Strategi Guru PAUD dalam Membangun Bahasa Ekspresif dan Empati Anak Melalui Cerita Islami

  • Hanifatun Nisak PJJ PG PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, Indonesia
  • Mu'minatul Habibah Prodi PGMI, Fakultas Agama Islam, Universitas Ivet, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru PAUD dalam membangun bahasa ekspresif dan empati anak melalui cerita Islami di tiga lembaga pendidikan anak usia dini di daerah Mangkang. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa dari TK Tunas Rimba (29 anak, 5 guru), TK Gunung Jati Baru (28 anak, 5 guru), dan RA MANDA (80 anak, 10 guru). Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan berbagai strategi seperti storytelling interaktif, role playing, diskusi reflektif, dan penggunaan media visual dalam penyampaian cerita Islami. Strategi-strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak melalui peningkatan kosakata, kemampuan bercerita, dan komunikasi verbal. Selain itu, empati anak berkembang melalui pemahaman karakter dalam cerita, kemampuan mengenali emosi, dan perilaku prososial. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa cerita Islami menjadi media yang efektif untuk mengembangkan bahasa ekspresif dan empati anak ketika disampaikan dengan strategi yang tepat dan terintegrasi dengan nilai-nilai moral agama.

References

Creswell, J. W. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). Sage Publications.
Dhieni, N., Fridani, L., Yarmi, G., & Kusniati, E. (2018). Metode pengembangan bahasa. Universitas Terbuka.
Fadlillah, M. (2019). Buku ajar bermain dan permainan anak usia dini. Kencana.
Isjoni. (2018). Model pembelajaran anak usia dini. Alfabeta: Bandung.
Mulyasa, E. (2021). Strategi pembelajaran PAUD. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Nurgiyantoro, B. (2018). Penilaian pembelajaran bahasa berbasis kompetensi. BPFE.
Nisak, H., & Rahayu, S. S. (2025). Penggunaan Literasi Bahasa di PAUD Sekar Nagari. Sentra Cendekia, 6(1), 33–38. https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/view/3719%0Ahttps://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/download/3719/2561
Papalia, D. E., Feldman, R. D., & Martorell, G. (2020). Human development (13th ed.). McGraw-Hill.
Rahim,H., & Rahiem, M. D. H. (2012). The Use of Stories as Moral Education for Young Children. International Journal of Social Science and Humanity, 2(6), 254.
Santrock, J. W. (2018). Life-span development (17th ed.). McGraw-Hill Education.
Sari, M., & Purnama, S. (2020). Pengaruh storytelling terhadap perkembangan empati anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 566-575.
Samta, R. S & Karmila, M. (2016). Analisis Nilai Moral Kisah Teladan Dalam Majalah Tawakal Di Ra Manda Ngaliyan Semarang Semester Gasal Tahun Ajaran 2016/2017. Paudia, 5(2). https://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/1649/0
Susanto, A. (2019). Pendidikan anak usia dini: Konsep dan teori. Bumi Aksara: Jakarta.Nisak, H., & Rahayu, S. S. (2025). Penggunaan Literasi Bahasa di PAUD Sekar Nagari. Sentra Cendekia, 6(1), 33–38.
Published
2025-06-30
How to Cite
NISAK, Hanifatun; HABIBAH, Mu'minatul. Strategi Guru PAUD dalam Membangun Bahasa Ekspresif dan Empati Anak Melalui Cerita Islami. Sentra Cendekia, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 98-104, june 2025. ISSN 2722-3094. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/view/3938>. Date accessed: 25 july 2025. doi: https://doi.org/10.31331/sencenivet.v6i2.3938.
Section
Articles