Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modelling Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa

Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modelling

  • lailatul arofah Universitas Ivet
  • Sri Sayekti Universitas Ivet
  • Elfi Rimayati Universitas Ivet

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar yang sengaja dirancang untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui keefektifan Layanan bimbingan kelompok Dengan Teknik Modelling untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa MA Fathul Huda Sidorejo Sayung Demak tahun pelajaran 2020/ 2021


Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kuantitatif terhadap data primer dan data sekunder yang disajikan dalam bentuk hasil statistik tentang keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling untuk meningkatkan kepercayaan diri Diri Siswa MA Fathul Huda Sidorejo Sayung Demak Tahun Pelajaran 2020/2021. pendekatakan eksperimen populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di MA Fathul Huda berjumlah 68 siswa sampel dalam penelitian ini adalah 40 siswa. Hasil dan kesimpulan dalam penelitian ini adalah Tingkat kepercayaan diri didik sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling pada kelas kontrol dan eksperimen dalam kriteria sedang, namun setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling pada kelas kontrol tetap pada kriteria sedang dan kelas eksperimen pada kriteria tinggi.


Berdasarkan nilai Sig.(2-tailed) yaitu 0,000. Dimana 0,000<0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa MA Fathul Huda Sidorejo Sayung Demak Tahun Pelajaran 2020/2021.

References

DAFTAR PUSTAKA


Ella, Kurniawati &. and Diah Rosra, Muswardi & Utaminingsih. 2017. “Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Percaya Diri Siswa.” Jurnal Bimbingan Konseling 5(5).
Erlangga, Erwin. 2017. “Bimbingan Kelompok Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa.” Psympathic?: Jurnal Ilmiah Psikologi.
Marita Sari, Dhian. 2019. “PENDIDIKAN ISLAM DALAM SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL.” At Turots: Jurnal Pendidikan Islam 1(2).
Muhamad, Nurdin. 2015. “Pengaruh Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Representasi Matematis Dan Percaya Diri Siswa.” Jurnal Pendidikan Universitas Garut 09(01).
Saepuloh, Aep. 2020. “Peranan Guru BK Dalam Mengembangkan Karir Siswa.” Gema Wiralodra 11(2).
Soleh, Badrus and Abdul Aziz Hakim. 2019. “Analisis Tingkat Kecemasan, Kepercayaan Diri Dan Motivasi Atlet Futsal Childroom Di Bangkalan Saat Menjelang Pertandingan.” Jurnal Kesehatan Olahraga 7(2).
Sugiono. 2016. “Metode Penelitan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.” Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.” in METODE PENELITIAN ILMIAH.
Wijaya, I. Made Kusuma. 2018. “Kecemasan, Percaya Diri Dan Motivasi Berprestasi Atlet Ukm Bulutangkis.” Jurnal Penjakora 5(1).
Yanti, Suhela. 2020. “Analisis Kebijakan Pendidikan.” Lentera: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies 1(1).
Yenda, Putu, Ketut Suarni, and Ketut Dharsana. 2016. “Perbedaan Efektivitas Teori Konseling Behavioral Teknik Modeling Dengan Teknik Latihan Asertif Untuk Meningkatkan Bakat Verbal Siswa Kelas X Sma Laboratorium Undiksha Singaraja.” Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha.
Published
2023-01-30
How to Cite
AROFAH, lailatul; SAYEKTI, Sri; RIMAYATI, Elfi. Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modelling Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Emphaty Cons - Journal of Guidance and Counseling, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 32-41, jan. 2023. ISSN 2656-9655. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/emp/article/view/2470>. Date accessed: 24 feb. 2024.
Section
Articles