Meningkatkan Kemampuan Kognitif melalui Penerapan Metode Eksperimen Menggunakan Media Loose Parts pada Anak Kelompok B

  • Atika Zahra Furi Universitas Ivet

Abstract

Usia emas atau golden age  merupakan  usia yang efektif untuk mengembangkan potensi yang dimiliki anak. PAUD adalah  tempat belajar dan bermain bagi anak usia dini sebelum memasuki jenjang selanjutnya yaitu Sekolah Dasar. Salah satu kemampuan yang penting untuk dikembangkan adalah kemampuan kognitif. Kemampuan kognitif yang rendah pada anak kelompok B menjadi masalah yang dihadapi guru. Penelitian ini bertujuan untuk  meningkatan kemampuan kognitif pada anak kelompok B (5-6 tahun) Pos PAUD Melati Kalinyamat Kulon Kota Tegal melalui penerapan  metode eksperimen menggunakan  media Loose Parts. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdapat perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini menunjukkan bahwa melalui kegiatan pembelajaran yang dikemas menarik menggunakan media loose parts  dengan benda yang disesuaikan dengan tema sebagai sumber belajar terbukti mampu meningkatkan kemampuan kognitif  anak, dapat terlihat dari hasil pengamatan. Pada siklus I diperoleh hasil 52% dan peningkatan kemampuan pembelajaran kognitif  pada siklus II diperoleh hasil 81%, dengan hasil tersebut menujukkan bahwa penelitian ini berhasil karena melebihi target indikator penelitian sebesar 80%. Berdasarkan penelitian tersebut disarankan pada semua guru dapat memberikan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan anak dengan menggunakan media loose parts yang berada di sekeliling kita. Guru juga hendaknya mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan bagi anak.

References

Acep Yoni. (2010). Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia.
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Ali Nugraha. (2005). Pengembangan Pembelajaran Sains pada Anak Usia Dini. Departemen Pendidikan Nasional.
Destira Shandi. (2013). Pengaruh Penerapan Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan Sains Anak Kelompok B di TK ABA III Nganjuk. Jurnal PAUD.

Depdiknas. 2008. Model Pembelajaran Berbasis Alam Pendidikan Anak Usia Dini Formal dan Non Formal. Diambil pada tanggal 4 Mei 2012, Dari http://www.sribd.com/doc/33666826/Model.PAUD.Berbasis Alam.

Dian Mirabella, W.P, dkk. 2016. Loose Parts Play Merangsang Kemampuan Main Pembelajaran Anak Usia Dini Di Era Sociaty 5.0. Universitas PGRI Semarang. Kumpulan Artikel Mahasiswa Universitas PGRI Semarang.

Haryati Sri. 2020. Penggunaan Loose Parts Dalam Pembelajaran di PAUD. Dalam Orientasi Teknik Penerapan STEAM dan Loose Parts Bagi Pendidik PAUD ( In House Training ) Tegal Tahun 2020. PP PAUD Dan Dikmas Jateng.

Hastuti Dwi Puji, dkk. 2014. Penerapan Metode eksperimen Melalui Pengenalan sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Anak Kelompok B TK Mandiri Gondang Sragen. Hasil Penelitian Universitas sebelas maret Tahun 2014.

Jiwaningrum Susmiyati, dkk. 2014. Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Alam Untuk Pengembangan Kognitif Anak Usia 5 – 6 Tahun. Hasil penelitian Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan Masyarakat, Volume 1- Nomor 2, Tahun 2014.

Patmonodewo, Soemiarti, 2003, Pendidikan Anak Prasekolah, Jakarta: Reneka Cipta

Purnami Dewi A S, dkk. 2016. Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan kemampuan Kognitif Anak Usia 4 – 5 Tahun Tk Siwa

Dharma Banyuning Singaraja. Hasil Penelitian jurusan pendidikan Guru PAUD, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia Tahun 2016.

Rudi Yono, Y. 2020. Penerapan STEAM Untuk Anak Usia Dini. Dalam Orientasi Teknik Penerapan STEAM dan Loose Parts Bagi Pendidik PAUD ( In House Training ) Tegal Tahun 2020. PP PAUD Dan Dikmas Jateng.
Solichah, 2014. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Dengan Metode Eksperimen Melalui permainan Sains Kelompok B TK Hang Tuah 10 Sidoarjo. Hasil penelitian Universitas Surabaya Tahun 2014

Sujiono Y.N. 2009. Metode Pengembangan Kognitif (PGTK2101) Jakarta : Universitas Terbuka.

Trimulyati, 2011. Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B TK PKK 7 Plingisin Kraton Pasuruan. Kumpulan Abstrak Hasil Penelitian Universitas Negeri Malang Tahun 2011.

Wahyuni, C. A. 2012. Penerapan Metode Eksperimen Pencampuran Warna Dengan Media Ampas Kelapa Untuk Meningkatkan Kognitif Anak Kelompok A di TK Satu Atap SDN C Ankring Malang 3 Beji Pasuruan. Kumpulan Abstrak Hasil Penelitian Universitas Negeri Malang Tahun 2012.

Widyawati Farida, 2020. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Dalam Orientasi Teknik Penerapan STEAM dan Loose Parts Bagi Pendidik PAUD ( In House Training ) Tegal Tahun 2020. PP PAUD Dan Dikmas Jateng.
Wina Sanjaya. (2009). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Winda Gunarti, dkk. (2008). Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.
Yuliani Nurani Sujiono. (2011). Konsep Dasar PAUD. Jakarta: Indeks.
Yunato, A.H. 2013. Penerapan Metode Bermain Bowing Aritmatika Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif. Skripsi (online) Tersedia Pada : http://www.lib.unnes.ac.id/19771/1/160110004.pdf (diakses pada tanggal 20 Juni 2016).
Published
2021-03-10
How to Cite
FURI, Atika Zahra. Meningkatkan Kemampuan Kognitif melalui Penerapan Metode Eksperimen Menggunakan Media Loose Parts pada Anak Kelompok B. Emphaty Cons - Journal of Guidance and Counseling, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 7-19, mar. 2021. ISSN 2656-9655. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/emp/article/view/1612>. Date accessed: 18 may 2024.
Section
Articles