Pengaruh Layanan Informasi terhadap Pemahaman Karir Siswa
Layanan Informasi
Abstract
Memiliki pemahaman karir bagi siswa sangatlah penting karena dengan memiliki pemahaman karir, siswa dapat mempersiapkan diri dalam mengembangkan potensi atau bakat yang dimiliki, menentukan karir yang ingin dituju, serta membuat rencana berkarir dalam kehidupanya. Pemberian layanan informasi dengan topik tentang karir dapat membantu siswa memiliki pemahaman karir serta mengurangi tingkat pengangguran kedepannya. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan bagaimana pengaruh layanan inormasi terhadap pemahaman karir siswa kelas VIII Mts Tajul Ulum. (2) Mendeskripsikan seberapa besar pengaruh layanan informasi karir terhadap pemahaman karir siswa kelas VIII Mts Tajul Ulum. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan konsep penelitian ex post facto. Dengan populasi berjumlah 208 siswa. Dalam penentuan sampel peneliti menggunakan tabel krejcie dengan teknik sampling Proporsional Random Sampling sehingga didapat sampel sabanyak 137. Data diperoleh dengan membagikan kuesioner. Analisis data yang digunakan antara lain analisis deskritif persentase, analisis korelasi product moment, serta analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh antara layanan informasi terhadap pemahaman karir siswa kelas VIII MTs Tajul Ulum Brabo dalam kategori tinggi yaitu sebesar 0,788 dengan nilai signifikasi 0,000 (0,000 < 0,05). (2) adanya pengaruh layanan informasi terhadap pemahaman karir siswa kelas VIII MTs Tajul Ulum Brabo dengan koefisien determinan sebesar 0,621 (62%).
References
Andriani, Rike and Rasto Rasto. 2019. “Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 4(1).
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Penelitian.
Festiawan, Rifqi. 2020. “Belajar Dan Pendekatan Pembelajaran.” 2020.
Handayani DAK et.all. 2021. “Comparative Study of Student Leadership Attitudes and Discipline Attitudes.” Universal Journal Of Edicational Research 9:53–59.
Jayul, Achmad, Edi Irwanto, Prodi Pendidikan, Jasmani Kesehatan, and Dan Rekreasi. 2020. “Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani Di Tengah Pandemi Covid-19.” Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi 6(2).
Kemdikbud, pengelola web. 2020. “Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah.” Jakarta, 28 Mei 2020.
Kemendikbud, Humas Ditjen Pendidikan Tinggi. 2020. “Praktik Baik Pembelajaran Daring Di Perguruan Tinggi Masa Pandemi Covid-19.” Siaran Pers Nomor?: 030/Sipers/IV/2020.
Lomu, Lidia and Sri Adi Widodo. 2018. “Pengaruh Motivasi Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia 0(0).
Rahayu, Mardiyatun Mugi. 2015. “Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Journal of Elementary Education 4(1).
Sardiyanah, Sardiyanah. 2020. “BELAJAR DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA.” Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan 7(1).
Sugiono. 2016. “Metode Penelitan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.” Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, P. Dr. 2019. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D (Cetakan Ke 26).