IMPLEMENTASI PELAYANAN BIMBINGAN KARIR DALAM PROGRAM KELAS INDUSTRI DI SMK NU MA’ARIF KUDUS

PELAYANAN BIMBINGAN KARIR DALAM PROGRAM KELAS INDUSTRI

  • Eka Putri Utami Universitas Ivet
  • Dwi Asih Kumala Handayani
  • Tri Leksono Prihandoko Universitas Ivet

Abstract

Kotribusi guru BK dengan memberikan pembinaan, arahan dan nasihat. Pemberian bantuan kepada peserta didik atau konseli untuk pertumbuhan, perkembangan, eksplorasi, aspirasi dan pengambilan keputusan karir berdasarkan informasi potensi diri kesempatan yang tersedia di lingkungan kerja. Metode yang digunakan dalam layanan bimbingan karir antara lain adalah dengan menggunakan metode mauidzoh hasanah, nasehat dan arahan. Pelaksanaan bimbingan dikelas 1 jam perminggu, layanan yang terlaksana biasanya terkait bidang hanya tiga yaitu bimbingan karir secara individu, secara kelompok, maupun dalam bentuk kelas industri. Pada layanan penempatan dan penyaluran sesuai dengan informasi tekait dengan pemilihan pekerjaan dan pemilihan juruasan saat kuliah, sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki oleh siswa tersebut dan menempatkan sesuai dengan nilai yang diperoleh siswa. Ketercapaian program kelas industri dalam menciptakan kader siap kerja adalah siswa di SMK NU Maarif Kudus bahwa peserta didik sangat antusias dan semangat dalam mengikuti materi bimbingan karir guru BK sebab informasi yang disampaikan guru BK mudah dimengerti oleh peserta didik. Program kelas industri telah mencapai keberhasilan hal ini terbukti lulusan SMK NU Maarif Kudus siap dan memiliki ketrampilan untuk masuk dalam dunia kerja

References

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Penelitian. In Rineka Cipta.
Aryani, F., & Bakhtiar, M. I. (2018). Career Day Bagi Siswa Dan Guru SMA Bimbingan Konseling Kabupaten Sidrap. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.31100/matappa.v1i1.78
Depdiknas. (2007). Naskah Akademik Kajian Kebijakan Kurikulum SMK. Badan Penelitian Dan Pengembangan Pusat Kirikulum, 20.
Elfi Rimayati. (2023). Cyber Counseling: Inovasi Layanan Bimbingan dan Konseling Di Era Digital (1st ed.). Asadel Publisher.
Gunawan, S. A., & Fitri Annisa, D. (2023). Implementasi Pelayanan Bimbingan Karir Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Menggunakan Teori Donald E. Super. COMSERVA?: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 3(4). https://doi.org/10.59141/comserva.v3i4.911
Handayani, D. A. K., Sayekti, S., Redjeki, S., Rimayati, E., Marliyah, L., & Agustiningrum, M. (2021). Comparative Study of Student Leadership Attitudes and Discipline Attitudes. Universal Journal of Educational Research. https://doi.org/10.13189/ujer.2021.090106
Moeloeng. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Rosda Karya.
Warda, P. (2011). Pembangunan Aplikasi Sistem Pakar Bimbingan Konseling Menggunakan Data Hasil Program ATP. In Tugas Akhir.
Yusuf, S., & Nurihsan, J. (2007). Landasan bimbingan dan konseling. In Bandung: Remaja Rosdakarya.
Published
2024-02-06
How to Cite
UTAMI, Eka Putri; HANDAYANI, Dwi Asih Kumala; PRIHANDOKO, Tri Leksono. IMPLEMENTASI PELAYANAN BIMBINGAN KARIR DALAM PROGRAM KELAS INDUSTRI DI SMK NU MA’ARIF KUDUS. Emphaty Cons - Journal of Guidance and Counseling, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 1-15, feb. 2024. ISSN 2656-9655. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/emp/article/view/3093>. Date accessed: 29 apr. 2024.
Section
Articles