Upaya Mengatasi Kemalasan Belajar Melalui Konseling Realitas Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Penawangan ( Studi Kasus )
Upaya Mengatasi Kemalasan Belajar Melalui Konseling Realitas Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Penawangan ( Studi Kasus )
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemalasan Belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Penawangan. Dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, kita dihadapkan dengan sejumlah karakteristik siswa yang beraneka ragam. Pengumpulan data menggunakan observasi,dokumentasi dan wawancara, data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Jenis penelitian ini menggunakan Observasi ( Pengamatan ), Wawanacara dan serta Dokumentasi. Pengamatan atau observasi di SMP Negeri 1 Penawangan dan dari hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti dengan orang tua anak tersebut sibuk bekerja. Padahal untuk meningkatkan kemampuan belajar anak perlu adanya kerjasama antara sekolah dengan orang tua Berdasarkan hasil analisis data maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa “ Upaya Mengatasi Kemalasan Belajar Melalui Konseling Realitas Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Penawangan ( Studi Kasus )” sangat efektif
References
I. K. Muyassaaroh, “Belajar Efektif dan Efisien untuk Problem Belajar Siswa yang Berprestasi Rendah,” Heutagogia J. Islam. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 87–96, 2021a.
Reni Susanti, “Efektifitas Konseling Realitas Untuk Peningkatan Regulasi Diri Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Skripsi,” J. Psikol. UIN Sultan Syarif Kasim Riau, vol. 11, no. Desember, pp. 88–93, 2015.
M. Warif, “Strategi Guru Kelas dalam Menghadapi Peserta Didik yang Malas Belajar,” TARBAWI J. Pendidik. Agama Islam, vol. 4, no. 01, pp. 38–55, 2019, doi: 10.26618/jtw.v4i01.2130.
F. R. Putra, A. A. Putri, E. Resmawati, and F. Saputra, “Kemalasan Pada Siswa Yang Disebabkan Karena Bermain Game online,” Parad. Ris. Mhs., vol. 1, no. 1, pp. 209–216, 2023.
A. Wardah, “Ancangan Konseling Individual Realita.” p. 4, 2012.
R. Yanti Laoli et al., “Studi Kasus Pada Peserta Didik, Anak Yang Malas Belajar,” J. Pendidik. Sos. dan Hum., vol. 1, no. 4, p. 230, 2022.
T. Ajeng, M. Suma, and S. Trinurmi, “Strategi Orang Tua Dalam Memotivasi Anak Yang Malas Belajar Di Kelurahan Tamarunang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa,” J. Washiyah, vol. 2, no. 3, pp. 248–260, 2021.
R. Maulidia, “Classical Conditioning , Cognitive Learning , Social Learning.,” At-Ta’dib, vol. 4, no. 2, pp. 129–144, 2020, [Online].Available: https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/download/587/524.
Mahdayani, “Penerapan Konseling Realitas Dalam Mengatasi Perilaku Terisolir Siswa di SMAN 4 Banda Aceh,” 2020.
Nurchaeni, Siti, Endang Wuryandini, and Noor Miyono. 2023. “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6(1).