Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Relaksasi Terhadap Kesiapan Mental Atlit Bola Voli Dalam Menghadapi Pertandingan Pada Tim Mitra Kencana Semarang
Abstract
Keterampilan menurut Vealey (Komarudin, 2016) adalah kualitas yang ingin dicapai. Sedangkan metode mencakup prosedur dan teknik yang berkaitan erat dengan peningkatan Keterampilan. Keterampilan dapat dibagikan menjadi tiga bagian yaitu Keterampilan dasar (foundation skills), Keterampilan performa (performance skills) dan Keterampilan fasilitatif (facilitative skills).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik relaksasi terhadap kesiapan mental atlit bola voli dalam menghadapi pertandingan pada tim Mitra Kencana Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. sampel yang diambil adalah 8 atlit yang rendah kesiapan mentalnya. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala likert. Berdasarkan hasil uji diketahui bahwa pengaruh layanan BKp terhadap kesiapan mental adalah sebesar 9,4%. Serta pada uji t diketahui nilai dengan nilai signifikansi 0,460 > 0,05, maka ditolak dan diterima, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel layanan bimbingan kelompok (X) terhadap variabel kesiapan mental (Y).
References
Komarudin. 2016. Psikologi Olah Raga. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Nurcahyani, Istiana, And Lutfi Fauzan. 2016. “Efektivitas Teknik Relaksasi Dalam Konseling Kelompok Behavioral Untuk Menurunkan Stres Belajar Siswa Sma.” Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling.
Prayitno. 2017. Layanan Bimbingan Kelompok Dan Konseling Kelompok.
Romlah, Tatiek. 2006. Teori Dan Praktek Bimbingan Kelompok.
Suyono, Dkk. 2016. “Keefektifan Teknik Relaksasi Untuk Menurunkan Stres Akademik Siswa SMA.” Jurnal Pendidkan Humaniora.