Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Pendekatan Behavioristic Teknik Role Playing Terhadap Perilaku Asertif Siswa Kelas VIII SMP Kesatrian 2 Semarang

Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Pendekatan Behavioristic Teknik Role Playing Terhadap Perilaku Asertif Siswa Kelas VIII SMP Kesatrian 2 Semarang

  • salwa latifah putri Universitas Ivet
  • Elfi Rimayati Universitas Ivet
  • Banun Sri Haksasi Universitas Ivet

Abstract

Di era sekarang banyak siswa – siswi terutama dikalangan sekolah menengah pertama yang masi sulit untuk mengungkapkan opini yang sesuai dengan dirinya, kecenderungan mengikuti perkataan orang lain masih menjadi ciri khas siswa – siswi SMP kelas VIII SMP Kesatrian 2 Semarang dalam berinteraksi sosial. Beberapa anak yang memiliki sifat kurang baik seperti suka membolos akan menjadi sebuah masalah bagi peserta didik untuk ikut serta melakukan kegitan tersebut, karena kurangnya keberanian siswa lain untuk menolak. Hal ini apabila terjadi terus menerus akan merugikan siswa itu sendiri. Salah satu upaya untuk mencegah kejadian tersebut agar tidak terulang kembali yaitu dengan melaksanakan bimbingan kelompok dengan teknik behavioristik teknik role playing terhadap perilaku asertif siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa. Perilaku asertif siswa kelas VIII berada dikategori sedang dengan perolehan presentase deskriptif sebesar 59,1%. Setelah diberikan layanan bimbingan kelompok pendekatan behavioristik dengan teknik Role Playing pada kelompok eksperimen hasil Post – Test angket perilaku asertif siswa membuktikan adanya perubahan dimana hasilnya yaitu 76,66 % dimana hasil tersebut dikategorikan tinggi, hal itu dapat dikatakan bahwa siswa sudah bisa untuk mengemukakan hak – hak sosial, menegur atau menyapa teman terlebih dahulu, dapat mengungkapkan pendapat dan perasaanya secara langsung dan jujur tanpa menyinggung temannya, dapat mengungkapkan ketidaksepakatannya terhadap sesuatu, dan memiliki rasa percaya diri.


Kata kunci : Perilaku Asertif Siswa, Pendekatan Behavioristik, Teknik Role Playing.


 

References

DAFTAR PUSTAKA

Alkar, A. Z. (2023). Penerapan Teknik Assertive Training Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa Abu Darrin. Lead?: Journal Counseling and Applied.
Aryani, F. (2022). Keterampilan Asertif Untuk Remaja (E. Markazi (Ed.); Ebook). Penerbit El Markazi. Dewi, K. (2017). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama terhadap Perilaku
Asertif Siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling.

Hartanti, J. (2022). Bimbingan Kelompok (N. L. Riandika (Ed.)). UD DUTA SABLON.

Hidayatullah, S. (2020). Upaya Meningkatkan Asertivitas Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Asertive Training Pada Siswa Asuh Kelas X DPIB 2 SMK Negeri 1 Sampang (Skripsi).

Husnah, S.?; dkk. (2022a). Modul Latihan Asertif Unuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa Dalam Mengungkapkan Pendapat Dan Perasaan Kepada Orang Lain. Flipbook. https://fliphtml5.com/fgdhz/zece

Husnah, S. dkk. (2022b). Gambaran Perilaku Asertif SMA. Edukatif, 4, No 1, 1370–1377. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1858

Inayah, S. N. F. (2022). Analisis Pelaksanaan Bimbingan Kelompok Dengan Pendekatan Behavioristik Prespektif Islam Dalam Menumbuhkan Sikap Percaya Diri Siswi Kelas XI Di SMK Nu Banat Kudus (Skripsi).

Komalasari, Gantina?; Wahyuni, E.?; K. (2016). Teori dan Teknik Konseling (Cet. 5). Jakarta?: Indeks. Kumara, A. R. (2023). Bimbingan Kelompok (Book). UNGGUL.
Latipun. (2016). Psikologi Konseling. UMM Press, 185–186.

Mardhiyyah, R. W. (2018). Pendekatan Konseling Behavioral Untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Pada Siswa SMA. Fokus, 1 No 4, 159–167.

Oktavia, T. W. (2018). Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Asertif Siswa Di SMP Srijaya Negara. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 2549–4511.

Prabowo, S. A. (2018). Latihan Asertif?: Sebuah Intervensi Yang Efektif. Insight Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 116–120. https://doi.org/10.21009/insight.071.10

Putri, D. A. (2023). Efektivitas Layanan Bimbingan Klasikal Teknik Assertive Training Dalam Meningkatkan Perilaku Asertif Pada Siswa Kelas X IPS SMA AL - Azhar 3 Bandar Lampung (Skripsi).

Rina & Lilis. (2018). Penerapan Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Asertif Pada Siswa. Irsyad?: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam, 427–446.

Satriah, L. (2021). Bimbingan Dan Konseling Kelompok (Seting Masyarakat) (Digital). FOKUSMEDIA.
Published
2024-08-18
How to Cite
PUTRI, salwa latifah; RIMAYATI, Elfi; HAKSASI, Banun Sri. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Pendekatan Behavioristic Teknik Role Playing Terhadap Perilaku Asertif Siswa Kelas VIII SMP Kesatrian 2 Semarang. Emphaty Cons - Journal of Guidance and Counseling, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 34-42, aug. 2024. ISSN 2656-9655. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/emp/article/view/3403>. Date accessed: 04 oct. 2024.
Section
Articles