Upaya Pengembangan Layanan Konseling Melalui Media Web E-Cons (Eword Counseling) Sebagai Pengkatan Layanan Bimbingan dan Konseling

Pengembangan Layanan Konseling Melalui Media Web E-Cons (Eword Counseling)

  • Ifanur Azlidah Universitas Ivet
  • Sri Sayekti Universitas Ivet
  • Tri Leksono Universitas Ivet

Abstract





Tujuan penelitian ini adalah 1). Mengembangkan sistem pemberian layanan dalam Bimbingan dan Konseling  yang secara langsung dapat terhubung antara konseli dengan konselor dengan jarak jauh. 2). Mengetahui kualitas sistem pemberian layanan Bimbingan dan konseling  yang telah dikembangkan.Penelitian Research and Development (R & D), dengan menggunakan metode pengembangan perangkat lunak waterfall, yang meliputi: analisis, perancangan, implementasi, dan pengujian. Sistem yang telah dibuat kemudian diuji berdasarkan ISO 9126, pada aspek usability, functionality dan portability. Subjek  penelitian ini adalah mahasiswa semester IV jurusan Bimbingan dan Konseling Universitas IVET Semarang yang berjumlah 19 mahasiswa, sebagai responden pengujian usability dan software sebagai pengujian functionality. Sedangkan pada aspek portability menggunakan empat web browser untuk pengujian.Hasil penelitian ini adalah sistem pemberian layanan Bimbingan dan Konseling (konseling jarak jauh) berbasis WEB  yang telah melalui pengujian pada aspek functionality yang menghasilkan presentase 93,93% (sangat baik), aspek usability menghasikan persentase sebesar 84,42% (sangat setuju), aspek portability menggunakan 4 web browser, hasilnya perangkat lunak dapat berjalan tanpa error       sehingga memenuhi aspek portability.





Published
2022-02-23
How to Cite
AZLIDAH, Ifanur; SAYEKTI, Sri; LEKSONO, Tri. Upaya Pengembangan Layanan Konseling Melalui Media Web E-Cons (Eword Counseling) Sebagai Pengkatan Layanan Bimbingan dan Konseling. Emphaty Cons - Journal of Guidance and Counseling, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 1-10, feb. 2022. ISSN 2656-9655. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/emp/article/view/2028>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles