Pengaruh Media Sosial Terhadap Interaksi Sosial Siswa Di SMP Negeri 2 Trucuk Klaten
Pengaruh Media Sosial Terhadap Interaksi Sosial Siswa Di SMP Negeri 2 Trucuk Klaten
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui intensitas penggunaan media sosial dan intensitas interaksi sosial siswa, serta mengetahui pengaruh media sosial terhadap interaksi sosial siswa dalam kehidupan sehari-hari di lingkungannya, baik di lingkungan keluarga, lingkungan teman, maupun lingkungan masyarakat sekitar. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan dua variabel yaitu media sosial dan interaksi sosial siswa. Sampel penelitian adalah 72 siswa SMP N 2 Trucuk yang dipilih secara acak . Instrumen kuesioner divalidasi dengan uji validitas konstruk serta analisis kuantitatif dilakukan dengan analisis korelasi dua variabel. Berdasarkan hasil analisis deskriptif yang telah dilakukan diperoleh hasil intensitas penggunaan media sosial dan intensitas interaksi sosial berada pada tingkat sedang. Hasil uji statistik yang sudah dilakukan menggunakan teknik Produce Momen diperoleh r hitung = 0.588 > r tabel = 0.235. yang menunjukkan adanya hubungan yang signifikan media sosial terhadap interaksi sosial siswa di SMP Negeri 2 Trucuk Klaten. Serta berdasarkan Uji Regresi dengan hasil t hitung = 37.049 > t tabel =1.667, maka terdapat pengaruh positif yang signifikan antara media sosial terhadap interaksi sosial siswa di SMP Negeri 2 Trucuk Klaten. Dengan sumbangan variabel media sosial terhadap interaksi sosial siswa sebesar 34,6%
References
Dakhi, Agustin Sukses. 2022. Pengantar Sosiologi. yogyakarta.
Mayuni, I Gst. Ayu Agung Ratih, Ni Made Ras Amanda Gelgel, and Ni Nyoman Dewi Pascarani. 2017. “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Interaksi Sosial Pada Sekaa Teruna Desa Adat Kuta, Badung, Bali.” Jurnal ilmu Sosial 1(1): 1–6.
Putri, Wilga Secsio Ratsja, Nunung Nurwati, and Meilanny Budiarti S. 2016. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja.” Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 3(1).
Setiadi, Ahmad. 2022. “Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektivitas Komunikasi.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA) 2(3): 650–56.
Sherlyanita, Astrid Kurnia, and Nur Aini Rakhmawati. 2016. “Pengaruh Dan Pola Aktivitas Penggunaan Internet Serta Media Sosial Pada Siswa SMPN 52 Surabaya.” Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence 2(1): 17.
Sudaryono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. pertama. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan RD. Bandung: Alfabeta.
Triyanto, Adi. 2019. “Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial Terhadap Interaksi Sosial Tatap Muka Pada Siswa Kelas VIII.” Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling 5(8): 628–36.
Wearesocial. 2023. “Indonesian Digital Report 2023. In We Are Social and Hootsuite.” Hootsuite. https://wearesocial.com/id/blog/2023/01/digital-2023/ (November 23, 2023).
Yusuf, Muri. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. 4th ed. Jakarta: Kencana.