Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Dalam Meningkatkan Perilaku Prososial Kelas X TAV Di SMK Negeri 1 Semarang
Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok
Abstract
Perilaku prososial yang menurun pada remaja dapat dilihat pada rendahnya perilaku tolong menolong, berbagi, dan bekerjasama, antara remaja dengan remaja, orang lain, orang tua, maupun masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah efektif layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan perilaku prososial siswa kelas X TAV di SMK Negeri 1 Semarang. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Eksperimen. Design yang digunakan adalah One Group Pre-Test Post-Test Design. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling atau sampel bertujuan, sampel yang diambil adalah 6 siswa yang rendah perilaku prososialnya. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala likert. Alat yang digunakan adalah skala perilaku prososial yang telah diujikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotetis H_1 diterima sedangkan hipotetis H_0 ditolak.Ini terbukti dengan hasil analisis data dengan menggunakan uji paired sample t test pretest diperoleh 99,67 dan posttest 114,17. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama efektif dalam meningkatkan perilaku prososial siswa kelas X TAV SMK Negeri 1 Semarang. Dengan demikian penelitian ini menyarankan agar layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat digunakan untuk membantu meningkatkan perilaku prososial siswa.
References
Hidayati, Indah, Mulawarman, Awaliya. 2017. “Meningkatkan Regulasi Emosi Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama.” IJGC UNNES 6:bimbingan dan Konseling.
kartikawati, Dwiana, Awaliya, Mungin. 2017. “Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Karakter Cinta Damai SiswaNo Title.” IJGC UNNES 6(Bimbingan dan Konseling):14.
Kiftiyah Ririrs Novita. 2017. “Meningkatkan Kemampuan Prososial Sisw SD Melalui Layanan Informasi Dengan Teknik Bibliotherapy.” IJGC UNNES 6.
Kusumaningrum, Elza, and Noviyanti Kartika Dewi. 2017. “Perbedaan Perilaku Prososial Dan Self Awareness Terhadap Nilai Budaya Lokal Jawa Di Tinjau Dari Jenis Kelamin Pada Siswa Sma Kyai Ageng Basyariyah Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun.” Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling.
Munawaroh, Sya’adatul, and M. Rajab Lubis. 2017. “Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Kelas Viii Mtsn 2 Medan.” JURNAL DIVERSITA.
Prayitno. 2017. Layanan Bimbingan Kelompok Dan Konseling Kelompok.
Retno Winarlin, Blasius Boli Lasan, Widada. 2016. “Efektivitas Teknik Sosiodrama Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Perilaku Agresifverbal Siswa Smp.” IJGC UNNES 2(Bimbingan Kelompok):68–74.
Suharni, Suharni, and Beny Dwi Pratama. 2017. “Pemberian Layanan Bimbingan Pribadi Sosial Dalam Menumbuhkan Perilaku Prososial Anak Usia Dini.” Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling.