Upaya Peningkatan Grit Akademik Melalui Konseling Kelompok dengan Teknik Cognitive Behaviour Therapy Pada Siswa SMA Taruna

Konseling Kelompok dengan Teknik Cognitive Behaviour Therapy

  • farah aliyah syahidah Universitas Ivet
  • Elfi Rimayati Universitas Ivet
  • Banun Sri Haksasi Universitas Ivet

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan grit akademik siswa di SMAN 5 Taruna Brawijaya melalui konseling kelompok dengan teknik terapi kognitif. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) dengan jumlah partisipan sebanyak 65 siswa kelas 10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum konseling kelompok, terdapat variasi signifikan dalam tingkat grit akademik siswa. Setelah bimbingan, terlihat peningkatan signifikan pada tingkat grit akademik siswa. Siswa yang awalnya memiliki grit akademik rendah mengalami peningkatan ke kategori sedang, sementara beberapa siswa lainnya menunjukkan peningkatan dari rendah ke tinggi. Intervensi ini terbukti efektif dalam mengubah pola pikir negatif dan meningkatkan ketahanan mental siswa, yang berdampak positif pada pencapaian akademis dan kesejahteraan emosional siswa. Penelitian ini mengindikasikan bahwa penerapan teknik terapi kognitif dalam konseling kelompok dapat menjadi strategi yang bermanfaat untuk meningkatkan grit akademik siswa dalam menghadapi tantangan akademis.

References

DAFTAR PUSTAKA
Amalia, K., & Syif, A. (2024). Grit Akademik Mahasiswa: (Deferensiasi Gender Pada Pembelajaran Online Statistika Di Era Revolusi Industri 4.0). NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 393–399.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.
Azmi, M. I. (2025). Efektivitas Cognitive Behavioral Therapy dalam Menangani Gangguan Kecemasan. Literacy Notes, 1(1), 1–8.
Clementino, P., & Utami, N. I. (2025). Optimisme dan grit akademik pada siswa Sekolah Menengah Atas ( SMA ). Jurnal Intensi: Integrasi Riset Teknologi, 3(2), 12–20.
Duckworth, A. L., Peterson, C., Matthews, M. D., & Kelly, D. R. (2007). Grit: Perseverance and Passion for Long-Term Goals. Journal of Personality and Social Psychology, 92(6), 1087–1101. https://doi.org/10.1037/0022-3514.92.6.1087
Fitri, E. N., & Marjohan. (2016). Manfaat Layanan Konseling Kelompok Dalam Menyelesaikan Masalah Pribadi Siswa. Jurnal Educatio, Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 19–24.
Handayani, D. A. K., & Rimayati, E. (2023). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Self Management Belajar Siswa di SMK Assa ’ idiyyah Kudus. JCOSE ( Jurnal Bimbingan Dan Konseling), 5(2), 160–166.
Mugiarso, H., & Haksasi, B. S. (2017). Muatan Pendidikan Karakter Berbasis Experiential Learning Dalam Konseling Kelompok. … Seminar Bimbingan Dan Konseling, 24(2), 29–35.
Neviyani, G. R., Marjohan, Ifdil, & Afdal. (2023). Konseling Kelompok Realita untuk Meningkatkan Identitas Diri Pengguna Aplikasi TikTok. Journal on Education, 05(03), 5980–5989. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk
Park, D., Yu, A., Baelen, R. N., & Tsukayama, E. (2018). Fostering Grit: Perceived School Goal-Structure Predicts Growth in Grit and Grades. Contemp Educ Psychol, 120–128. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2018.09.007.Fostering
Rahmawati, A. D., Wibowo, F. D., Habibullah, & Nurrochmah, H. (2022). Efeketivitas konseling kelompok dalam meningkatkan efikasi diri siswa sma/smk: systematic literature review. COUNSENESIA: Indonesian Jurnal of Guidance and Counseling, 3(2), 1–7.
Rani, R. K., Sugiharto, D. Y. P., & Sugiyo. (2022). Keefektifan Konseling Kelompok Cognitive Behavioral Therapy ( CBT ) dengan Teknik Cognitive Restructuring untuk Meningkatkan Self-Esteem pada Siswa. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(1), 44–48.
Sanyata, S. (2010). Teknik dan Strategi Konseling Kelompok | Sigit Sanyata. Jurnal Paradigma, V(09), 105–120.
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (S. Y. Suryandari (ed.); 3rd ed.).
Yalom, I. D., & Leszcz, M. (2005). the Theory and Practice of Group Psychotherapy. In Basic Book (Vol. 49, Issue 6). https://doi.org/10.1111/j.1749-6632.1948.tb30971.x
Published
2025-08-12
How to Cite
SYAHIDAH, farah aliyah; RIMAYATI, Elfi; HAKSASI, Banun Sri. Upaya Peningkatan Grit Akademik Melalui Konseling Kelompok dengan Teknik Cognitive Behaviour Therapy Pada Siswa SMA Taruna. Emphaty Cons - Journal of Guidance and Counseling, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 1-9, aug. 2025. ISSN 2656-9655. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/emp/article/view/4106>. Date accessed: 14 aug. 2025.
Section
Articles