Peran Orang Tua Dalam Pendampingan Belajar Anak Pada Era Pandemi Covid-19
Pendampingan Belajar Anak
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan implementasi peran orang tua dalam pendampingan belajar pada anak di era pandemi Covid-19; 2) mendeskripsikan faktor pendukung dalam pendampingan belajar orang tua di era pandemi Covid-19; 3) mendeskripsikan faktor penghambat dalam pendampingan belajar orang tua pada anak di era pandemi Covid-19; dan 4) mendeskripsikan solusi yang diberikan terkait hambatan yang ditemukan dalam pendampingan belajar pada anak di era pandemi Covid-19.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan sumber data berupa informan, dokumen, dan aktivitas. Teknik pengumpulan data digunakan metode dokumentasi, observasi, dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data digunakan analisis model interaktif.
Simpulan diperoleh bahwa: 1) implementasi peran orang tua dalam pendampingan belajar pada anak di era pandemi Covid-19 ini termasuk sangat baik, hal ini dibuktikan dukungan orang terhadap kebutuhan anak, 2) faktor pendukung dalam pembelajaran daring adalah, sekolah dan pemerintah memfasilitasi wifi; 3) faktor penghambat dalam mengimplementasikan pembelajaran daring adalah, kurangnya keefektifan dan efisiensi waktu disebabkan orang tua siswa sibuk dengan pekerjaan; dan 4) solusi yang ditempuh dalam mengatasi kelemahan pembelajaran secara online adalah, untuk orang tua menemani anak ketika belajar
References
Anon. 2020. “analisis keaktifan belajar siswa selama pembelajaran daring pada masa covid-19 di sekolah dasar.” Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) 7(2).
Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. “Dampak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar.” Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan 2(1).
Hakim, Lutfi. 2020. “Pendampingan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring.” Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 18(2).
Jayul, Achmad, Edi Irwanto, Prodi Pendidikan, Jasmani Kesehatan, and Dan Rekreasi. 2020. “Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani Di Tengah Pandemi Covid-19.” Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi 6(2).
Kahfi, Ashabul. 2021. “Dampak Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid 19 Terhadap Perkembangan Kognitif Anak.” Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam 4(1).
Kemdikbud, pengelola web. 2020. “Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah.” Jakarta, 28 Mei 2020.
Moleong, Lexy J. 2017. “Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi).” in PT. Remaja Rosda Karya.
Sadikin, Ali and Afreni Hamidah. 2020. “Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19.” BIODIK 6(2).
Sugiyono. 2016. “Memahami Penelitian Kualitatif.” Bandung: Alfabeta.
Syarifudin, Albitar Septian. 2020. “Impelementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai dampak diterapkannya social distancing.” Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua 5(1).
Widiyani, Dita Tri, Firtri Amilia, and Agus Milu Susetyo. 2016. “Indikator Pembelajaran Efektif Dalam Pembelajaran Daring (Dalam Jaringan) Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sman 2 Bandowoso.” Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.