Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kinerja Terhadap Kualitas Pembelajaran Guru

Motivasi Kerja Dan Kinerja Terhadap Kualitas Pembelajaran Guru

  • dony nurdadiyono Universitas Ivet
  • Dwi Asih Kumala Handayani Universitas Ivet
  • Tri Leksono Prihandoko Universitas Ivet

Abstract

Tujuan penelitian untuk: mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh  motivasi kerja terhadap kualitas pembelajaran guru; mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh  kinerja guru; dan menganalisis dan membuktikan pengaruh  motivasi kerja dan kinerja guru terhadap kualitas pembelajaran guru SMK Muhammadiyah 2 Ajibarang Banyumas.   


Jenis penelitian  termasuk  kuantitatif,  pendekatan yang digunakan termasuk ex post facto. Populasi penelitian  adalah seluruh guru SMK Muhammadiyah 2 Ajibarang Banyumas yang berjumlah 57 orang, karena seluruh sampel adalah juga sebagai subjek maka  sampel yang digunakan termasuk sampel jenuh dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Alat pengumpul data dokumentasi dan instrumen angket, sebelum instrumen angket digunakan telah dilakukan uji instrumen dan hasilnya telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas, adapun teknik analisis data digunakan regresi berganda.


Simpulan penelitian: 1) motivasi kerja memiliki pengaruh  positif dan signifikan terhadap kualitas pembelajaran guru sebesar  24,3%, sisanya 75,7% dipengaruhi oleh variabel lain selain kualitas pembelajaran; dan 2) kinerja guru memiliki pengaruh  positif dan signifikan terhadap kualitas pembelajaran guru sebesar  23%, sisanya 77% dipengaruhi oleh variabel lain selain kualitas pembelajaran; dan 3) motivasi kerja dan kinerja guru memiliki pengaruh  positif dan signifikan terhadap kualitas pembelajaran guru sebesar  23,7%, sisanya 76,3% dipengaruhi variabel lain selain kualitas pembelajaran.

References

DAFTAR PUSTAKA

Fauziyah, Laily. 2021. “Kualitas Pembelajaran Dan Capaian Pembelajaran Dalam Jaringan Pada Masa Pandemi Covid-19.” Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang.
Haryani, Euis. 2017. “Pengaruh Iklim Organisasi Sekolah Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Manajemen Pembelajaran Untuk Mewujudkan Kinerja Guru.” Jurnal Pendidikan Universitas Garut 11(1).
Haryati, Titik and Noor Rochman. 2012. “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Praktik Belajar Kewarganegaraan (Project Citizen).” Jurnal Ilmiah Civis 2(2).
Jufrizen and Fadilla Puspita Hadi. 2021. “Pengaruh Fasilitas Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Motivasi Kerja.” Jurnal Sains Manajemen 7(1).
Khaerul, Anis. 2021. “Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.” Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam 4(2).
Ma’ruf and Ummul Chair. 2020. “Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Nirha Jaya Tehnik Makassar.” Jurnal Brand 2(1).
Manihuruk, Candra Pranata and Satria Tirtayasa. 2020. “Pengaruh Stres Kerja, Motivasi Kerja Dan Lingkungan KerjaTerhadap Semangat Kerja Pegawai.” MANEGGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen 3(2).
Mustakim, Mustakim. 2020. “Efektivitas pembelajaran daring menggunakan media online selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran matematika.” Al Asma?: Journal of Islamic Education 2(1).
Niam, Saiful, Yovitha Yuliejantiningsih, and Noor Miyono. 2021. “Pengaruh peran kepala sekolah dan iklim organisasi sekolah terhadap kepuasan kerja guru sd di kecamatan dempet kabupaten demak.” Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP) 9(2).
Rahayu, Mardiyatun Mugi. 2015. “Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Journal of Elementary Education 4(1).
Rismayadi, Budi and Mumun Maemunah. 2016. “Pengaruh Motivasi Kerja, Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Serta Dampaknya Pada Kinerja Perusahaan (Studi Kasus Pada PT. Concord Indonesia).” Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif.
Sari, R., M. Muis, and N. Hamid. 2012. “Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Makassar.” Jurnal Analisis.
Sidabutar, Ropinus. 2020. “Survey Kualitas Pembelajaran Di Masa Study From Home.” Sepren 2(1).
Sugiyono. 2016. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif Dan Kombinasi (Mixed Methods).” Journal of Chemical Information and Modeling.
Yanti, Nurul Fitri and Sumianto Sumianto. 2021. “Analisis Faktor-Faktor Yang Menghambat Minat Belajar Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Siswa SDN 008 Salo.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5(1).
Published
2023-01-30
How to Cite
NURDADIYONO, dony; HANDAYANI, Dwi Asih Kumala; PRIHANDOKO, Tri Leksono. Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kinerja Terhadap Kualitas Pembelajaran Guru. Emphaty Cons - Journal of Guidance and Counseling, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 1-10, jan. 2023. ISSN 2656-9655. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/emp/article/view/2466>. Date accessed: 24 feb. 2024.
Section
Articles