UPAYA MENURUNKAN PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIK MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING

UPAYA MENURUNKAN PROKRASTINASI AKADEMIK

  • Budi Mulyono Universitas Ivet
  • Banun Sri Haksasi Universitas Ivet
  • Elfi Rimayati Universitas Ivet

Abstract

Pada tahap perkembangan, peserta didik SMP dapat dikategorikan sebagai remaja awal. Pada usia remaja, pendidikan menjadi suatu kewajiban yang mutlak harus dijalani. Namun demikian, dalam menempuh pendidikan sering terjadi beberapa masalah dan hambatan yang dialami oleh remaja, seperti adanya keengganan untuk belajar. tidak jarang mengakibatkan tugas-tugas sekolah yang tertunda mengakibatkan menurunnya prestasi akademik. Penelitian   ini   bertujuan   untuk:   1) membantu siswa menurunkan prokrastinasi akademik peserta didik 2) memberikan    keterampilan    pada    guru BK/konselor   untuk   terampil   menggunakan bimbingan kelompok teknik role playing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK) yang dilaksanakan menggunakan 2 siklus dengan tiap siklus 3 pertemuan dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik role playing. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP dan guru BK/konselor di SMP.. Data diperoleh dengan angket, observasi dan wawancara. Analisis data digunakan analisis deskriftif prosentase. Hasil yang diperoleh berupa dampak bertambahnya keterampilan guru BK dalam melaksanakan bimbingan kelompok teknik role playing yang berfokus pada pembahasan penurunan prokrastinasi peserta didik

References

Alfina, Irma. 2014. “Hubungan Self-Regulated Learning Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Akselerasi.” Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi 2(1).
Alimin, Al Ashadi, Mesterianti Hartati, and Mai Yuliastri Simarmata. 2020. “Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Kepada Guru Smp Se-Kota Pontianak.” GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat.
Arikunto, Suharsimi. 2006. “Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktik.” Jakarta: Rineka Cipta.
Filina, Zulhaida. 2013. “Efektifitas Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Kosakata Kosakata Anak Tunarungu.” E-Jupekhu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus) 1(1).
Ghufron, Muhammad Nur. 2014. “Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Ditinjau Dari Regulasi Diri Dalam Belajar.” Quality: Journal of Empirical Research in Islamic Education 2(1).
Indra, Syaiful. 2016. “Efektivitas Team Assisted Individualization Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik.” Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling 1(2).
Karomah, Melisa. 2019. “Pengembangan RPP IPS SD Materi Proklamator Kemerdekaan Indonesia Yang Mengintegrasikan 4C, PPK, Literasi, Dan Hots.” Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia 1.
Nuryati, Nuryati et al. 2021. “Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Anak Usia Dini Selama Masa Learning From Home.” As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(2).
Prayitno., Amti. 2015. Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Rahmawati, Anayanti. 2015. “Metode Bermain Peran Dan Alat Permainan Edukatif Untuk Meningkatkan Empati Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Anak 3(1).
Published
2024-02-06
How to Cite
MULYONO, Budi; HAKSASI, Banun Sri; RIMAYATI, Elfi. UPAYA MENURUNKAN PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIK MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING. Emphaty Cons - Journal of Guidance and Counseling, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 10-23, feb. 2024. ISSN 2656-9655. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/emp/article/view/3089>. Date accessed: 04 july 2025.
Section
Articles