Pengembangan Aplikasi ASPERDIK (Asesmen Perkembangan Peserta Didik) Jenjang SMP Berbasis Spreadsheet Dalam Penyusunan Program Layanan BK Komprehensif
Pengembangan Aplikasi ASPERDIK (Asesmen Perkembangan Peserta Didik) Jenjang SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan Aplikasi ASPERDIK Jenjang SMP Berbasis Spreadsheet dalam Penyusunan Program Layanan BK Komprehensif. Pengembangan aplikasi ASPERDIK ini menggunakan pendekatan Penelitian dan Pengembangan (Research and Depelopment) dengan model PPE yaitu Planning, Production, Evaluation. Dilakukan uji validitas konstruk, ahli materi, ahli IT, dan praktisi untuk mengetahui kelayakan dan efektifitas aplikasi yang dikembangkan. Uji validitas konstruk menggunakan teknik Corrected Item-Total Correlation dengan membandingkan skor pada Corrected Item-Total Correlation dengan harga kritik validitas instrumen yaitu 0,3. Apabila skor Corrected Item-Total Correlation lebih besar dari harga kritik validitas instrumen, maka butir pernyataan tersebut dinyatakan valid. Uji reliabilitas menggunakan Split Half Spearman Brown dengan kriteria apabila nilai Guttman Split-Half Coefficient lebih besar dari 0,8 maka instrumen yang dikembangkan adalah reliabel. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa dari pengujian validitas dan reliabilitas konstruk menunjukan seluruh butir item valid dan reliabel. Hasil validitas ahli materi memperoleh persentase sebesar 74% hal ini menunjukkan bahwa aplikasi yang dikembangkan masuk kriteria layak. Hasil validitas ahli IT memperoleh persentase sebesar 87% hal ini menunjukkan bahwa aplikasi yang dikembangkan masuk kriteria sangat layak. Berdasarkan uji efektivitas produk kepada 7 orang praktisi memperoleh 5 kriteria sangat layak dan 2 kriteria layak. Dapat disimpulkan bahwa aplikasi ASPERDIK yang dikembangkan layak dan efektif digunakan untuk penyusunan program layanan BK di sekolah
References
Amir, M. F., & Sartika, S. B. (2017). Metodologi Penelitian Dasar Bidang Pendidikan. (S. B. Sartika, & T. Multazam, Penyunt.) Sidoarjo: UMSIDA Press.
Arifin, M. B., & Nurdyansyah. (2018). Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Sidoarjo: UMSIDA Press.
Bhakti, C. P. (2015). Bimbingan dan Konseling Komprehensif: Dari Paradigma Menuju Aksi. Jurnal Fokus Konseling , 1 (2), 93-106.
Cahyawulan, W., Badrujaman, A., Fitriyani, H., Mamesah, M., Wahyuni, E., & Djunaedi. (2019). Peningkatan Kompetensi Teknologi dan Informasi Guru Bimbingan dan Konseling. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , 1 (3), 195-199.
Cahyono, T. (2022). Implementasi Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Prophetic : Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal , 5 (2), 125-134.
Cholil. (2019). MANAJEMEN BK KOMPREHENSIF (Studi layanan Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri 1 Cisarua Bandung Barat). Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam , 9 (1), 91-97.
Febritus, W., Dahlan, S., & Rosra, M. (2020). Dukungan Sistem Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Kecamatan Sekampung. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling) , 1 (1), 1-15.
Habibra, M. (2022). Pengembangan Aplikasi Need Asessment BK Secara Online untuk Penyusunan Program BK di SMP Kabupaten Dharmasraya. Batusangkar: Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar.
Hanggara, G. S., Andrianie, S., & Ariyanto, R. D. (2018). Pengembangan Aplikasi Assessment Menggunakan Media Short Message Service. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling , 3 (4), 146-153.
Hidayanti, N., Sugiyo, & Wagimin. (2017). Pengembangan Model Instrumen Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling Komprehensif di SMP Negeri Kota Samarinda. Jurnal Bimbingan Konseling , 6 (2), 167-173.
Istirahayu, I., & Mayasari, D. (2017). Identifikasi Tingkat Perkembangan Remaja Siswa SMA di Kota Singkawang pada Aspek Landasan Hidup Religius. Ikatan Konselor Indonesia (IKI). 3, hal. 93-97. Pontianak: Ikatan Konselor Indonesia (IKI).
Kumara, A. R. (2015). Pemahaman Guru Bimbingan dan Konseling Terhadap Program Bimbingan dan Konseling Komprehensif di SMK Negeri Se-Kabupaten Bantul. Jurnal Konseling Komprehensif , 2 (1), 12-18.
MF, F. Z., Sugiyarta, A., & Harsiti. (2023). Rancang Bangun Sistem Informasi Bimbingan Konseling Berbasis Web. Jurnal ProTekInfo , 10 (1), 15-21.
Murni, Susilo, D., & Haris, F. H. (2015). Aplikasi Bimbingan Konseling Berbasis Web di SMP Negeri 1 Teras Boyolali. Varia Pendidikan , 27 (2), 111-122.
Myrick, R. D. (2011). Develompental Guidance and Counseling : A Practical Approach (Fifth ed.). (D. L. Sorenson, Penyunt.) Minneapolis: Educational Media Corporation.
Prilintia, U., & Anni, C. T. (2016). Studi Deskriptif Penggunaan Software IKMS dalam Perencanaan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application , 5 (2), 1-7.
Riduwan. (2011). Cara Mudah Belajar SPSS dan Aplikasi Statistik Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Saradewi, M. P., & Anni, C. T. (2016). Studi Evaluatif Software DCM untuk Keefektifan Need Asessment Penyusunan Program. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application , 5 (1), 1-6.
Sudibyo, H., & Budiman, M. A. (2021). Need Asessment Program Bimbingan dan Konseling Komprehensif Berbantuan Google Form. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI) , 6 (2), 1-5.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (Sutopo, Penyunt.) Bandung: CV Alfabeta.
Sumarwiyah, & Zamroni, E. (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) dalam Layanan Bimbingan dan Konseling Sebagai Representasi Berkembangnya Budaya Profesional Konselor dalam Melayani Siswa. Prodi Bimbingan Konseling FKIP Uniska Muhammad Arsyad Al-Banjari , 2 (1), 1-14.
Tjahyanti, L. P. (2020). Hubungan Perkembangan Teknologi Informasi dalam Bimbingan dan Konseling. Daiwi Widya: Jurnal Pendidikan , 7 (4), 13-22.
Zamroni, E., & Rahardjo, S. (2015). Manajemen Bimbingan dan Konseling Berbasis Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014. Jurnal Konseling GUSJIGANG , 1 (1), 1-11.