Peningkatan Sikap Religius Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Media Film Di Kelas VIII SMP Negeri 19 Semarang

  • muh shofi yuddin Universitas Ivet

Abstract

Latar belakang masalah adalah masih adanya beberapa siswa yang memiliki karakter yang rendah. Tentunya hal ini harus menjadi perhatian bagi pihak sekolah. Karena di khawatirkan akan mengganggu proses belajarnya dan juga kehidupan bersosialnya. Tujuan penelitian ini adalah 1. Mendeskripsikan keadaan karakter siswa-siswi di SMP Negeri 19 Semarang; 2. Mendeskripsikan efektivitas layanan Bimbingan Kelompok dalam pembentukan karakter siswa di SMP Negeri 19 Semarang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK), di lakukan dua Siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-H SMP Negeri 19 Semarang yang terdiri dari 8 siswa yaitu 4 laki-laki dan 4 perempuan, serta Guru SMP Negeri 19 Semarang yang bernama Ibu Maryati S. Pd. Hasil penelitian berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti adalah dari hasil angket prasiklus presentase siswa mendapat 48,2% dan ada dalam kategori cukup. Hasil angket pascasiklus presentase siswa mendapat 75,8% dan masuk dalam kategori baik. ini menunjukkan adanya perubahan dari prasiklus sampai ke pascasiklus dengan perubahan presentase sebesar 27,6%. Hasil observasi layanan Bimbingan Kelompok pada siklus I yaitu sebesar 51,85% dan pada siklus II yaitu sebesar 73,7%, belum mencapai indikator keberhasilan sebesar 75%. Simpulan berdasarkan hasil penelitian yaitu dengan dilakukannya layanan Bimbingan Kelompok dapat memberikan perubahan yang baik bagi karakter siswa di SMP Negeri 19 Semarang dilihat dari total presentase prasiklus dan pascasiklus. Layanan Bimbingan Kelompok belum efektif karena hanya mendapat presentase sebesar 73,7% pada akhir siklus II, ini belum mencapai indikator keberhasilan.

References

Ancok, Djamaludin. 2000. “PSikologi Dan Tantangan Milenium Ketiga: Dampak Teknologi Internet Pada Kehidupan Manusia Dan Pengelolaan Institusi Pendidikan Psikologi.” Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi.
Arikunto, Suharsimi. 2006. “Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktik.” Jakarta: Rineka Cipta.
Lickona, T. 2012. Mendidik Untuk Membentuk Karakter. Bandung: Bumi Aksara.
Ramdani, Emi, and Marzuki Marzuki. 2019. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Terhadap Sikap Religius Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan.
Yusuf, Syamsu, and Juntika Nurihsan. 2007. Landasan Bimbingan Dan Konseling.
Hidayat, R. (2006). Pengembangan Program Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Penyesuaian Sosial Siswa. Disertasi. Unpublished. Disertasi Doktor pada PPS UPL Bandung.
Published
2020-12-19
How to Cite
YUDDIN, muh shofi. Peningkatan Sikap Religius Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Media Film Di Kelas VIII SMP Negeri 19 Semarang. Emphaty Cons - Journal of Guidance and Counseling, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 35-40, dec. 2020. ISSN 2656-9655. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/emp/article/view/1469>. Date accessed: 17 jan. 2025.
Section
Articles