INDIKATOR-INDIKATOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BERPRESTASI SISWA SMP NEGERI 1 KARANGRAYUNG
MOTIVASI BERPRESTASI SISWA
Abstract
Motivasi berprestasi merupakan hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran, Tujuan penelitian ini adalah untuk, (1) Mendeskripsikan indikator-indikator yang mempengaruhi motivasi berprestasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Karangrayung. (2) mendeskripsikan Indikator yang paling mempengaruhi motivasi berprestasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Karangrayung.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, yang merupakan penelitian spesifik, sistematis, terancang, dan terstruktur dengan jelas sejak awal hingga pembuatan desain penelitiannnya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 20 siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Karangrayung yang dipilih secara random atau acak. Peneliti ini menggunakan subjek siswa kelas VII di SMP N 1 karangrayung. Dalam penelitian ini jumlah populasinya adalah 320 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 20 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah angket wawancara, dan dokumentasi, secara mendalam sehingga nantinya mendapatkan data akurat terhadap permasalahan subjek. Sampel ini kemudian diberikan sebuah angket yang berisi 23 soal pertanyaan yang harus mereka isi sesuai dengan keadaan mereka yang sebenarnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator-indikator yang pengaruh pada motivasi berprestasi siswa adalah sebagai berikut: indikator memiliki tanggung jawab yang tinggi, tekun dan ulet dalam menghadapi tugas, lebih senang bekerja mandiri, menyukai tantangan dan suka bekerja keras, serta memiliki target. Indikator yang paling berpengaruh adalah indikator pertama yaitu memiliki tanggung jawab yang tinggi dengan prosentase pengaruh sebesar 76,25%.
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. “Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktik.” Jakarta: Rineka Cipta.
Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Mulya, Hantoro Adhi, and Endang Sri Indrawati. 2016. “Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang.” Jurnal EMPATI 5(2).
Nurchaeni, Siti, Endang Wuryandini, and Noor Miyono. 2023. “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6(1).
Nuryati, Nuryati et al. 2021. “Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Anak Usia Dini Selama Masa Learning From Home.” As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(2).
Sugiono. 2016. “Metode Penelitan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.” Bandung: Alfabeta.
Supartilah, Supartilah, and Pardimin Pardimin. 2021. “Peran Kepala Sekolah Di Era Revolusi Industri 4.0 Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Media Manajemen Pendidikan 4(1).