Peran Orang Tua Dalam Pendampingan Belajar Anak Pada Era Pandemi Covid-19

Pendampingan Belajar Anak

  • ekohadi purnomo Universitas Ivet
  • Banun Sri Haksasi Universitas Ivet
  • M Hafidz Ahdiansyah Universitas Ivet

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan implementasi peran orang tua dalam pendampingan belajar pada anak di era pandemi Covid-19; 2) mendeskripsikan faktor pendukung  dalam  pendampingan belajar orang tua  di era pandemi Covid-19; 3) mendeskripsikan faktor penghambat dalam pendampingan belajar orang tua pada anak di era pandemi Covid-19; dan 4) mendeskripsikan solusi  yang diberikan  terkait hambatan yang ditemukan dalam  pendampingan belajar pada anak di era pandemi Covid-19.


Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan sumber data berupa informan, dokumen, dan aktivitas. Teknik pengumpulan data digunakan metode dokumentasi, observasi, dan  wawancara. Sedangkan teknik analisis data digunakan analisis model interaktif.


Simpulan diperoleh bahwa: 1) implementasi peran orang tua dalam pendampingan belajar  pada anak di era pandemi Covid-19 ini termasuk sangat baik, hal ini dibuktikan  dukungan orang terhadap kebutuhan anak, 2) faktor pendukung dalam pembelajaran daring adalah, sekolah dan pemerintah memfasilitasi wifi; 3) faktor penghambat dalam mengimplementasikan pembelajaran daring adalah, kurangnya keefektifan  dan efisiensi waktu disebabkan orang tua siswa sibuk dengan pekerjaan; dan 4)  solusi yang ditempuh dalam mengatasi kelemahan pembelajaran secara online adalah, untuk orang tua  menemani anak ketika belajar

References

DAFTAR PUSTAKA

Anon. 2020. “analisis keaktifan belajar siswa selama pembelajaran daring pada masa covid-19 di sekolah dasar.” Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) 7(2).
Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. “Dampak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar.” Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan 2(1).
Hakim, Lutfi. 2020. “Pendampingan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring.” Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 18(2).
Jayul, Achmad, Edi Irwanto, Prodi Pendidikan, Jasmani Kesehatan, and Dan Rekreasi. 2020. “Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani Di Tengah Pandemi Covid-19.” Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi 6(2).
Kahfi, Ashabul. 2021. “Dampak Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid 19 Terhadap Perkembangan Kognitif Anak.” Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam 4(1).
Kemdikbud, pengelola web. 2020. “Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah.” Jakarta, 28 Mei 2020.
Moleong, Lexy J. 2017. “Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi).” in PT. Remaja Rosda Karya.
Sadikin, Ali and Afreni Hamidah. 2020. “Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19.” BIODIK 6(2).
Sugiyono. 2016. “Memahami Penelitian Kualitatif.” Bandung: Alfabeta.
Syarifudin, Albitar Septian. 2020. “Impelementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai dampak diterapkannya social distancing.” Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua 5(1).
Widiyani, Dita Tri, Firtri Amilia, and Agus Milu Susetyo. 2016. “Indikator Pembelajaran Efektif Dalam Pembelajaran Daring (Dalam Jaringan) Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sman 2 Bandowoso.” Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.
Published
2023-02-05
How to Cite
PURNOMO, ekohadi; HAKSASI, Banun Sri; AHDIANSYAH, M Hafidz. Peran Orang Tua Dalam Pendampingan Belajar Anak Pada Era Pandemi Covid-19. Emphaty Cons - Journal of Guidance and Counseling, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 11-16, feb. 2023. ISSN 2656-9655. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/emp/article/view/2485>. Date accessed: 16 feb. 2025.
Section
Articles