Hubungan Antara Kohesivitas Kelompok Dengan Motivasi Berprestasi Klub Bola Voli Mutiara Serasi Kabupaten Semarang

Kohesivitas Kelompok Dengan Motivasi Berprestasi

  • rheza ardian putra Universitas Ivet
  • Sri Sayekti Universitas Ivet
  • Tri Leksono Prihandoko Universitas Ivet

Abstract

Motivasi berprestasi bagi atlet sangat penting namun pada Klub Bola Voli Mutiara Serasi ketika bertanding adakalanya tertekan oleh serangan tim lawan dan kurangnya kekompakkan atau kerjasama diantara anggota tim. Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui adakah hubungan yang signifikan antara kohesivitas kelompok dengan motivasi berprestasi Klub Bola Voli Mutiara Serasi Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis penelitian eksplanatory yaitu penelitian yang menguji hubungan dari independen variabel yaitu kohesivitas kelompok dengan dependen variabel yaitu motivasi berprestasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh atlet di klub bola voli Mutiara Serasi Kabupaten Semarang. Seluruh atlet di klub bola voli Mutiara Serasi Kabupaten Semarang saat ini kurang dari 100 atau berjumlah 55 atlet sehingga seluruhnya digunakan sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Teknik korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif signifikan antara kohesivitas kelompok dengan motivasi berprestasi, hal itu dapat dibuktikan dengan koefisien korelasi 0,736 dan signifikansi 0,000 < 0,01. Ini berarti bahwa semakin tinggi kohesivitas kelompok maka akan semakin tinggi pula motivasi berprestasinya. Hubungan kohesivitas kelompok dengan motivasi berprestasi yaitu dalam kategori kuat dengan besarnya hubungan sebesar 54,2%.

References

DAFTAR PUSTAKA

Damanik, Rabukit. 2020. “Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi berprestasi mahasiswa.” Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan 9(1).
Fajrin, Nurcholifah and Abdurrohim Abdurrohim. 2020. “Hubungan antara kohesivitas kelompok dan efikasi diri dengan kemalasan sosial pada anggota organisasi.” Proyeksi 13(2).
Hermawan, Yusuf and Erna Rustiana. 2019. “Peningkatan Produktivitas Melalui Kohesivitas Kelompok Dan Revitalisasi Kondisi.” Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi 16(1).
Lailiana, Nur Aulia and Agustin Handayani. 2017. “Motivasi Berprestasi Ditinjau Dari Komitmen Terhadap Tugas Pada Mahasiswa.” The 1st Education and Language International Conference Proceedings Center for International Language Development of Unissula.
Mulya, Hantoro Adhi and Endang Sri Indrawati. 2017. “Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Pertama Fakultas Psikologi Universitass Diponegoro Semarang.” Jurnal EMPATI 5(2).
Oro, Epifanius Putra, Petrus Ana Andung, and Yohanes K. N. Liliweri. 2020. “Konvergensi Simbolik Dalam Membangun Kohesivitas Kelompok.” Jurnal Communio?: Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi 9(1).
Paramita, Yuriko, Niken Titi Pratitis, and Mamang Efendy. 2021. “Motivasi Berprestasi Pada Atlet Judo Di Surabaya: Bagaimana Peranan Self-Efficacy?” Jurnal Penelitian Psikologi 2(1).
Purwaningtyastuti, Bagus Wismanto, and M. Suharsono. 2018. “Kohesivitas Kelompok Ditinjau Dari Komitmen Terhadap Organisasi Dan Kelompok Pekerjaan.” Prediksi 1(2).
Qomaria, N., M. Musadieq, and Heru Susilo. 2015. “Peranan Kohesivitas Kelompok Untuk Menciptakan Lingkungan Kerja Yang Kondusif (Studi Pada Pt. Panca Mitra Multi Perdana Situbondo).” Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya 29(1).
Sugiyono. 2016. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif Dan Kombinasi (Mixed Methods).” Journal of Chemical Information and Modeling.
Wati, Karisma Ambar and Miftakhul Jannah. 2021. “Hubunga Antara Kejenuhan Dengan Motivasi Berprestasi Pada Atlet Sepak Bola.” Jurnal Psikologi 08(03).
Wijaya, I. Made Kusuma. 2018. “Kecemasan, Percaya Diri Dan Motivasi Berprestasi Atlet Ukm Bulutangkis.” Jurnal Penjakora 5(1).
Published
2023-01-30
How to Cite
ARDIAN PUTRA, rheza; SAYEKTI, Sri; PRIHANDOKO, Tri Leksono. Hubungan Antara Kohesivitas Kelompok Dengan Motivasi Berprestasi Klub Bola Voli Mutiara Serasi Kabupaten Semarang. Emphaty Cons - Journal of Guidance and Counseling, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 17-25, jan. 2023. ISSN 2656-9655. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/emp/article/view/2468>. Date accessed: 24 feb. 2024.
Section
Articles