Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Token Economy Dalam Menurunkan Kecanduan Game Online Siswa Kelas VIII A SMP Kesatrian 2 Semarang

Teknik Token Economy Dalam Menurunkan Kecanduan Game Online

  • rojanah rojanah rojanah Universitas Ivet
  • Sri Sayekti Universitas Ivet
  • Sri Redjeki Universitas Ivet

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik token economy dalam menurunkan kecanduan game online siswa kelas VIII A SMP Kesatrian 2 Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian true eksperimental design, dengan jenis metode penelitiannya pretest-posttest kontrol group design (desain kelompok kontrol pretest-posttest). Dalam penelitian ini teknik analisis data menggunakan Uji Independent Sample T-test. Teknik dalam pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kecanduan game online siswa kelas VIII A SMP Kesatrian 2 Semarang berada dikategori rendah dengan perolehan hasil perhitungan analisis deksriptif persantase sebesar 57%. Perhitungan rata-rata pretest kelompok eksperimen 91.63, kelompok kontrol 65.63. Setelah diberi perlakuan hasil posttest nilai rata-rata kelompok eksperimen 60.00, kelompok kontrol 51.63. Berdasarkan hasil Uji Independent Sample T-test nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 menunjukan adanya perbedaan yang signifikan. Maka (Ho) ditolak, dan Hipotesis kerja (Ha) diterima.

References

DAFTAR PUSTAKA
Abdi, S., & Karneli Y. (2020). Kecanduan Game Online: Penanganannya dalam Konseling Individual. Guidance, 17(02), 9–20. https://doi.org/10.34005/guidance.v17i02.1166
Adiningtiyas, S. W. (2017). Peran Guru Dalam Mengatasi Kecanduan Game Online. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 4(1), 28–40. https://doi.org/10.33373/kop.v4i1.1121
Aldina, F. (2018). Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Empty Chair Dan Self Talk Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa. 4(1), 1–16.
Aprilia Mega Rosdiana. (2022). Teknik Token Ekonomi?: Teori dan Aplikasi. CONSEILS: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(2), 42–52. https://doi.org/10.55352/bki.v2i2.658
Dahlia Novarianing, S. (2021). Modifikasi Perilaku Teori Dan Penerapannya. UNIPMA Press (Anggota IKAPI).
Dayani, M. (2023). Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Interaksi Sosial Remaja Di SMP Negeri 4 Takengon. https://repositori.uma.ac.id/jspui/bitstream/123456789/19921/1/188600013 - Mery Dayani - Fulltext.pdf
Dewi Trisnowati, Anna Rufaidah, N. M. (2021). Mengatasi Perilaku Kecanduan Game Online Melalui Bimbingan Kelompok. Bimbingan Dan Konseling Unindira PGRI -PKPP, 1(1), 17–24. https://doi.org/0.30998/ocim.v1i1.4581
Emria Fitria, Lira Erwinda, I. I. (2018). Konsep Adiksi Game Online dan Dampaknya terhadap Masalah Mental Emosional Remaja Serta Peran Bimbingan Dan Konseling. Konseling Dan Pendidikan, 4(3), 211–219.
Erford, B. T. (2015). 40 Teknik Yang Harus Diketahui Konselor. Pustaka Pelajar.
Fadilah, S. N. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok dalam Membentuk Sikap Jujur Melalui Pembiasaan. 3(2), 167–178. https://doi.org/10.29240/jbk.v3i2.1057
Fariha, A. N. (2022). Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik MI Ta’allamul Huda. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/60352/1/SKRIPSI AMALIA NUR FARIHA.pdf
Fauzi, T. (2018). Efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan Teknik modeling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMA Negeri 8 Palembang. Jurnal UM-Palembang. Ac.Id/Jaeducation, 1(1), 1–6.
Fazny, B. (2022). Peningkatan Pemahaman Kepribadian Diri Mahasiswa Bimbingan dan Konseling dengan Penugasan Essai Refleksi. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(2), 209–216. https://doi.org/10.51214/bocp.v4i2.193
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.
Published
2024-08-18
How to Cite
ROJANAH, rojanah rojanah; SAYEKTI, Sri; REDJEKI, Sri. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Token Economy Dalam Menurunkan Kecanduan Game Online Siswa Kelas VIII A SMP Kesatrian 2 Semarang. Emphaty Cons - Journal of Guidance and Counseling, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 14-21, aug. 2024. ISSN 2656-9655. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/emp/article/view/3401>. Date accessed: 04 oct. 2024.
Section
Articles