Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Kejenuhan Mahasiswa

Pembelajaran Daring

  • Aulivia Melasani Universitas Ivet
  • Dwi Asih Kumala Handayani Universitas Ivet
  • YM Indarwati Rahayu Universitas Ivet

Abstract

Sejak  covid-19 semua pembelajaran dilakukan secara daring, dilakukan dirumah melalui media sosial,pembelajaran daring saat ini masih menjadi solusi selama covid-19 namun memiliki kendala, yaitu perubahan yang terjadi pada mahasiswa, awalnya diterima dengan baik namun berjalannya waktu menimbulkan kejenuhan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasional, Tujuan penelitian ini ialah untuk membuktikan apakah ada pengaruh pembelajaran daring dengan kejenuhan mahasiswa bimbingan dan konseling Universitas Ivet tahun akademik 2020. Populasi dan sampel penelitian ini ialah mahasiswa bimbingan dan konsling ssemester 2 berjumlah 66 mahasiswa. Alat pengumpulan data yang digunakan ialah angket dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan SPSS  21, analisa data menggunakan uji deskriptif,  product moment dan uji regresi berganda.  Hal yang di peroleh pada penelitian ini ialah adanya pengaruh pembelajaran daring terhadap kejenuhan mahasiswa. Hal ini diketahui berdasarkan hasil analisis korelasi product moment sebesar 0,544 dan nilai sig sebesar 0,000 artinya terdaapat pengaruh antara pembelajaran daring dengan kejenuhan mahasiswa bk Universitas Ivet tahun akademik 2020, karena nilai p < dari 0,05 (0,000< 0,05), artinya semakin sering dilakukan pembelajaran daring maka semakin rendah kejenuhan mahasiswa. Koefisien regrsi pembelajaran daring sebesar 0,689 artinya jika variable pembelajaran daring naik maka kejenuhan mahasiswa mengalami penurunan . Maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran daring (X) terhadap kejenuhan mahasiswa (Y).

References

-, Suharni and Purwanti -. 2019. “UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA.” G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling 3(1).
Andriani, Rike and Rasto Rasto. 2019. “Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 4(1).
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Penelitian.
Festiawan, Rifqi. 2020. “Belajar Dan Pendekatan Pembelajaran.” 2020.
Handayani DAK et.all. 2021. “Comparative Study of Student Leadership Attitudes and Discipline Attitudes.” Universal Journal Of Edicational Research 9:53–59.
Jayul, Achmad, Edi Irwanto, Prodi Pendidikan, Jasmani Kesehatan, and Dan Rekreasi. 2020. “Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani Di Tengah Pandemi Covid-19.” Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi 6(2).
Kemdikbud, pengelola web. 2020. “Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah.” Jakarta, 28 Mei 2020.
Kemendikbud, Humas Ditjen Pendidikan Tinggi. 2020. “Praktik Baik Pembelajaran Daring Di Perguruan Tinggi Masa Pandemi Covid-19.” Siaran Pers Nomor?: 030/Sipers/IV/2020.
Lomu, Lidia and Sri Adi Widodo. 2018. “Pengaruh Motivasi Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia 0(0).
Rahayu, Mardiyatun Mugi. 2015. “Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Journal of Elementary Education 4(1).
Sardiyanah, Sardiyanah. 2020. “BELAJAR DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA.” Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan 7(1).
Sugiono. 2016. “Metode Penelitan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.” Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, P. Dr. 2019. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D (Cetakan Ke 26).
Published
2022-08-17
How to Cite
MELASANI, Aulivia; HANDAYANI, Dwi Asih Kumala; RAHAYU, YM Indarwati. Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Kejenuhan Mahasiswa. Emphaty Cons - Journal of Guidance and Counseling, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 7-12, aug. 2022. ISSN 2656-9655. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/emp/article/view/2227>. Date accessed: 28 nov. 2022.
Section
Articles