STUDI DESKRIPTIF TENTANG PERILAKU ASERTIF SISWA SMK NEGERI 10 SEMARANG
DESKRIPTIF TENTANG PERILAKU ASERTIF
Abstract
Masih adanya beberapa siswa di SMK Negeri 10 Semarang yang memiliki perilaku asertif negatif, sehingga perlu ditingkatkan agar memiliki perilaku asertif positif. Pentingnya perilaku asertif positif, karena setidaknya siswa memiliki kemampuan untuk: 1) menyatakan pendapat dengan menolak “tidak” jika memang tidak sesuai dengan kata hati; 2) mampu membuat pernyataan atau meminta; 3) mampu mengekspresikan perasaan positif dan negatif; dan 4) kemampuan dalam membuka dan mengakhiri percakapan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perilaku asertif siswa kelas X-RPL di SMK Negeri 10 Semarang. Jenis Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif, dan berdasarkan pendekatannya penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 10 Semarang. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-RPL yang berjumlah 63 anak, Variabel dalam penelitian ini perilaku asertif. Instrumen Pengumpulan Data yang digunakan yaitu dokumentasi dan angket (Skala Likert). Keabsahan data instrumen ini dilakukan uji coba melalui validitas dan reliabilitas Teknik Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dengan model analisis deskriptif persentase.Hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa berdasarkan hasil perhitungan deskriptif presentase pada tiap – tiap indikator jika disimpulkan hasilnya yaitu 80,29% hal ini menunjukan bahwa perilaku asertif siswa kelas X – RPL SMK Negeri 10 semarang sangat tinggi atau masuk dalam perilaku asertif positif.
References
Arikunto. 2019. “Metodelogi Penelitian, Suatu Pengantar Pendidikan.” In Rineka Cipta, Jakarta,.
Arikunto, Suharsimi. 2006. “Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktik.” Jakarta: Rineka Cipta.
Dianingrum, Jihan Rahma, and Herdina Endrijati. 2014. “Hubungan Antara Sikap Asertivitas Dengan Kecenderungan Menjadi Korban Kekerasan Dalam Pacaran Pada Remaja.” Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan.
Elfi Rimayati. 2023a. Cyber Counseling: Inovasi Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Era Digital. 1st ed. Asadel Publisher.
Elfi Rimayati, et all. 2023b. “The Description of Inmates’ Coping Skills of Class IIA Women’s Prison in Semarang.” In Monograph, Asadel Publisher. Elfi.
Nabilah, Rofifah, and Elvin Rosalina. 2021. “Hubungan Antara Harga Diri Dengan Perilaku Asertif Pada Remaja Di Sma Negeri 5 Kota Jambi.” Jurnal Psikologi Jambi 4(2).
Nurihsan, Achmad Juntika, and Mubiar Agustin. 2016. “Dinamika Perkembangan Anak Dan Remaja: Tinjauan Psikologi, Pendidikan, Dan Bimbingan.” Bandung: Refika Aditama.