Efektivitas Cinema Therapy dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Self-Efficacy Karir Siswa Kelas 12 SMK Teuku Umar Semarang

bimbingan kelompok untuk Meningkatkan Self-Efficacy Karir

  • khusnul khotimah Universitas Ivet
  • Sri Redjeki Universitas Ivet
  • Tri Leksono Prihandoko Universitas Ivet

Abstract

Tugas guru BK atau konselor sekolah yaitu membantu siswa untuk mempunyai keyakinan individu akan kemampuannya melakukan tugas-tugasnya dalam pemilihan dan perencanaan karir. Berdasarkan hasil AKPD yang didapatkan oleh guru BK SMK Teuku Umar masih terdapat beberapa siswa yang kesulitan dalam merencanakan karir. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan efektivitas cinema therapy dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan self-efficacy karir siswa kelas 12 SMK Teuku Umar Semarang.Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif eksperimen. Yaitu dengan menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil penelitian ini adalah (1) Cinema therapy dalam bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan self efficacy kakrir siswa SMK Teuku Umar, terbukti pada pair 1 nilai mean pada post-test kelas eksperimen yaitu 87,00 lebih besar dari nilai nilai pre-test kelas eksperimen yaitu 60,80. Sedangkan pada pair 2 nilai mean pada post-test kelas kontrol yaitu 82,80 lebih besar dari nilai pre-test kelas kontrol yaitu 60,50. (2). Cinema therapy dalam bimbingan kelompok efektif dibanding bimbingan kelompok tanpa cinema therapay, terbukti pada pengujian t-test jumlah mean post-test kelas eksperimen (87,00) lebih besar dari post-test kelas kontrol (82,80).

References

Capron Puozzo, Isabelle and Catherine Audrin. 2021. “Improving Self-Efficacy and Creative Self-Efficacy to Foster Creativity and Learning in Schools.” Thinking Skills and Creativity 42.
DAK Handayani. 2018. “Improving The Satisfaction of Guidance and Counseling Services through Quality of Service, Service Requests, and Service Value.” Journal of Educational Development 6.3:356–68.
Deepublish. 2021. “Teknik Pengambilan Sampel Dalam Penelitian.” Penerbitbukudeepublish.
Erlangga, Erwin. 2017. “Bimbingan Kelompok Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa.” Psympathic?: Jurnal Ilmiah Psikologi.
Hayati, Rina. 2019. “Pengertian Penelitian Kuantitatif, Macam, Ciri, Dan Cara Menuliskannya.” 21 Mei 2019.
Imam M, Banun S, Elfi R). 2019. “Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Berbasis Multikultur.” Emphaty Cons 1.
Normanita, Ricka Wenys, Kusnarto Kurniawan, and Eko Nusantoro. 2018. “Meningkatkan Interaksi Sosial Dengan Teman Sebaya Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Cinematherapy.” Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application 7(3).
Peura, Pilvi, Tuija Aro, Eija Räikkönen, Helena Viholainen, Tuire Koponen, Ellen L. Usher, and Mikko Aro. 2021. “Trajectories of Change in Reading Self-Efficacy: A Longitudinal Analysis of Self-Efficacy and Its Sources.” Contemporary Educational Psychology 64.
Sari, Dewi Rintan. 2020. “Cinema Therapy Untuk Meningkatkan Academic Self-Efficacy Siswa Kelas XI-IPS SMA Negeri 4 Bojonegoro.” Jurnak BK UNESA 11(1).
Sugiono, P. D. 2014. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif.Pdf.” Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.
Sugiyono, P. Dr. 2019. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D (Cetakan Ke 26).
Sulistyorini, Utami Tri. 2017. “Metode Penelitian Analisis Kausal-Regresi.” Politeknik Negeri Semarang.
Published
2022-08-17
How to Cite
KHOTIMAH, khusnul; REDJEKI, Sri; PRIHANDOKO, Tri Leksono. Efektivitas Cinema Therapy dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Self-Efficacy Karir Siswa Kelas 12 SMK Teuku Umar Semarang. Emphaty Cons - Journal of Guidance and Counseling, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 1-6, aug. 2022. ISSN 2656-9655. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/emp/article/view/2226>. Date accessed: 28 nov. 2022.
Section
Articles