kompasiana, Ed.)
Khasanah, L. U. (2022, februari 09). Teknik Analisis Data Penelitian Deskriptif Kualitatif. (A. W. Davita, Ed.) Teknis Analisa Data .
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuatitatif. Badung: CV. Alfabeta.