Kedisiplinan Belajar Siswa SMA Brangsong Kendal

Kedisiplinan Belajar

  • khaerul umam Universitas Ivet
  • Sri Redjeki Universitas Ivet
  • YM Indarwati Universitas Ivet

Abstract

Kedisiplinan Belajar Siswa SMA Brangsong Kendal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kedisiplinan belajar siswa SMA Brangsong Kendal. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pelanggaran kedisiplinan belajar yang dilakukan oleh siswa selama mengikuti kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan subjek yaitu siswa SMA Brangsong Kendal. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data digunakan uji kredibilitas dengan triangulasi metode. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terjadi beberapa pelanggaran kedisiplinan belajar di SMA Brangsong Kendal yaitu tidak memperhatikan saat pelajaran berlangsung, membuat suara gaduh, keluar masuk kelas tanpa ijin, mengganggu siswa lain dan membaca materi pada saat pelajaran berlangsung. Faktor penyebab terjadinya pelanggaran kedisiplinan belajar yaitu siswa yang mengulangi pelanggaran yang sama meskipun sudah ditegur. Upaya guru dalam menanamkan kedisiplinan belajar siswa antara lain; (1) memberi keteladanan kepada siswa, (2) melaksanakan peraturan kelas, (3) memberi nasehat dan peringatan kepada siswa yang melanggar, dan (4) memberi hukuman atau sanksi kepada siswa yang melanggar. Kendala dalam menanamkan kedisiplinan belajar salah satunya yaitu siswa mengulangi pelanggaran yang sama walaupun sudah diingatkan.

References

Arikunto. 2019. “Metodelogi Penelitian, Suatu Pengantar Pendidikan.” in Rineka Cipta, Jakarta.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Penelitian.
Hadi, Sutrisno. 2014. “Metodologi Research.” Universitas Gajah Madha.
Kaca, Gatot. 2020. “Filsafat Dalam Kurikulum Pendidikan Islam.” Jurnal Manthiq V(1).
Marita Sari, Dhian. 2019. “Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional.” At Turots: Jurnal Pendidikan Islam 1(2).
Melfianora. 2019. “Penulisan Karya Tulis Ilmiah Dengan Studi Literatur.” Open Science Framework.
Noor, Juliansyah. 2017. “Metodologi Penelitian: Metodologi Penelitian Skripsi.” Rake Sarasin.
Siyoto, Sandu, Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta. Literasi Media Publishing.
Sugiono. 2016. “Metode Penelitan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.” Bandung: Alfabeta.
Sujana, I. Wayan Cong. 2019. “Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia.” Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 4(1).
Suryana, S. 2020. “Permasalahan Mutu Pendidikan Dalam Perspektif Pembangunan Pendidikan.” Edukasi 14(1).
Published
2023-01-30
How to Cite
UMAM, khaerul; REDJEKI, Sri; INDARWATI, YM. Kedisiplinan Belajar Siswa SMA Brangsong Kendal. Emphaty Cons - Journal of Guidance and Counseling, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 26-31, jan. 2023. ISSN 2656-9655. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/emp/article/view/2469>. Date accessed: 24 feb. 2024.
Section
Articles