Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dengan Semangat Wirausaha Siswa Di SMKN 1 Pringapus

Motivasi Berprestasi Dengan Semangat Wirausaha

  • Dwi Jatmiko Universitas Ivet
  • Sri Redjeki Universitas Ivet
  • Sri Sayekti Universitas Ivet

Abstract

Motivasi berprestasi adalah kebutuhan untuk mencapai kesuksesan atau prestasi yang lebih baik dengan ukuran keunggulan. Baik dalam bentuk prestasi orang lain maupun prestasi yang pernah diraihnya sebelumnya. Sedangkan semangat kewirausahaan adalah semangat yang dimiliki seseorang untuk menyalurkan kreativitasnya dalam bentuk kerja dan bersifat komersial. Dari bimbingan karir BK, dapat disimpulkan bahwa siswa di SMK 1 Peringapus sudah memiliki motivasi berprestasi siswa yang positif terkait dengan semangat kewirausahaan siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan termasuk penelitian kuantitatif, karakteristik penelitian kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian tentang hubungan antara motivasi berprestasi dengan semangat kewirausahaan di SMK Negeri 1 Pringapus dengan menggunakan 167 sampel dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi dan semangat kewirausahaan siswa, dapat dibuktikan dengan hasil yang yaitu besarnya koefisien korelasi 0,200> r tabel 0,159. Dengan hasil ini, penyediaan layanan klasik wirausaha yang dilakukan oleh guru BK di SMKN 1 Pringapus telah menumbuhkan rasa semangat kewirausahaan pada siswa dan memotivasi siswa untuk lebih berprestasi.

References

Damanik, R. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Berprestasi Mahasiswa. Serunai: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 29-34.
Darmawan, D. (2019). Profesionalisme, Motivasi Berprestasi, Komitmen Organisasi dan Pengaruhnya terhadap Intensi Berwirausaha. EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan), 3(3), 344-364.
Firmansyah, H. (2009). Hubungan motivasi berprestasi siswa dengan hasil belajar pendidikan jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 6(1).
Haryani, R., & Tairas, M. M. W. (2014). Motivasi berprestasi pada mahasiswa berprestasi dari keluarga tidak mampu secara ekonomi. Jurnal psikologi pendidikan dan perkembangan, 3(1), 30-36.
Mirdanda, A. (2018). Motivasi berprestasi & disiplin peserta didik serta hubungannya dengan hasil belajar. Yudha English Gallery. (Buku).
Mulyono, S. (2009). Locus of Control, Motivasi Berprestasi Dan Sifat Jiwa Wirausaha Pada Mahasiswa Its. JURNAL SOSIAL HUMANIORA (JSH), 2(2), 121-132.
Purwanto, E. (2014). Model motivasi trisula: sintesis baru teori motivasi berprestasi. Jurnal Psikologi, 41(2), 218-228.
Rahmania, M., & Effendi, Z. M. (2014). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Praktik Kerja Industri dan Motivasi Berprestasi Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Pemasaran SMK Negeri Bisnis dan Manajemen Kota Padang. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi, 1(2).
Wardana, D. S. (2013). Motivasi berprestasi dengan kinerja guru yang sudah disertifikasi. Jurnal ilmiah psikologi terapan, 1(1), 98-109.
WIDHIWARDANA, N. A., & Amir, M. (2016). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dengan Minat Wirausaha Pada Mahasiswa (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA).
Published
2024-02-06
How to Cite
JATMIKO, Dwi; REDJEKI, Sri; SAYEKTI, Sri. Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dengan Semangat Wirausaha Siswa Di SMKN 1 Pringapus. Emphaty Cons - Journal of Guidance and Counseling, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 48-55, feb. 2024. ISSN 2656-9655. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/emp/article/view/3113>. Date accessed: 04 july 2025.
Section
Articles