Tingkat Motivasi Belajar Siswa di Era Pandemi Covid-19 MTs Fathul Huda Demak
Motivasi Belajar Siswa
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis tingkat motivasi belajar siswa kelas VIII pada masa pandemi Covid-19 di MTs Fathul Huda Demak yang dikaji dari indikator: 1) hasrat dan keinginan untuk berhasil; 2) dorongan dan kebutuhan dalam belajar; 3) harapan dan cita-cita di masa depan; 4) adanya penghargaan dalam belajar; 5) adanya kegiatan yang menarik dalam belajar; dan 6) adanya lingkungan belajar yang kondusif.
Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif persentase yang berusaha menggambarkan motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa kelas VIII MTs Fathul Huda Demak selama masa pandemi Covid-19. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 60 anak dengan teknik pengumpulan data dokumentasi dan angket. Sebelum angket digunakan untuk mengumpulkan data di lapangan terlebih diujicobakan kepada siswa kelas IX yang berjumlah 10 siswa dan hasilnya telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas, sedangkan teknik analisis data digunakan analisis deskriptif persentase (DP).
Hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa motivasi belajar yang dimiliki siswa MTs Fathul Huda Sidorejo Demak pada masa pandemi Covid-19 termasuk kriteria tinggi, hal itu dapat dijabarkan dari indikator-indikator: 1) hasrat dan keinginan untuk berhasil diperoleh skor 717 atau 74,69%; 2) dorongan dan kebutuhan dalam belajar diperoleh skor 753 atau 78,44%; 3) harapan dan cita-cita di masa depan diperoleh skor 709 atau 73,85; 4) adanya penghargaan dalam belajar diperoleh skor 709 atau 73,85%; 5) adanya kegiatan yang menarik dalam belajar diperoleh skor 699 atau 72,81%; dan 6) adanya lingkungan belajar yang kondusif diperoleh skor 729 atau 75,94% dari keseluruhan subjek 60 siswa sebagai responden.
References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Budiyono. 2015. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.
Djamarah, Saiful Bahri. 2015, Motivasi Belajar Peserta Dididk. Bandung: Alfabeta.
,
Efendi, Agus. 2015. Revolusi Kecerdasan Abad 21 – Kritik MI, EI, SQ, AQ & Successful Intelligence atas IQ. Bandung: Alfabeta.
Hamdu, Ghullam dan Agustina, Lisa. 2011. “Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar di SMP Negeri 1 Surakarta”. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 12 No.1.
Hamid, Hamdani. 2013. Pengembangan Sistem Pendidikan di Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.
Hartono dan Soedarmadji, Boy. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Mulyani, Dessy. 2013. “Hubungan Kesiapan Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa SMP Muhammadiyah 1 Boyolali”. Jurnal Ilmiah Konseling. Volume 2 Nomor 1 Januari 2013.
Saptoto, Ridwan. 2010. “Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Sragen”. Jurnal Psikologi. Volume 37, No. 1, Juni 2010. .
Sugiyono. 2014. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suwarjo dan Sanyata, Sigit. 2020. Pelaksanaan Layanan Guru BK Masa Pandemi Covid-19. Universitas Negeri Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan-Podi Bimbingan dan Konsleing.
Uno, Hamzah B. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara.
Yusuf, Mohammad. 2011. “Pengaruh Cara dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller (Plc) Siswa Kelas III Jurusan Listrik SMK Negeri 5 Makassar”. Jurnal Medtek, Volume 1, Nomor 2, Oktober 2011.