EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK BERMAIN PERAN UNTUK MENGURANGI PERILAKU AGRESIF VERBAL SISWA
MENGURANGI PERILAKU AGRESIF VERBAL SISWA
Abstract
Agresifitas adalah verbal yang di sengaja bertujuan untuk melukai orang lain. Berdasarkan hasil observasi, lingkungan SMP Islam Al-Bisyri Semarang merupakan lingkungan yang terdapat peserta didik yang suka mengatakan hal negatif yang tidak pantas. Maka, penelitian bertujuan mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik bermain peran untuk mengurangi perilaku agresif verbal di SMP Islam Al-Bisyri Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Analisis data menggunakan uji t-test. Hasil penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok dengan cara bermain peran lebih efektif. Dibuktikan pada uji Independent T-Test nilai mean pada post-test kelompok eksperimen lebih kecil dari nilai post-test kelompok control.
References
Astuti, Farida Herna, and Ichwanul Mustakim. 2022. “Keefektifan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar.” Realita?: Jurnal Bimbingan dan Konseling 6(2).
Calam, Ahmad, Ainul Marhamah, and Ilham Nazaruddin. 2020. “Reformulasi Visi, Misi Dan Tujuan Sekolah.” AL-IRSYAD 10(2).
Elfi Rimayati. 2023. Cyber Counseling: Inovasi Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Era Digital. 1st ed. Asadel Publisher.
Firdaus, Lathifa Amalia. 2020. “Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Untuk Mengembangkan Regulasi Emosi.” Empati-Jurnal Bimbingan dan Konseling 7(1).
Hurlock, Elizabeth B. 1980. “Hurlock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Masa Edisi Kelima. Terjemahan Istiwidayanti & Soedjarwo.” Terjemahan Istiwidayanti & Soedjarwo.
Kemdikbud, pengelola web. 2020. “Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah.” Jakarta, 28 Mei 2020.
Nurmandia, Heny et al. 2009. “Psikologi Remaja.” Phronesis.
Sanjaya. Wena. 2013. , Pendidikan Di Sekolah. Bandung: Tarsito.
Sarwono, Sarlito Wirawan. 2011. Psikologi Remaja Psikologi Remaja Edisi Revisi.
Sugiono. 2016. “Metode Penelitan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.” Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. bandung: ALFABETHA.
———. 2021. Metode Penelitian Pendidikan Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D Dan Penelitian Tindakan).