Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Teman Sebaya Untuk Meningkatkan Perilaku Prososial pada Siswa Kelas XII di SMK LPI Semarang

Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Teman Sebaya

  • dea amalia Universitas Ivet
  • M Hafidz Ahdiansyah Universitas Ivet
  • Widya Novi Angga Dewi Universitas Ivet

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk membuktikan bahwa efektifitas bimbingan kelompok dengan teknik teman sebaya dapat meningkatkan prososial siswa. Jenis penelitian adalah jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan One Group Pre-Test Post-Test Desain untuk melihat pengaruh sebelum dan sesudah diberikannya layanan bimbingan kelompok dengan teknik teman sebaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu penyebaran angket dengan menggunakan skala likert. Metode ekperimen dengan dua variabel yaitu bimbingan kelompok dan perilaku prososial. Objek penelitian adalah XII siswa kelas XII SMK LPI Semarang 10 populasi ditentukan dengan cara purpose sampling. Instrumen kuesioner divaliditasi dengan cara uji validitas serta analisis kuantitatif dilakukan dengan analisis homogenitas dan normalitas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : nilai thitung sebesar -14,377 dengan df N-1=10-9 maka diperoleh ttabel sebesar 2,262 yang mana ttabel > t hitung maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa data menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam perilaku prososial siswa setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik teman sebaya. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan layanan bimbingan di sekolah untuk meningkatkan perilaku positif siswa

References

DAFTAR PUSTAKA

Adityawarman, L. P., Hidayati, A., & Maulana, M. A. (2020). Peran Bimbingan Kelompok Dalam Perencanaan Karir Siswa. Advice: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 165. Https://Doi.Org/10.32585/Advice.V2i2.786

Anggina, L. (2023). Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Siswa SMK Negeri 1 Benai. 3.

Elfira, N. (2013). Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Konselor, 2(1), 279–282. Https://Doi.Org/10.24036/0201321728-0-00

Kardo, R. (2017). Manfaat Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Jurnal Counseling Care Meningkatkan Komunikasi Dalam Belajar Peserta Didik. Jurnal Counseling Care, 1(1), 1–12.

Lado, I. S., Ruliati, L. P., Damayanti, Y., & Anakaka, D. L. (2019). Analisis Perkembangan Moral Terhadap Perilaku Prososial Remaja Akhir. Journal Of Health And Behavioral Science, 1(2), 112–123. Https://Doi.Org/10.35508/Jhbs.V1i2.2091

Lubis, A., Elita, Y., & Afriyati, V. (2018). Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Meningkatkan Regulasi Emosi Pada Siswa Sma Di Kota Bengkulu. Consilia?: Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 43–51. Https://Doi.Org/10.33369/Consilia.1.1.43-51

Matondang, E. S. (2016). Perilaku Prososial (Prosocial Behavior) Anak Usia Dini Dan Pengelolaan Kelas Melalui Pengelompokan Usia Rangkap (Multiage Grouping). In Januari (Vol. 8, Issue 1).

Muhamad, B. (2019). Pengaruh Permainan Target Terhadap Kecerdasan Emosional Dalam Pembelajaran Penjas Universitas Pendidikan Indonesia | Ypi.Isu.Yrorisoper |Perpustakaan.Upi.Edu.

Mulia, F. D., Rahman, K. A., & Rahmayanty, D. (2023). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 9(1), 69. Https://Doi.Org/10.31602/Jbkr.V9i1.11586

Noya, A. (2019). Hubungan Kecerdasan Emosi Dan Perilaku Prososial Siswa dii SMA Negeri 9 Halmahera Selatan. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(1), 28–34.

Nurmaya, A. (2019). Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 2 Kota Bima Alya Nurmaya. Jurnal Guiding World, 2(1).

Rahajeng, U. W., Yogi, T., & Wigati, A. (2018). Perilaku Prososial Sebagai Prediktor Status Teman Sebaya Pada Remaja Prosocial Behaviour As Predictor Of Adolescents’ Peer Status. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 8(2), 124–132.

Rohman, Y. N., & Heru, M. (2016). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kemampuan Menjalin Relasi Pertemanan. Indonesian Journal Of Guidance And Counseling: Theory And Application, 5(1), 12–18. Http://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Jbk

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D (22nd Ed.). Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian. Alfabeta.
Published
2025-08-12
How to Cite
AMALIA, dea; AHDIANSYAH, M Hafidz; ANGGA DEWI, Widya Novi. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Teman Sebaya Untuk Meningkatkan Perilaku Prososial pada Siswa Kelas XII di SMK LPI Semarang. Emphaty Cons - Journal of Guidance and Counseling, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 10-17, aug. 2025. ISSN 2656-9655. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/emp/article/view/4107>. Date accessed: 14 aug. 2025.
Section
Articles